ilustrasi vertical garden (ARF/BISNIS)

Ini Dia Jenis Tanaman yang Cocok untuk Vertical Garden

27 July 2021   |   14:15 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Genhype berencana untuk berkebun? Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk berkebun di rumah dengan lahan yang terbatas mulai dari hidroponik hingga membuat desain taman vertikal pada dinding rumah.

Namun, sebelum memulai membuat taman vertikal, Genhype harus menentukan terlebih dahulu jenis tanaman apa yang akan digunakan. Sebab, tidak semua jenis tanaman cocok untuk vertical garden, biasanya tanaman-tanaman tersebut memiliki karakteristik tertentu, terutama dapat tumbuh kembang ke atas.

Nah, berikut enam jenis tanaman yang bisa Genhype pilih untuk membuat vertical garden dikutip dari channel Dunia Tanaman Hias

1. Philodendron Scandens
Tanaman ini bisa tumbuh subur di dalam maupun luar ruangan. Perawatnnya mudah sehingga orang-orang banyak yang memilihnya.Sinarnya sendiri sebaiknya tidak langsung kena matahari terik. Adapun tanahnya memiliki pH antaa 6,0-6,5 pertumbuhannya dikisaran 300 sampai 600 cm

2. Sirih Gading
Tanamam ini paling kuat diantara tanaman sirih-sirih lainya. Selain di pekarangan tanaman ini kerap dijadikan hiasan di dalam ruangan. Tanaman merambat yang semi epifit ini mudah tumbuh dan menjalar pada dinding, bahka bisa tumbuh setinggi 6 meter.

Sirih gading lebih menyukai cahaya yang tidak langsung dan lebih toleran terhadap cahaya yang sedikit. Biasanya tumbuh baik dalam keadaan lembab seperti suhu pada dinding kamar mandi. Sirih gading juga bisa membersihkan udara kotor.

3. Daun Ivy
Tanaman ini begitu tangguh. Tumbuhnya rimbun sehingga menutup permukaa dinding atau media vertikal apapun yang menjadi tempat tumbuhnya. Tanaman ini lebih menyukai cahaya matahari. Pertumbuhannya mencapai ketinggian 6-27,5 cm. Sebaiknya di tanam dalam tanah lempung yang dikeringkan. Sifat tanahnya bisa asam, alkaline atau netral

4. Soleirolia Soleirolli
Tanaman ini mirip seperti tikar yang merambat dan membentang. Daun-daunnya bulat, kecil dan berwarna cerah. Tanaman ini menyukai spot dengan cahaya rendah dan lembab.

5 . Hostas
Tanaman ini memerlukan iklim yag sejuk atau naungan. Daunnya hijau dan memiliki motif yang khas. Pada musim panas, tanaman ini tampak menyembulkan bunga lavender putih. Di musim dingin, tanaman ini mati tetapi akan kembali tumbuh di musim semi.

6. Pakis Gunung
Pakis atau paku gunung menjadi salah satu tanaman paling umum yang digunakan dalam taman vertikal. Cahayanya dari terang sampai gelap. Kebanyakan pakis gunung bertahan pda suhu 18,5 -- 24 derajat celsius. Ketinggiannya antara 120 sampai 10 cm sedangkan ukuran pH tanahnya antara 7-8.  Jangan biarkan tanaman ini kering, Anda mesti memastikan untuk menyiramnya secara teratur

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Asyik! Netflix Akan Garap Serial Live Action Pokémon

BERIKUTNYA

Aksi Jennie BlackPink & Grimes ini Bikin Penasaran Para Fans

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: