Jogging adalah olahraga yang mudah dilakukan (Sumber gambar: Taryn Elliott/Pexels)

9 Manfaat Jogging untuk Kesehatan Tubuh yang Wajib Diketahui

07 June 2022   |   08:00 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

6. Memudahkan pemulihan aktif

Jogging juga bisa membantu memulihkan diri lebih cepat dari sesi latihan intensif. Otot-otot tubuh dapat mengalami nyeri otot onset akibat latihan fisik yang berat, yang bisa membuat tubuh lemah. Pemulihan aktif, yang merupakan teknik untuk mempercepat pemulihan, bisa sangat bermanfaat.

Pemulihan aktif adalah aktivitas berintensitas rendah yang meningkatkan sirkulasi darah kaya oksigen ke otot yang lelah, sehingga mempercepat pemulihan. Karena jogging adalah olahraga berintensitas rendah, itu dapat digunakan sebagai terapi pemulihan aktif.


7. Berkurangnya risiko penyakit

Jogging, seperti dikatakan sebelumnya, dapat meningkatkan kesehatan kardiovaskular serta kekuatan otot dan tulang. Menjaga kebugaran kardiovaskular telah terbukti menurunkan risiko beberapa gangguan jantung, seperti penyakit jantung koroner dan stroke.

Olahraga teratur membantu membangun otot dan tulang yang kuat, yang menurunkan risiko terkena penyakit pengecilan otot dan tulang.


8. Tidur lebih nyenyak

Jogging juga membantu untuk tidur lebih nyenyak. Namun, usahakan untuk tidak berlari terlalu siang. Hal ini dapat membuat sulit untuk mendapatkan tidur malam yang baik. Endorfin, yang membantu mengurangi rasa sakit dan ketegangan, dilepaskan selama aktivitas aerobik. Ini merangsang otak dan dapat menyebabkan tetap terjaga.


9. Meningkatkan kesehatan mental

Jogging juga memiliki manfaat lebih dari sekadar pengaruhnya pada tubuh. Latihan aerobik secara teratur telah ditunjukkan dalam penelitian bisa membantu meningkatkan kesehatan mental dan mencegah timbulnya penyakit mental. Ketika berbicara tentang masalah kesehatan mental seperti kesedihan dan kecemasan, berlari dapat membantu meringankan gejalanya.


Editor: Gita Carla
1
2


SEBELUMNYA

Top Gun: Maverick Masuk Ke Jajaran Film Paling Laris

BERIKUTNYA

Resep Popcorn Chicken, Menu Praktis untuk Lauk Makan di Rumah

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: