Food Wars! (kiri atas), Your Name, Your Lie in April, Howl's Moving Castle. (Sumber gambar: Studio Ghibli, J.C. Staff, A1 Pictures)

Ini 10 Makanan Jepang yang Ikonik di Anime, dari Camilan sampai Makanan Berat

16 April 2022   |   20:22 WIB

Tayangan animasi Jepang atau anime seringkali menayangkan berbagai ilustrasi makanan yang bisa menggugah selera kita. Adapun, makanan yang umumnya muncul di anime merupakan makanan khas Jepang yang banyak dikonsumsi masyarakat di sana.

Kehadiran anime Jepang membuat sejumlah hidangan khas Jepang populer di seluruh dunia. Dengan visual berwarna terang dan detail yang realistis, yuk intip 10 makanan khas Jepang yang banyak ditemui dalam tayangan anime.
 

1. Omurice

Hidangan makanan utama ini memiliki kombinasi telur dadar khas Jepang yang diisi dengan nasi goreng, sayuran, dan potongan ayam berbentuk dadu. Biasanya, omurice disajikan dengan saus tomat atau saus kari Jepang dengan tambahan sayuran hijau dari potongan daun bawang.
 

2. Takoyaki

Hidangan jajanan camilan ini biasanya berbentuk bulat dengan isian makanan laut. Umumnya takoyaki memiliki isian daging gurita, tapi kini isinya bervariasi dari udang, keju, hingga daging sapi. Penyajiannya menggunakan wadah atau piring dengan saus berwarna cokelat, bonito flakes, potongan daun bawang, dan tusuk gigi atau sumpit.
 

3. Dango

Hadir dengan beberapa variasi, dango adalah makanan manis berbentuk bola-bola yang terbuat dari tepung beras. Bola-bola ini kemudian dibuat menyerupai sate dengan tusukan bambu, dibakar, dan disajikan dengan glaze saus kecap. Biasanya, dango banyak dikonsumsi saat musim semi dan cita rasanya yang manis serta kenyal membuatnya cocok dimakan bersama dengan teh atau sebagai hidangan penutup.
 

4. Taiyaki

Selain takoyaki, hidangan jajanan lain yang juga umum sebagai camilan adalah taiyaki. Makanan ala Jepang yang masuk ke dalam kategori pastry ini memiliki bentuk ikan dan biasa diisi dengan beberapa topping, misalnya pasta kacang merah, krim custard vanila, selai atau pasta cokelat, sakura (untuk musim semi), dan keju. Ciri khas rasanya yang lembut dan manis seperti panekuk membuatnya cocok dimakan di berbagai musim.
 

5. Kari

Meski secara teknis bukan termasuk makanan populer Jepang, kari sebenarnya masuk makanan nasional yang diadopsi dari negara lain, yaitu India. Berbeda dengan kari India yang cair dan asin, kari Jepang cenderung lebih kental dan manis gurih. Adaptasi kari banyak ditemui sebagai hidangan bersama nasi, tapi ada juga bakpao yang menggunakan isian kari.
 

6. Biskuit stik

Jepang memiliki beberapa biskuit yang terkenal, salah satunya adalah biskuit stik dengan balutan cokelat yang dibekukan. Disebut sebagai pocky, biskuit yang telah mendunia ini memiliki rasa orisinal cokelat dengan variasi rasa lainnya yang meliputi stroberi, matcha green tea, cokelat pisang, cookies and cream, dan lainnya.
1
2


SEBELUMNYA

5 Fakta Rincian Resmi tentang Serial Weak Hero yang Hadirkan Park Ji-hoon 

BERIKUTNYA

Belum Pulih Sepenuhnya, Pasar Seni Gigih Berupaya Bangkit

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: