YouTube terus menghadirkan fitur untuk mendukung para kreator. (Sumber gambar: Freepik)

YouTube Mulai Uji Coba Fitur Membership Gifting Mirip Twitch

11 May 2022   |   17:51 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Platform video YouTube mulai menguji coba fitur Membership Gifting, yang memungkinkan para penggemar (subscriber) mendukung para kreator (content creator/youtuber) dengan memberikan hadiah dan sebagai gantinya mereka akan mendapatkan akses ke layanan seperti emoji khusus dan lainnya. 

Ya, ini mirip dengan apa yang telah dilakukan oleh platform video streaming Twitch, di mana para penonton bisa menunjukkan dukungan finansial kepada pembuat konten favorit mereka dengan membeli/memberikan hadiah (gift). 

“Kami bersemangat untuk menghadirkan versi beta dari Membership Gifting kepada sekelompok kecil pembuat konten, dan selama beberapa bulan ke depan kami secara aktif memperluas fitur ini ke lebih banyak kreator,” tulis YouTube dalam laman resmi Google Support. 

YouTube menjelaskan bahwa dengan Membership Gifting, penggemar kanal kreator dapat membeli sejumlah langganan dalam satu pembelian, yang nantinya akan diberikan oleh YouTube kepada penonton lain di live stream. 

(Baca juga: Fitur Baru Ini Bikin YouTube Shorts Makin Mirip TikTok)

Seperti disebutkan bahwa untuk saat ini, YouTube masih akan menguji fitur ini ke beberapa pembuat konten. Bagi para kreator yang ingin mengaktifkan fitur ini, kalian bisa mendaftarkan diri melalui formulir yang telah disediakan di link berikut ini.

Dalam laman resminya itu juga, YouTube menjabarkan bagaimana cara kerja fitur Membership Gifting, berikut selengkapnya : 

1. Penggemar mengklik tombol $ di samping live chat untuk membeli hadiah membership ketika kreator mereka melakukan live streaming. Hadiah Membership Gift hanya tersedia untuk dibeli penonton di platform desktop untuk tahap awal. 

2. Pemirsa ikut serta agar memenuhi syarat untuk menerima hadiah di saluran. Jadi, selama beta, satu-satunya cara untuk ikut serta adalah dengan mengklik ‘Allow Gift’ pada pengumuman keanggotaan hadian yang ditampilkan di obrolan langsung. 

3. YouTube mendistribusikan hadiah membership kepada penonton berdasarkan seberapa banyak mereka berinteraksi dengan kanal si kreator. Misal, penonton setia yang selalu menonton dan berinteraksi dengan konten si pembuat lebih cenderung menerima keanggotaan hadiah. 

4. Pemirsa akan diberitahu melalui pesan obrolan langsung pribadi dan email jika mereka menerima hadiah tersebut. Keanggotan ini tidak berulang dan pemirsa yang menerima hadiah tidak membayar apa pun untuk mendapat akses ke fitur eksklusif si pembuat konten. 

Sebagai informasi tambahan, Membership Gifting menggunakan metode bagi hasil 70/30 untuk kreator dan YouTube yang sama, di mana bagi hasil dihitung setelah biaya Apple Store di iOS dan biaya lain seperti pajak penjualan. 

Editor : Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

5 Kafe di Jakarta Barat yang Asyik buat Hangout

BERIKUTNYA

4 Kiat Kembali ke Rutinitas dengan Tubuh yang Fit

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: