Penting bagi pengendara sepeda motor untuk tetap memastikan bahwa spidometer di kendaraan tetap hidup dan berfungsi dengan baik (Sumber gambar ilustrasi : Pexels/Revac film's&photography)

Spidometer Tidak Berfungsi, Apa Penyebabnya?

03 June 2022   |   15:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Spidometer merupakan bagian penting bagi kendaraan sepeda motor lantaran memuat informasi mengenai kecepatan kendaraan agar pengemudi dapat mengendalikan kecepatannya. Tanpa informasi yang pasti tentang kecepatan kendaraan, mengendarai sepeda motor akan sangat berbahaya. 

Dilansir dari astramotor.co.id dan Honda Cengkareng, fungsi spidometer juga memuat banyak informasi seperti tingkat keterisian bahan bakar, lampu sein, dan sebagainya selain sebagai pemberi informasi tentang kecepatan sepeda motor. 

Jadi, penting bagi pengendara sepeda motor untuk tetap memastikan bahwa spidometer di kendaraan tetap hidup dan berfungsi dengan baik. Spidometer yang rusak memiliki tanda  jarum yang berhenti atau lampu indikator yang mati atau hanya berkedip.

Baca jugaIni 3 Penyebab Speedometer Mobil Mati

Berikut cara mengatasi spidometer di sepeda motor yang tidak berfungsi atau mati.


Kabel Spidometer

Salah satu penyebab spidometer tidak berfungsi adalah kabel spidometer yang memiliki fungsi sebagai penghantar arus listrik dari komponen penyusun aki menuju saluran listrik yang ada di spidometer. Kabel harus dalam keadaan yang baik agar arus listrik dapat tersalurkan dengan baik.

Ada beberapa penyebab kabel tidak berfungsi, seperti kabel spidometer putus, tertarik, tertekuk, terselip, mengalami goresan, atau karatan. Pengendara bisa langsung memperbaiki kabel menggunakan isolasi karet hitam jika kabel spidometer rusak karena goresan agar dapat berfungsi kembali.

Sementara jika kabel spidometer sudah rusak karena usia, individu perlu mengganti kabel spidometer tersebut dengan yang baru agar spidometer dapat berfungsi kembali seperti sedia kala, dan memberikan informasi yang dibutuhkan kepada pengendara.


Gearbox

Gearbox memiliki fungsi menyalurkan tenaga atau daya mesin ke begian mesin lain sehingga menghasilkan pergerakan, baik berputar atau bergeser. Spidometer yang tidak berfungsi dapat disebabkan lantaran gearbox rusak.

Penyebab-penyebab gearbox rusak antara lain pemasangannya yang kurang pas dengan posisinya, pecah, dan terakhir adalah aus atau kondisi gigi di dalam gearbox sudah mengecil.


Spidometer

Jika kabel spidometer tidak bermasalah, komponen lainnya yang harus diperiksa oleh individu adalah spidometer itu sendiri. Saat ini, terdapat beberapa jenis spidometer yang terpasang di kendaraan sepeda motor.

Kerusakan yang terjadi di spidometer digital kabanyakan terjadi karena aki motor minta diganti. Sedangkan kerusakan yang terjadi di spidometer analog biasanya lebih kompleks. Pertama, kerusakan bisa terjadi karena pegas atau spring di dalam spidometer.

Pegas atau spring yang lemah menyebabkan informasi yang ditunjukan oleh spidometer tidak akurat. Sementara pegas spidometer yang lepas menyebabkan jarum tidak dapat memberikan informasi kecepatan motor.

Kedua, kebiasaan berkendara juga dapat menjadi penyebab spidometer rusak dan pada akhirnya tidak dapat berfungsi. Berkendara yang tidak memperhatikan jalan, dan menyebabkan guncangan pada motor dapat mengganggu fungsi spidometer secara maksimal.

Ketiga, karat juga menjadi penyebab umum mengapa spidometer tidak dapat berfungsi dengan baik. Kerusakan-kerusakan ringan yang terjadi terhadap spidometer dapat diperbaiki. Namun, pengendara harus mengganti komponen jika memang diharuskan agar dapat berfungsi kembali.



Editor: Gita Carla
 

SEBELUMNYA

Baru Setahun, Kualitas Jaringan 5G di Indonesia Bagus

BERIKUTNYA

Trik Menata Kamar Tidur dengan Gaya Minimalis

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: