Fitur baru di Google Meet untuk dukung kegiatan belajar daring (Sumber gambar: Google)

Cek Fitur Baru Google Workspace Education yang Bermanfaat Buat Guru & Murid 

11 June 2022   |   15:00 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Situasi pandemi yang berangsur mereda tidak langsung mengembalikan aktivitas new normal yang telah dilakukan masyarakat dalam beberapa waktu terakhir. Utamanya terkait dengan kegiatan yang memanfaatkan platform digital dan internet. 

Tak terkecuali aktivitas di bidang pendidikan. Kegiatan belajar mengajar daring masih banyak diterapkan saat ini. Selain untuk menghadapi situasi, pemanfaatan teknologi dan platform digital diharapkan bisa memberikan keleluasaan bagi pelaku pendidikan untuk belajar. 

Memang, sistem belajar jarak jauh memiliki beberapa tantangan termasuk menciptakan suasana kelas yang menyenangkan. Pasalnya, siswa menyukai kelas yang interaktif, terlebih jika mereka bisa memberikan respons secara langsung. 

Untuk mengatasi sejumlah tantangan yang muncul, Google Workspace for Education belum lama ini meluncurkan beberapa fitur anyar yang bisa membuat kegiatan belajar-mengajar menjadi lebih interaktif, berikut adalah fitur-fitur tersebut : 

Baca Juga : Belajar Tentang Pengembangan Anak Usia Dini dari Aplikasi 
 

Google Classroom: Practice Sets 

Fitur Practice Sets memungkinkan pengajar untuk mengubah sebuah konten pembelajaran menjadi tugas interaktif. Fitur ini juga dapat secara otomatis memberikan penilaian atas jawaban siswa, sehingga bisa memudahkan pengajar mengidentifikasi pemahaman murid-muridnya. 

Selain itu, pengajar juga bisa memberikan respons secara langsung melalui penjelasan gambar atau bahkan video. Fitur ini akan mulai tersedia secara global pada bulan mendatang untuk pelanggan Education Plus atau Teaching and Learning Updates. 
 

Penambahan fitur interaktif Google Meet 

Saat ini pengguna bisa memproyeksikan sesi pertemuan di platform Google Meet dengan live streaming ke akun YouTube. Mereka juga dapat berpartisipasi secara langsung dalam sesi tanya jawab dan jajak pendapat.
 
Tidak hanya itu, Google juga menyediakan fitur transkrip otomatis yang dapat disimpan langsung ke dalam Google Docs. Dengan adanya fitur ini, diharapkan pengguna bisa dengan mudah meninjau catatan hasil pembelajaran. 
 

Proyeksi ke layar besar 

Chrome OS saat ini juga menawarkan kemudahan kepada penggunanya untuk memproyeksikan gambar, merekam, mengedit, membagikan, dan melihat video yang disimpan secara otomatis ke Google Drive melalui fitur terbarunya bernama Screencast App

Para pengajar dan siswa juga bisa menggunakan fitur Cast Moderator, di mana mereka bisa membagikan tampilan layar masing-masing secara nirkabel dan menunjukkannya kepada peserta lain menggunakan kode akses tertentu. 

Editor : Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Petualangan Adam Sandler Mencari Pemain Basket Berbakat di Film Hustle

BERIKUTNYA

Wah Ada Fenomena Antariksa Parade Langit Subuh Sepanjang Juni 2022, Apa Tuh?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: