Taman Jogging Kelapa Gading (Sumber gambar: IG/jakarta_tourism)

Asyiknya Bermain dan Olahraga di Taman Jogging Kelapa Gading

23 May 2022   |   17:22 WIB
Image
Dika Irawan Asisten Konten Manajer Hypeabis.id

Buat kalian yang ingin mencari tempat untuk berolahraga, atau hanya bersantai bersama keluarga di Jakarta, coba deh datangi Taman Jogging Kelapa Gading, Jakarta Utara. Di sana kalian tidak hanya dimanjakan oleh hijaunya tanaman, tetapi juga beragam fasilitas yang mendukung aktivitas fisik kalian. 

Sempat ditutup karena alasan pandemi Covid-19 beberapa waktu lalu, taman tersebut kini sudah dibuka kembali untuk masyarakat. Sekarang tinggal kalian mencari waktu yang tepat untuk mengunjungi taman tersebut. Jangan lupa siapkan outfit olahraga kalian. Bila membawa si kecil, jangan lupa pula siapkan perlengkapan mereka. 
 

Profil Taman Jogging

Menurut catatan encyclopedia.jakarta-tourism.go.id, taman bernama lengkap Taman Jogging Summarecon Kelapa Gading ini diresmikan oleh Gubernur DKI saat itu, Fauzi Bowo, pada 25 Januari 2008.

Baca juga: 5 Kafe di Jakarta Barat yang Asyik buat Hangout

Menempati lahan seluas 1,6 hektare, taman ini mempunyai berbagai fasilitas publik. Misalnya, trek joging dengan luas 497 meter, jalur refleksi, area bermain anak, bangku taman, plaza, pedestrian, gazebo, dan tentunya toilet. 

Walau diperuntukan sebagai ruang pulbik, taman ini rupanya difungsikan sebagai paru-paru kawasan, serta area resapan. Untuk area resapan ini, pengelola melengkapinya dengan 14 titik penyerapan dan 150 titik biopori. 
 

Letak Taman Jogging Kelapa Gading

Mengenai letak taman ini, berada di depan bundaran La Piazza Mall Kelapa Gading. Tepatnya berseberangan dengan kantor BCA Menara Satu. Sebelum difungsikan sebagai taman, dahulunya area ini adalah Kebun Pembibitan milik Dinas Pertamanan DKI Jakarta. Atas kerja sama dengan pengembang Summarecon, lahan itu kemudian diubah menjadi taman modern.

Lantaran fungsinya sebagai paru-paru kawasan, Taman Jogging memiliki puluhan ribu tumbuhan tanaman tropis yang berfungsi sebagai penyerap karbondioksida. Sisi lainnya, keberadaan ragam tanaman itu menjadikan taman tersebut terasa asri dan adem.  
 

Waktu Operasional

Taman yang berada di Jalan Boulevard Kelapa Gading, Blok GT3, Kelapa Gading - Jakarta Utara terbuka untuk umum. Adapun jam operasionalnya adalah Senin - Kamis pukul 05.30 – 21.00 WIB dan khusus hari Jum’at s/d Minggu hingga pukul 22.00 WIB.
 

Fasilitas Taman Jogging Kelapa Gading

Di samping asri karena rimbunan pohon, taman ini juga mempunyai berbagai fasilitas yang terbilang lengkap. Dengan fasilitas-fasilitas tersebut, Taman Jogging Kelapa Gading bisa menjadi alternatif mengisi weekend kalian. 
 

1. Trek joging

Trek joging (Sumber gambar: IG/jakarta_tourism)

Trek joging (Sumber gambar: IG/jakarta_tourism)


Salah satu keunggulan dari taman ini adalah trek khusus jogging, dilengkapi dengan taman rindang, terawat, dan rapi. Selain itu taman ini juga dilengkapi dengan tempat pembuangan sampah yang banyak tersedia. 
 

2. Rambu-rambu petunjuk

(Sumber gambar: IG/jakarta_tourism)

(Sumber gambar: IG/jakarta_tourism)


Kalian tak perlu khawatir bingung atau tersesat saat mengunjungi taman, karena taman ini dilengkapi dengan rambu-rambu petunjuk. 
 

3. Toilet yang bersih 

Pengelola menyediakan toilet di taman ini, sehingga kalian tak lagi pusing mengenai urusan buang hajat. Selain itu, taman juga dilengkapi dengan area tempat cuci tangan. 
 

4. Jenis-jenis pepohonan

(Sumber gambar: IG/jakarta_tourism)

(Sumber gambar: IG/jakarta_tourism)


Jika kalian membawa anak ke sini, maka bisa mengenalkan mereka ragam tanaman yang tumbuh di sana. Pengelola memasang nama-nama tanaman di tiap-tiap pohon. Di antara tanaman-tanaman itu ada Cambodia, Tabebuia dan Trembesi. 
 

5. Taman refleksi 

Buat kalian yang merasa pegal-pegal pada area kaki, taman ini memiliki trek khusus untuk refleksi. Trek ini dibuat dari bebatuan alam. 
 

6. Playground

(Sumber gambar: IG/jakarta_tourism)

(Sumber gambar: IG/jakarta_tourism)



Selain berolahraga, tempat ini memang cocok untuk bermain si kecil. Sebab terdapat fasilitas playground yang lengkap, mulai dari perosotan, ayunan, hingga jungkat-jungkit. 
 

7. Fitness di ruang terbuka

Joging sudah pasti di taman ini. Namun jika merasa belum puas, kalian bisa mencoba fasilitas kebugaran untuk membakar kalori. Perlu diingat ya, fasilitas ini hanya ditujukan untuk pengunjung dewasa atau remaja. Bocil tidak boleh. 
 

8. Arena bermain basket 

Kalian para abas alias anak basket, taman ini cocok buat kalian karena pengelola menyediakan keranjang basket. Kalian tinggal membawa bolanya saja, dan bermain shooting di tiang ring yang berada di dekat pintu masuk utama taman. 

Baca juga: Ada Kafe hingga Restoran, Ini 5 Tempat Nongkrong di Kawasan BSD

9. Area parkir

Fasilitas ini tak kalah pentingnya, yaitu parkir kendaraan. Kabar baiknya, taman ini sudah tersedia area parkir mobil, sehingga kalian tak perlu bingung memarkirkan roda empat kalian. 

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Haru Campur Lucu, Intip Momen Pertemuan Bio One dengan Istri Mendiang Gepeng saat Penayangan Film Srimulat

BERIKUTNYA

Sundari Soekotjo Membuat Musik Keroncong Akrab dengan Kaum Muda

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: