Ilustrasi menghias rumah dengan pot tanaman (Sumber gambar: Unsplash/Liana Mikah)

Cara Mempercantik Rumah dengan Pot Tanaman

11 June 2022   |   19:55 WIB

Mewujudkan ruangan yang asri, lengkap dengan hiasan berupa pot-pot yang berisi tanaman kesukaan menjadi idaman banyak orang. Dengan tambahan elemen tersebut, rumah terasa lebih segar dan sejuk tentunya. Meski begitu, ada bebeapa hal yang perlu kalian perhatikan ketika hendak menggunakan cara ini. 

Pot adalah wadah yang digunakan untuk tempat tanaman dan media tanamnya. Sebagai wadah tanaman, pot memiliki beragam bentuk dan ukuran. Dari bentuk silinder hingga berbentuk unik. Di samping fungsinya tersebut, pot juga banyak dimanfaatkan sebagai hiasan dekorasi rumah. 

Mengenai hal ini, Hypeabis.id punya kiat untuk kalian yang tertarik mendekorasi rumah dengan pot. Dihimpun dari Bisnis Indonesia Weekly edisi 5 April 2015, berikut informasinya:

Baca juga: 6 Tips Perawatan Tanaman Indoor untuk Pemula
 

Harus multi fungsi

Pot tanaman yang diletakan di dalam rumah harus multi fungsi. Pot tidak hanya berfungsi untuk mempercantik ruangan tetapi juga dapat diletakan secara proporsional di dalam ruangan. 

Ragam pot yang sangat banyak pastinya membuat penghuni rumah dapat memilih sesuai keinginan. Pot yang berbentuk unik dan warna-warni cerah memiliki banyak fungsi. Sisi playful dalam pot itu menjadi semacam atraksi. 
 

Material pot

Mengenai material pot, ada berbagai macam. Di antaranya adalah pot plastik, pot porcelain, pot kayu, pot tanah liat, pot semen, pot berbahan daur ulang, dan pot sabuk kelapa. Tentunya setiap material tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Mulai dari harga hingga kualitas.
 

Model ruangan

Nah buat kalian yang ingin menghias ruangan dengan pot yang berisi tanaman hidup, arus diperhatikan model ruangan. Tanaman idup harus diletakkan dalam ruangan yang sifatnya semi outdoor, sehingga menambah keasrian.  
 

Jenis tanaman

Pilihan jenis tanaman dan ukurannya perlu diperhatikan dengan teliti. Jangan sampai penghuni ruangan memilih tanaman yang ukurannya terlalu besar, sedangkan luas ruangan sangat terbatas.  Pilihan tanaman untuk keperluan di dalam ruangan mesti tanaman yang dapat idup dengan cahaya terbatas. Beberapa jenis tanaman yang dapat dipilih a.l. Kuping Gajah, Sri Rejeki, Siri Belanda, dan Kayu Besi. 

Baca juga: Simak 7 Langkah Membuat Rooftop Garden di Rumah, Tempat Buat Kalian Healing
 

Tambahkan mural

Selanjutnya agar memunculkan kesan semarak, pot-pot hias kalian dapat mengombinasikannya dengan hiiasan dinding yang berbentuk mural atau lukisan. Model pot dapat juga diharmonisasikan dengan dinding berbahan batu alam, atau air mancur mini yang biasanya diletakkan di dalam ruangan. 

Editor: Dika Irawan

 
SEBELUMNYA

Kenali 4 Aspek Penting dalam Digital Marketing Agar Konsumen Mau Membeli Produk Kalian

BERIKUTNYA

Tiga Fenomena Antariksa Langka yang Bisa Kalian Saksikan pada Pertengahan Juni-Juli 2022 

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: