Hampir setiap orang tentu pernah merasakan cemburu dengan pasangan (Sumber gambar: RODNAE Production/Pexels)

4 Kiat Sederhana Agar Tak Mudah Cemburu dengan Pasangan

12 June 2022   |   21:28 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Hampir setiap orang tentu pernah merasakan cemburu dengan pasangannya karena berbagai alasan terutama ketika mereka dekat dengan seseorang. Selama terkendali, kecemburuan itu bisa dianggap normal. Namun, jika itu membuat hubungan menjadi tidak baik, maka kalian harus dapat mengatasi.

Meski tidak mudah, mengendalikan rasa cemburu dengan melakukan kebiasaan dan perhatian yang sehat tidak hanya bisa menyelamatkan ketenangan pikiran, tetapi juga menyelesaikan semua masalah utama dalam hubungan dengan pasangan.

Melansir dari PinkVilla, Minggu (12/6/2022), berikut adalah beberapa strategi sederhana yang bisa dilakukan untuk mengatasi perasaan cemburu pada pasangan.
 

1. Pahami rasa cemburu

Cobalah untuk memahami perasaan cemburu dengan cara yang benar agar bisa mengatasinya. Apapun alasannya, cobalah untuk menemukan akar penyebab mengapa kalian cemburu.

Jangan lebih dulu berpikiran negatif ketika kalian menemukan sesuatu yang ganjal dalam hubungan. Pikirkanlah sejenak dengan tenang mengapa hal itu bisa terjadi. Terkadang, rasa frustasi datang karena kita lebih cepat marah dalam menghadapi sesuatu yang bisa memperumit masalah. Ambil pendekatan yang tenang untuk lebih mengenali perasaan kalian.

Baca juga4 Ide Melamar Pasangan yang Tidak Biasa, Dijamin Diterima!

Vera Arsic

Penting untuk saling percaya dalam hubungan (Sumber gambar: Vera Arsic/Pexels)


2. Bicarakan dengan pasangan

Setelah memahami perasaan kalian dan alasan rasa cemburu itu, pastikan kalian tidak menyimpannya sendiri. Biasanya, setengah dari masalah dalam suatu hubungan karena komunikasi yang tidak terbuka.

Apapun yang ada di pikiran kalian, cobalah untuk membicarakannya dengan pasangan. Selain itu, usahakanlah tetap mengingat hal-hal positif dari pasangan kapanpun kalian merasa cemas. Tenangkan diri kalian dengan mengingat suatu hal yang penting dalam hubungan. Dengan begitu, perlahan kalian akan mulai bisa terhindar dari rasa cemburu yang penuh prasangka.
 

3. Bangun kepercayaan

Salah satu kunci dalam hubungan adalah saling percaya. Kalian mungkin cemas akan suatu hal yang tidak diketahui dari pasangan, tapi memiliki prasangka atau curiga yang belum tentu kebenarannya juga bisa membuat hubungan menjadi tidak bahagia. Pastikan rasa cemburu tidak membuat pikiran menjadi rumit. Fokuslah untuk saling memahami dengan pasangan untuk meningkatkan kualitas hubungan.
 

4. Berpikir sebelum bertindak

Melakukan sesuatu yang merupakan buah dari rasa cemburu terkadang bisa berakibat pada hubungan yang tidak baik. Sebab, rasa cemburu yang membabi buta bisa menimbulkan amarah yang berakibat pada kata-kata yang menyakitkan.

Baca juga: Begini Kebiasaan Orang Indonesia saat Menjalin Hubungan

Memang sulit untuk menahan diri tidak bertindak sesuatu ketika merasa cemburu. Tetapi, cobalah untuk berpikir sejenak agar rasa cemburu tidak menguasai pikiran dan emosi kalian sepenuhnya. Bersikaplah masih dalam batas wajar dan banyak berpikir sebelum bertindak agar tidak menyesal kemudian.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Pasangan Muda Wajib Tahu, Ini 6 Alasan Membeli Rumah Lebih Untung dari Mobil

BERIKUTNYA

4 Fakta Serial Why Her? yang dibintangi Hwang In-yeop

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: