Anak masa kini tumbuh dengan paparan tayangan yang beragam dari ponsel pintar mereka (Sumber gambar: Kaspersky)

Ini Ragam Konten yang Banyak Dinikmati Anak-Anak

03 June 2022   |   20:16 WIB

Kelompok anak saat ini termasuk dalam digital native. Mereka tumbuh dan besar di tengah kemajuan teknologi yang pesat. Mereka dekat dan terampil memainkan berbagai gawai, dan seringkali tidak bisa lepas dari ragam tayangan yang tersedia dalam perangkat genggamnya. 

Tapi apa sih yang ditonton oleh anak-anak? Riset terbaru dari Kaspersky Safe Kids menyoroti program acara yang paling diminati dan paling banyak ditonton oleh anak-anak dalam lingkup global, selama periode Maret hingga Mei 2022. 

Hasil dari riset tersebut diperoleh dari data anonim yang disediakan secara sukarela oleh pengguna Kaspersky Safe Kids. Ini termasuk permintaan pencarian, aplikasi Android paling populer, dan kategori situs web yang diminta. Hasilnya menunjukkan beberapa poin menarik. 

Baca Juga : Mencagah Dampak Negatif Game Online pada Anak 

Untuk acara populer, kejadian Oscar yang berlarut-larut ternyata menarik minat kelompok anak sehingga mereka juga menyaksikan hal tersebut. Selain itu, rumor mengenai hubungan antara pasangan selebriti Spider-Man juga menjadi acara yang banyak ditonton. 

Dari segmen permainan video gim juga terjadi hal yang menarik. Judul The Backrooms, yang populer di kalangan anak-anak beberapa waktu lalu kembali mendapatkan momentum untuk dinikmati. Sementara itu, gim Among Us yang sempat meledak kini makin ditinggalkan oleh pemirsa anak-anak. 

Konten musik juga menjadi salah satu yang banyak dikonsumsi oleh anak-anak melalui platform YouTube. Di tangga musik paling atas bertengger solois Korea Selatan PSY dengan lagu terbarunya That That yang berkolaborasi dengan Suga dari grup BTS. 

Selain musik, film dan kartun tentunya masih dalam kategori yang banyak dicari oleh kelompok ini. Di platform YouTube, kanal bernama My Story Animated adalah yang paling digandrungi. Adapun, film yang banyak dicari adalah The Bad Guys, Sonic the Hedgehog 2, Rock Dog 2, dan Heartstopper

Baca juga: Orang Indonesia Pakai Password Lemah & Suka Berbagi Sandi

Selain mengenai tayang program atau acara yang paling diminati, laporan tersebut juga mencatat bahwa kelompok anak-anak memiliki minat yang tinggi terhadap berbagai topik atau hal, antara lain peranti lunak, audio, dan video (43,6 persen), komunikasi internet (17,2 persen), dan web e-commerce (16,1 persen). 

Laporan juga mencatat aplikasi paling populer di Android yang dipakai kelompok anak. Ini termasuk YouTube (31,6 persen), TikTok (19 persen) dan WhatsApp (18,3 persen). Sementara itu untuk program Windows yang banyak digunakan adalah Google Chrome (44,7 persen), Microsoft Edge (12,6 persen), dan Discord (9,8 persen). 

Editor : Fajar Sidik
SEBELUMNYA

Begini Cara Dekorasi Kamar Pakai Foto Polaroid Biar Kelihatan Estetik

BERIKUTNYA

All That I Need, Single Anyar Rafi Sudirman tentang Jatuh Cinta

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: