Ilustrasi entertainment home (Sumber gambar: Unsplash - Alexander Lemann)

Simak Panduan Menghadirkan Entertainment Room di Rumah

06 June 2022   |   19:40 WIB

Menghadirkan bioskop, studio musik, atau ruang karaoke di rumah bukan hal mustahil. Kalian bisa kok menciptakan ruang hiburan atau entertainment tersebut di rumah. Eit tapi sabar dahulu. Kalian tidak bisa buru-buru menciptakannya, karena ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. 

Mengutip Bisnis Indonesia Weekly edisi 21 Februari 2016, terdapat tiga hal yang perlu diperhatikan saat membuat ruang hiburan. Ketiganya adalah sistem peredam suara dalam ruangan, aliran listrik, dan tingkat keakustikkannya. 

Ruang hiburan memiliki fungsi sebagai area untuk melepas penat penghuni, setelah beraktivitas seharian. Atau, bisa juga sebagai tempat berkumpul bersama keluarga. Mereka bisa menonton film, bermain gim, musik, dan karaoke pada ruangan tersebut. 

Baca juga: Lakukan Cara Mudah Ini untuk Menciptakan Kamar Tidur yang Nyaman

Meski begitu, ruang hiburan mem suatu treatment yang khusus dibanding dengan ruangan lain. Sebab ruang tersebut mengakomodir berbagai barang elektronik terkait hiburan. Jadi kalian tidak bisa sembarangan meletakkan audio atau layar pada ruang tersebut. 
 

Disesuaikan kebutuhan

Selain itu, entertainment room juga harus dibuat sesuai dengan kebutuhan penghuni. Apakah kalian lebih tertarik untuk menonton, bermain musik, atau karaoke. Jika kalian ingin membuat movie room, ada baiknya memperhatikan betul tingkat peredaman suara di ruangan tersebut. 
 

Hindari material berbentuk sudut

Material ini dapat memantulkan suara sehingga membuat suara yang diperdengarkan dari speaker akan ‘bocor’ keluar. Begitu juga dengan engeras suara, hendaknya ditempatkan di titik-titik yang benar, sehingga nantinya suara yang dikeluarkan dari home theatre tidak membuat telinga sakit, dan mengganggu kenyamanan saat menonton bersama sahabat atau keluarga. 

Entertainment room dibuat sesuai dengan kebutuhan hunian, misal penghuni ingin menonton di rumah bisa dibuat movie room. Namun, yang perlu diperhatikan adalah lagi-lagi kekedapan suara. Hindari pemakaian sudut, karena dapat memantulkan suara.
 

Jarak sofa dan layar televisi

Satu hal yang tak kalah penting jika ingin membua movie room adalah memperhatikan jarak antara sofa dan layar televisi anda. Jaraknya disesuaikan dengan lebar televisi. Semakin besar layar, semakin jauh jarak antara televisi dan sofa. 

Dari sisi pencahayaan, kalian dapat memasangkan dimmer di dalam ruang hiburan. Penggunaan dimmer sangat disarankan untuk mengatur tingkat keredupan cahaya di dalam ruangan sehingga sesuai dengan kebutuhan menonton kalian.

Movie room itu juga ada pengaturan tentang speaker dan lampu. Set lampu harus memakai dimmer. Jadi, cahaya yang dikeluarkan bisa sesuai. Selain itu, titik pemasangan speaker juga tidak boleh salah supaya suara yang dihasilkan betul-betul pas.
 

Daya listrik

Guna membangun entertainment room yang cerdas, kalian perlu memastikan berapa daya listrik di rumah.  Perlu koordinasi dengan pihak elektrik. Jadi, desainer tidak hanya memikirkan estetik tetapi juga memikirkan fungsi.

Sementara itu, untuk mengoptimalkan fungsi entertainment room, kalian juga dapat membuat bar yang ditempatkan di sudut ruang hiburan. Hal itu bertujuan untuk menjadikan ruang hiburan menjadi multifunction entertainment room. 

Biasanya di entertainment room ada bar corner, ada orang karaoke sambil minum sedikit, ada makanan sedikit. Jadi punya seperti little pantry, sambil menonton bisa sambil makan. Jadi ruang hiburan itu multifunction entertainment room, dapat mendengarkan musik, menonton film, karaoke, dan sebagainya.

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

5 Penyebab Hasil Foto dari Kamera Ponsel Jadi Buram

BERIKUTNYA

Mengenal Lemari PAX, Keunggulan dan Cara Memilihnya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: