Pebalap mengikuti sesi kualifikasi Formula E di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) Ancol, Jakarta, Sabtu (4/6). Indonesia untuk pertama kalinya menggelar ajang balap mobil listrik Formula E di sirkuit Ancol, Jakarta. Formula E Seri Kesembilan Musim 2022 ini diikuti 22 pebalap dari 11 tim. (Sumber gambar: Hypeabis/Arief Hermawan P)

Latihan Bebas 1 Formula E Jakarta Rampung Digelar, Oliver Rowland Jadi yang Tercepat

04 June 2022   |   09:18 WIB

Matahari yang mulai terbit menandai dimulainya Free Practice 1 atau sesi Latihan Bebas 1 Formula E Jakarta 2022 pada Sabtu (4/6/2022) di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta Utara. Pada sesi ini, pebalap Mahindra Racing, Oliver Rowland, membukukan catatan waktu terbaik yakni  1 menit 8.433 detik.

Sejak sesi latihan dimulai, para pebalap terlihat langsung menuju lintasan dan berusaha beradaptasi dengan sirkuit. Pebalap Venturi Racing, Lucas di Grassi, mencatatkan waktu tercepat sementara yakni 1 menit 9.450 detik.

Seiring berjalannya waktu, beberapa pebalap pun mulai mengejar ketertinggalannya dan berusaha memperbaiki waktunya. Klasemen itupun diubah oleh Stoffel Vandoorne dengan membukukan waktu 1 menit 9.213 detik.

(Baca juga: Serba-serbi Formula E Jakarta 2022 yang Digelar Hari Ini)

Namun, pada akhirnya, Rowland kembali menjadi yang tercepat di FP1 dengan catatan waktu terbaik 1 menit 8.433 detik dengan menggunakan tenaga sebesar 250 kilowatt. Pebalap Inggris itu diikuti oleh pebalap Nissan e.Dams, Sebastien Buemi, dengan selisih waktu 0,090 detik.
 

FVG

Hasil sesi Latihan Bebas 1 Formula E Jakarta 2022 (Sumber gambar: FIA Formula E)

Sementara pada posisi ketiga ditempati oleh pebalap ROKiT Venturi Racing, Lucas di Grassi dengan selisih waktu 0,105 detik. Posisi keempat dan kelima ditempati oleh Jake Dennis dari Avalanche Andretti dan Jean-Eric Vergne dari DS TECHEETAH.

Adapun, sang pemimpin klasemen Formula E, Stoffel Vandoorne dari Mercedes EQ Formula E Team, menempati peringkat ke-16 di Free Practice 1. Nyck de Vries dari Mercedes EQ Formula E Team, sang juara bertahan menyelesaikan sesi latihan bebas pertama ini dengan berada di posisi kedelapan.

Teriknya sinar matahari dengan kondisi sirkuit yang berdebu menjadi tantangan tersendiri bagi para pebalap saat menjalani sesi latihan bebas pertama. Hal ini membuat para pebalap tampak berjuang keras untuk mengatur kecepatan mereka.

Selanjutnya, sesi latihan bebas kedua (Free Practice 2) Formula E Jakarta 2022 akan berlangsung pada pukul 09.00 WIB. Sebanyak 22 pebalap Formula E akan kembali menjajal trek di sirkuit JIEC. 
 

Sebelumnya, pebalap ROKiT Venturi Racing, Lucas di Grassi, diprediksi menjadi pebalap yang perlu diwaspadai di ajang balap Formula E Jakarta 2022. Hal itu dikarenakan penampilan terbaiknya di beberapa balap sebelumnya seperti di Beijing, Hong Kong, Diriyah dan Sanya.

Juara Formula E musim ketiga pada 2016/2017 ini tercatat telah naik ke podium sebanyak tujuh kali, dengan lebih dari 50 persen berhasil menguasai balap Formula E di Asia, saat masih balapan untuk ABT Schaeffler Audi Sport.

Saat ini, bergabung dengan tim Venturi, Grassi mencatatkan penampilan yang layak sejauh musim ini. Pada Formula E di Diriyah, dia tercatat berada di posisi kelima. Sementara pada ajang Formula E di Berlin dia menyelesaikan balap dengan posisi keempat.

Editor: Nirmala Aninda
SEBELUMNYA

Berawal dari Hobi, Ibu Rumah Tangga Ini Sukses Bangun Bisnis Produk Dekorasi

BERIKUTNYA

Jean Eric Vergne Unggul di Latihan Bebas Kedua Formula E Jakarta 2022

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: