Apartemen Monica dalam serial Friends (Sumber gambar: Flickr/Rob Young)

Tertarik Desain Rumah Ala Serial Friends, Yuk Simak Tips Ini

08 June 2022   |   19:53 WIB

Bila kalian pernah menyaksikan beberapa serial komedi situasi (sitcom) asal Amerika Serikat, biasanya kalian disajikan dengan tampilan rumah yang luas. Di mana ruang tamu dan dapur menyatu. Ada area bersantai, sofa, dan tentunya kitchen set

Tampak luas dan homy, begitulah desain interior bergaya Amerika atau American Style. Rumah berkonsep ini terlihat mengasyikkan, karena kita dapat melakukan berbagai aktivitas kita dapat dilakukan dalam area yang luas. Selain itu, kita juga memiliki area-area yang diperuntukan untuk bersantai. 

Buat kalian yang penasaran dengan konsep interior ini, Hypeabis sudah rangkum informasinya untuk kalian. 
 

Apa itu desain interior American style?

American style atau gaya Amerika adalah desain interior yang berkembang di Amerika Serikat. Desain ini ditandai ruang terbuka yang besar pada dapur, ruang makan, ruang tamu, ada zona nyaman, dan banyak furnitur di dalamnya.

Baca juga: Menjadi Lebih Baik dengan Menonton Ulang Serial Friends

Mengutip pufikhomes.com, desain ini biasa ditemukan pada hunian di Manhattan. Atau, bila kalian pernah menonton serial TV, Friends, itulah gambaran dari American style. Dalam serial itu, para pemain menghabiskan begitu banyak waktu di dapur, yang juga berfungsi sebagai ruang makan, dan tempat beristirahat.
 

Perbedaan dengan klasik Eropa

Mengutip Bisnis Indonesia Weekly edisi 10 Januari 2016, gaya Amerika hampir serupa dengan gaya klasik Eropa. Namun, yang membedakan dari keduanya adalah gaya klasik pada American style tidak sekental gaya klasik Eropa.Pada gaya klasik Eropa lekat dengan ukiran yang detail. Sementara itu, pada gaya Amerika memiliki ukiran, tetapi dengan desain yang lebih sederhana.
 

Warna American Style

Adpun, warna yang diusung pada konsep interior gaya Amerika juga menampilkan warna yang lebih tenang seperti, putih dan broken white. Dahulu rumah-rumah bergaya Amerika cenderung sering memperlihatkan warna-warna kayu. Namun untuk saat ini tidak. 
 

Konsep interior

Menyoal konsep interior, gaya Amerika ini cenderung penengah antara gaya minimalis dan klasik. Tidak terlalu kental dengan gaya klasik, tetapi juga tidak terlalu minimalis yang monoton dan kaku.Dengan demikian, keuntungan mengaplikasikan gaya klasik pada American style ini yakni konsep yang lebih abadi atau tidak mudah lekang dimakan zaman.

Hal ini tampak berbeda dengan konsep minimalis, yang booming hanya beberapa tahun. Rumah gaya klasik meski dibangun pada 90an, tetapi punya ciri sendiri karena gayanya sendiri. Rumah sudah memiliki karakter dengan gaya klasiknya.
 

Kamar Anak Bergaya Amerika

Meski menyajikan ukiran pada konsep interiornya, bukan berarti gaya Amerika tidak dapat diaplikasikan pada kamar anak. Kamar anak yang identik dengan permainan warna, rupanya juga cocok untuk gaya Amerika yang cenderung menampilkan warna tenang.

Kalian bisa mengaplikasikan warna yang lebih ceria pada kamar anak dengan konsep American style. Permainan warna kuning, hijau, biru, hingga pink tampil melalui furniture yang melengkapi fungsi kamar anak, sedangkan warna putih dipilih sebagai warna dinding.

Perlu digarisbawahi bahwa perbedaannya, kalau warna anak lebih cheerfull dan tabrak warna. Sementara, pemilihan warna pada kamar dewasa lebih kalem.

Disarankan, dalam mengaplikasikan gaya Amerika sebagai konsep hunian, sebaiknya memperhatikan luasan lahan. Untuk bangunan sebaiknya memiliki luasan lebih dari 200 meter2, sedangkan pada kamar anak memiliki luas sekitar 30 meter2.
 

Ruang tamu bergaya Amerika

Dilansir dari Pufikhomes.com, tidak ada pakem tertentu terkait warna pada ruang tamu. Namun biasanya dinding pada rumah bergaya Amerika disajikan dengan wallpaper, dilengkapi dengan panel kayu di bagian bawah dinding. Lantaran ruang tamu digabungkan dengan dapur, maka perlu untuk membuat zona ruang dengan bantuan dua jenis cahaya.

Baca juga: Aktor Sitkom Friends James Michael Tyler Tutup Usia Akibat Kanker Prostat

Sementara itu, sofa, sepasang kursi, dan meja kopi adalah komposisi utama ruang tamu. Kursi goyang atau meja kopi dengan elemen anyaman akan terlihat nyaman. Semua perabotan utama ada di tengah, dan dindingnya adalah meja samping tempat tidur yang terbuat dari kayu solid. Ada rak buku dan bunga. Ada juga beberapa aksesori.

Editor: Fajar Sidik
SEBELUMNYA

5 Brand Ini Kontrak Lisa BLACKPINK Jadi Duta Merek

BERIKUTNYA

Honor of Kings, Game MOBA Terlaris di China Rilis Global Akhir 2022

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: