Komersialisasi jaringan 5G di Indonesia sudah berusia lebih dari satu tahun (Sumber gambar: Freepik)

Baru Setahun, Kualitas Jaringan 5G di Indonesia Bagus

03 June 2022   |   14:28 WIB

Era internet 5G atau teknologi jaringan generasi kelima sudah berusia lebih dari setahun di Indonesia. Telkomsel menjadi operator pertama yang menyediakan layanan komersial jaringan tersebut pada Mei 2021, diikuti oleh Indosat dan XL. 

Sejak saat itu, operator 5G di dalam negeri terus berupaya meningkatkan dan memperluas layanan mereka. Laporan terbaru dari Opensignal menunjukkan bahwa kendati masih dalam tahapan awal, jaringan generasi kelima di Indonesia telah menunjukkan kinerja yang cukup baik. 

Berdasarkan analisis yang dilakukan, kecepatan unduh (download) pengguna Indonesia rerata mencapai angka 64,3 Mbps saat terhubung ke jaringan 5G. ini 3,9 kali lebih cepat dari jaringan 4G dengan rata-rata unduhan sebesar 16,4 Mbps. 

Baca juga: Prediksi Ericsson Soal Jaringan 5G Indonesia

Selain itu, ada peningkatan serupa dalam kecepatan unggah (upload) seluler. Pengguna ponsel di Indonesia merasakan kecepatan unggah rata-rata sebesar 19,5 Mbps saat terhubung ke 5G. Angka ini sekitar 2,6 kali lebih cepat dari jaringan 4G dengan rerata kecepatan 7,4 Mbps. 

“Sementara kecepatan unduhan sering mendapat perhatian lebih, kecepatan unggah menjadi aspek yang semakin penting saat ini karena perubahan pola penggunaan dan kebiasan konsumsi serta produksi,” tulis laporan tersebut. 

Baca Juga: Era 5G Diprediksi Akan Membuka Peluang Bisnis Baru 

Peningkatan kualitas jaringan 5G untuk perangkat seluler di Indonesia, juga terlihat dari nilai pengalaman penggunaan dalam kasus yang riil. Dalam laporan ini dua hal yang dicontohkan adalah untuk menonton video dan bermain gim. 

Opensignal menemukan bahwa pengguna menikmati pengalaman video sangat bagus (dengan skor 65-75 poin) saat terhubung ke 5G. Lebih tinggi dari pengalaman video biasa saja (dengan skor 40-55) ketika mereka menggunakan jaringan 4G. 

Ini senada dengan hasil untuk permainan video gim, di mana pengguna ponsel melihat pengalaman bermain yang baik (dengan skor 75-85) saat menggunakan jaringan 5G. Ketimbang pengalaman bermain yang cukup (skor 65-75) ketika memakai jaringan 4G. 

Temuan tersebut membuktikan bahwa 5G memberikan pengalaman jaringan seluler yang lebih baik secara signifikan dibandingkan dengan teknologi jaringan generasi sebelumnya. Nilai dan skor tersebut juga dipercaya akan terus meningkatkan seiring dengan perbaikan infrastruktur dan optimalisasi layanan lebih lanjut. 

Baca Juga: Penjualan Smartphone 5G Sudah Salip Smartphone 4G, Kok Bisa?

Editor : 
SEBELUMNYA

Cinta Terjebak Masa Lalu dalam Single Baru Hanin Dhiya 'Kembalilah Padanya'

BERIKUTNYA

Spidometer Tidak Berfungsi, Apa Penyebabnya?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: