BTS. (Sumber gambar: Twitter/@BTS_bighit)

BTS Rangkum 9 Tahun Perjalanan Karier Mereka dalam Album Kompilasi Proof

10 June 2022   |   19:44 WIB

Masa lalu, masa kini, dan masa depan. Tiga hal ini menjadi fokus boy group BTS dalam album terbaru Proof yang rilis pada Jumat (10/06). Album kompilasi ini memuat tiga CD yang berisikan 45 lagu-lagu hits mereka selama sembilan tahun berkarier dan tiga lagu baru, termasuk Yet to Come (The Most Beautiful Moment).

Berdasarkan wawancara yang dilakukan OSEN, album Proof merupakan album yang merayakan perjalanan karier mereka sejak 2013 hingga saat ini, dengan daftar lagu yang dikurasi sesuai dengan pilihan para anggota. Menurut RM selaku pemimpin grup, Proof akan menjadi album yang menyelesaikan babak pertama dari kisah BTS.

"Fokus dari album ini adalah pesan kami kepada para penggemar yang telah bersama selama sembilan tahun terakhir, sehingga kami sangat memberi perhatian pada aspek lirik," ujarnya.

Baca juga: Army Siap-siap! Karakter TinyTAN BTS Kini Ada dalam Bentuk Perhiasan

Tidak hanya sebagai penyelesaian dari babak pertama saja, Jin menjelaskan bahwa lagu-lagu dalam album ini, baik lagu-lagu baru, lama, maupun lagu yang belum dirilis, membuatnya memikirkan berbagai memori selama perjalanan karier BTS.

Sebagai salah satu anggota yang terlibat dalam produksi album, SUGA menambahkan bahwa Proof juga merangkum sejarah BTS. Inilah mengapa urutan lagu-lagu dari ketiga CD sangat diperhatikan, sehingga dia menyarankan para penggemar dan publik untuk mencoba mendengarkannya sesuai sajian urutan yang di-finalisasi.

Terkait dengan perasaan mereka melalui album ini, J-Hope mengatakan bahwa dia dan para anggota merasa senang dengan rilisnya album spesial kompilasi tersebut. Dengan komposisi seperti biografi, dia beranggapan bahwa Proof menjadi album yang spesial karena penuh dengan memori bersama para ARMY (penggemar BTS) dan mengandung jiwa BTS.

Baca juga: Wow, Siniar BTS Radio: Past & Present Pecahkan Rekor di Apple Music

Hal serupa juga disampaikan oleh Jimin, di mana anggota kelahiran 1995 itu beranggapan bahwa album spesial ini bisa menjadi cara untuk membaca perasaan dirinya dan para anggota dengan lebih teliti. Baginya, kehadiran album ini terasa menyenangkan dan aneh di saat yang sama.

V dan Jungkook kemudian berbagi bahwa pengerjaan album yang memuat perjalanan dan perasaan mereka saat ini bisa menjadi hadiah yang manis dan berharga bagi para penggemar. Tak lupa, album ini juga diharapkan bisa menyampaikan kisah dari BTS dari zaman pre-debut hingga sekarang serta perasaan mereka saat ini.
 

Bersamaan dengan album Proof, BTS juga merilis video klip untuk Yet to Come (The Most Beautiful Moment), lagu utama sekaligus satu dari tiga lagu baru dalam album tersebut. Lagu ini memiliki aliran hip hop yang menggunakan gaya sampling chipmunk soul dan memiliki pesan bahwa momen terbaik akan segera hadir bagi siapapun.

Album kompilasi Proof dan video klip Yet to Come (The Most Beautiful Moment) kini bisa dinikmati secara fisik maupun digital melalui platform musik daring dan Youtube.

Editor: Dika Irawan
SEBELUMNYA

Riset Ini Tunjukkan Kebiasaan Bermedia Sosial Masyarakat Indonesia, Genhype Setuju? 

BERIKUTNYA

Kilas Balik 54 Tahun Perjalanan Jakarta Fair di Ibu Kota

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: