Ilustrasi 5G (Gizchina)

Wih, Korea Selatan Sudah Punya Lebih Dari 15 Juta Pengguna 5G

03 June 2021   |   12:54 WIB

Genhype, tahukah kalian, Korea Selatan sebagai negara pertama di dunia yang meluncurkan layanan komersial teknologi jaringan generasi kelima atau 5G terus mencatat perkembangan. Jumlah pengguna jaringan 5G di Negeri Ginseng itu terus meningkat.

Berdasarkan data terbaru, dari Ministry of Science, Intormation and Communication Tenchology, menunjukkan bahwa jumlah pengguna 5G di negara itu mencapai 15,5 juta pada April lalu.

Proporsi pengguna 5G dalam komunikasi seluler di Korea Selatan juga meningkat secara signifikan. Data yang sama mengunkap bahwa saat ini ada 71,2 juta pengguna komunikasi seluler di negara tersebut, yang berarti 5G menyumbang sekitar 21,5% di antaranya.

Dengan perluasan cakupan jaringan 5G dan pengenalan lebih banyak smartphone yang mendukung teknologi tersebut, pengguna 5G di Korea Selatan akan terus meningkat untuk beberapa waktu ke depan dan diperkirakan bakal dominan ketimbang jaringan lain.

Sebagaimana diketahui, Korea Selatan merupakan salah satu negara terdepan dalam hal jaringan seluler. Oleh karenanya, tak akan mengherankan bila negara itu akan sepenuhnya menghapus jaringan akses lainnya.

Lantaran komersialisasi 5G yang terus berkembang di banyak wilayah, solusi jaringan yang lebih lama dipercaya bakal punah. Dilansir Gizchina, Kamis (3/6) operator LG U+ yang kini satu-satunya masih memiliki jaringan 2G menyatakan bakal mengakhiri layanan bulan ini.

Menurut LG U+, perusahaan telah mengajukan kepada pemerintah untuk menghentikan operasi bisnis jaringan 2G. Sebagai catatan, sejak awal 2012, Korea Telecom telah lebih dulu mengakhiri bisnis layanan tersebut.

Operator LG U+ mengklaim bahwa dengan maraknya peluncuran jaringan yang lebih baru termasuk 5G, jaringan 2G miliknya juga sepi peminat. Tidak ada peralatan baru untuk jaringan dan perangkat yang mendukungnya pun sudah nihil.

Editor: Roni Yunianto
SEBELUMNYA

Film Animasi Teenage Mutant Ninja Turtles Akan Tayang pada 2023

BERIKUTNYA

Cerita tentang Mantan Pacar, Ini Single Terbaru Billie Eilish: Lost Cause

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: