Ilustrasi yakiniku (kiri) dan teriyaki (kanan). (Sumber gambar: Unsplash)

Memiliki Cita Rasa Gurih, Simak Perbedaan Yakiniku dan Teriyaki

06 June 2022   |   16:24 WIB

Ketika Genhype mengonsumsi makanan Jepang, ada beberapa nama yang tampak familiar seperti yakiniku dan teriyaki. Meski keduanya sama-sama memiliki cita rasa gurih dan cenderung asing , keduanya ternyata memiliki perbedaan yang mudah dilihat.

Di Indonesia, baik yakiniku maupun teriyaki sama-sama dinikmati sebagai hidangan utama. Sayangnya, banyak masyarakat yang sulit membedakan antara kedua jenis menu ini. Yuk kenalan dengan berbagai perbedaannya.

(Baca juga: Ini 10 Makanan Jepang yang Ikonik di Anime, dari Camilan sampai Makanan Berat)
 

YAKINIKU

Merujuk pada teknis dasar, yakiniku adalah salah satu jenis makanan yang diolah dengan cara dibakar. Memiliki puluhan ribu gerai lokal, yakiniku biasanya dimasak di dalam ruangan seperti restoran. Ini berbeda dengan barbecue, di mana masyarakat Jepang menggunakan istilah ini saat membakar daging di luar ruangan.

Kata yakiniku terdiri dari 'yaki' dan 'niku' yang artinya daging bakar, di mana proses pemasakannya dilakukan dengan cara membakar daging mentah dalam suhu yang tinggi. Dengan variasi daging seperti daging sapi, babi, ayam, seafood, dan jeroan, daging untuk yakiniku bisa menggunakan daging mentah dengan marinasi bumbu tertentu.

Memasak yakiniku dilakukan dengan membakar daging dan sayuran di atas panggangan terbuka. Biasanya, yakiniku menggunakan daging yang memiliki banyak lemak karena api suhu tinggi bisa membantu mengurangi lemak tersebut, sehingga dagingnya terasa lebih gurih.

Daging yakiniku yang sudah dimasak akan disajikan dengan saus Tare. Saus ini dibuat dari kecap asin yang dicampur dengan gula, mirin, sake, biji wijen yang sudah ditumbuk, bawang putih giling, dan minyak wijen.

Yakiniku beredar saat ini memiliki beberapa perbedaan dibandingkan yakiniku yang dulu. Beberapa pembedanya adalah saat ini yakiniku menggunakan daging yang dipotong kecil-kecil, sebagaimana merujuk pada barbekyu khas Korea yang diperkenalkan sekitar tahun 1945 oleh masyarakat Korea yang tinggal di Jepang.

Dikutip dari Japan Guide, popularitas menu ini mendorong berdirinya sejumlah restoran khusus untuk menikmati yakiniku, yang juga menghidangkan beberapa makanan Korea populer seperti bibimbap, ramen, dan jjigae.


TERIYAKI

Sementara itu, teriyaki merupakan salah satu teknik memasak dari Jepang yang dilakukan dengan membakar daging dengan saus yang terdiri dari kecap asin, mirin, dan gula. Kadang, teriyaki menggunakan bahan seperti jahe segar dan bawang putih di dalam sausnya.

Kata 'teriyaki' terdiri dari dua kata, yaitu 'teri' yang berarti kilau dari gula yang dimasak dalam saus tare dan 'yaki' yang berarti metode memasak dengan cara dibakar. Berbeda dengan yakiniku yang sausnya dikonsumsi bersama dengan daging yang sudah dimasak, saus teriyaki biasanya dicelup atau dioles saat daging sedang dimasak.

Untuk daging pada teriyaki, variasinya lebih banyak dibandingkan yakiniku. Umumnya, teriyaki di Jepang lebih banyak menggunakan daging ikan seperti salmon, mackerel, tuna, dan trout dibandingkan daging putih dan merah. Sebaliknya, teriyaki di negara Barat lebih banyak menggunakan daging ayam, sapi, dan babi.

Untuk menemukan teriyaki, Genhype tidak perlu mencari restoran khusus. Makanan ini biasanya lebih mudah ditemukan karena hadir sebagai lauk dari makanan set di restoran Jepang.

Editor: Nirmala Aninda
SEBELUMNYA

Rumah Kalian Terlanjur Menghadap Barat, Ini Trik Biar Enggak Kepanasan

BERIKUTNYA

Saat Milenial Melirik Berlian untuk Perhiasan dan Investasi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: