Ilustrasi foto dengan kamera ponsel. (Sumber gambar: Unsplash)

5 Penyebab Hasil Foto dari Kamera Ponsel Jadi Buram

06 June 2022   |   19:56 WIB

Genhype pasti pernah mendapatkan hasil foto ponsel yang gambarnya cenderung buram. Gambar yang buram tentu saja menjadi hal yang menyebalkan, apalagi jika foto tersebut merupakan momen spesial yang tidak dapat diulangi. 

Ada beberapa faktor yang menyebabkan kaburnya kualitas gambar. Apa saja faktor pemicunya? Yuk simak penjelasan ini.


1. Pencahayaan rendah

Kamera ponsel biasanya memiliki sensor gambar yang lebih kecil dibandingkan kamera profesional seperti digital single-lens reflex camera (DSLR) dan kamera mirrorless. Artinya, kamera ponsel membutuhkan pencahayaan lebih banyak di luar ruangan saat malam hari dan di dalam ruangan.

Baca juga: Semua Orang Bisa Hasilkan Karya Fotografi Memukau? Simak Dulu Tipsnya

Agar kualitas gambar tetap terjaga, Genhype bisa meningkatkan sensitivitas sensor melalui ISO atau mengurangi shutter speed ke kecepatan yang lebih lambat. Dalam beberapa situasi, Genhype juga bisa menambah cahaya dengan flash atau sumber cahaya lain seperti senter.
 

2. Tangan bergerak

Selain shutter speed yang lambat, buramnya gambar juga dipengaruhi oleh getaran tangan saat memegang ponsel atau gawai. Tidak hanya itu, guncangan dari gambar juga bisa terjadi jika Genhype atau objek yang difoto terlalu banyak bergerak.

Untuk itu, Genhype dapat melakukan cara alternatif dengan memegang ponsel menggunakan dua tangan. Lalu, rapatkan siku ke sisi lain tubuh, dan tahan napas. Alternatif lainnya adalah memiliki beberapa perangkat tambahan seperti tripod dan remot kamera bluetooth agar hasil foto bisa terjaga meski posisi berdiri jauh dari jangkauan ponsel.

 

3. Zoom berlebihan pada gambar

Fitur zoom pada kamera bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan cara optik melalui fokus pada satu objek yang jauh dari kamera dan cara digital dengan memotong gambar ke objek gambar yang kecil saat difoto. Zoom yang berlebihan bisa mengurangi kualitas gambar sebagai akibat dari tidak adanya data gambar tambahan yang diciptakan di dalam sistem.

Sebagai alternatif, Genhype bisa mencegah hal ini dengan mengambil gambar detail yang mudah dijangkau saat dipotret. Kiat lainnya adalah menggunakan fitur pemotongan gambar saat menyunting gambar.

 

4. Kotoran pada lensa

Lensa kamera ponsel yang kotor bisa menjadi penyebab dari buramnya hasil foto. Hal inilah yang menjadikan pemeriksaan lensa sebelum memotret penting untuk dilakukan. Tujuannya agar tidak ada debu, keringat, butiran air, atau kotoran lainnya yang mengganggu pandangan kamera.

Baca juga: 5 Tips Fotografi biar Hasil Jepretan Kalian Lebih Menarik, Coba Yuk!

Membersihkan lensa tidak boleh sembarangan. Beberapa caranya adalah dengan menggunakan lap berbahan halus seperti lap microfiber yang umum digunakan pada lensa kacamata dan larutan pembersih khusus lensa.
 

5. Salah fokus lensa kamera

Meski masalah fokus bisa diatasi, hal ini ternyata jadi penyebab kualitas foto yang buruk. Pada dasarnya, kamera ponsel memiliki sistem fokus yang menyesuaikan dengan objek yang diambil sehingga hasil jepretan umumnya lebih baik.

Oleh karena itu, penting untuk tetap menentukan fokus secara manual saat mengambil foto dengan kamera ponsel selama beberapa kali. Cara ini bisa menjadi solusi alternatif agar kualitas gambar tetap terjaga.

Editor: Fajar Sidik
SEBELUMNYA

3 Tip Memilih Furnitur dari Palet Kayu Bekas

BERIKUTNYA

Simak Panduan Menghadirkan Entertainment Room di Rumah

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: