Ilustrasi (Sumber gambar: Freepik)

Penjualan Smartphone 5G Sudah Salip 4G, Ini Beberapa Faktor Penyebabnya

20 March 2022   |   16:01 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Teknologi jaringan generasi kelima atau 5G telah berkembang pesat. Laporan terbaru dari firma riset Counterpoint mencatat bahwa penjualan ponsel pintar (smartphone) 5G pada tahun ini telah melewati angka penjualan perangkat 4G. 

Menurut laporan tersebut, penjualan ponsel dengan fitur jaringan generasi kelima terus meningkat di seluruh pasar global dan untuk pertama kalinya, produsen menjual lebih banyak ponsel berkemampuan 5G daripada ponsel berkemampuan 4G. 

Pada Januari 2022, 51 persen perangkat yang dijual di seluruh dunia kompatibel dengan teknologi tersebut. Berikut ini adalah beberapa faktor penting yang telah mendorong permintaan smartphone 5G global. 
 

Kontribusi utama pasar China 

Perkembangan positif tersebut utamanya didorong oleh pasar China, yang merupakan pasar smartphone terbesar di dunia. Selama bulan pertama tahun ini, 84 persen produk ponsel yang dijual di Negeri Panda itu memiliki fitur 5G. 

“Tekanan untuk menghadirkan 5G dari operator telekomunikasi China, dikombinasikan dengan keinginan produsen untuk menyediakan konsumen ponsel 5G dengan harga yang kompetitif telah mendorong pertumbuhan ini,” tulis Counterpoint. 
 

Dorongan smartphone 5G Apple 

Raksasa teknologi Apple juga memberikan kontribusi terhadap situasi tersebut. Perusahan pertama kali merilis iPhone dengan fitur 5G pada akhir 2020 dengan iPhone 12s yang mendapatkan sambutan positif dari para penggemar. 

Selanjutnya pada akhir 2021, Apple memasarkan rangkaian smartphone terbaru yang mengusung teknologi 5G yakni iPhone 13. Laporan Counterpoint mencatat bahwa perangkat tersebut mendapatkan permintaan besar dan terus menerus yang mendorong penetrasi ponsel 5G. 

(Baca juga: Apple kuasai pasar ponsel pintar 5G)
 

Smartphone 5G Android murah 

Maraknya smartphone 5G global juga didorong oleh produk-produk Android yang kompatibel dan memiliki harga murah. Pengembang cip seperti Qualcomm dan MediaTek mulai banyak merilis prosesor 5G dengan harga yang lebih murah. 

Berdasarkan laporan Counterpoint, raksasa Korea Selatan samsung memantapkan dirinya di antara pemimpin pasar pada kategori ini. Samsung mengandalkan seri Galaxy A, yang pada tahun lalu menyumbangkan lebih dari 50 persen penjualan total perusahaan. 

(Baca juga: Daftar negara dengan akses 5G tercepat)

Editor : Dika Irawan

SEBELUMNYA

Game Ini Enggak Cuma Seru, Tapi Juga Bisa Buat Kalian Belajar Literasi Digital

BERIKUTNYA

Cara Mudah Membersihkan Furnitur Berdasarkan Jenis-Jenis Materialnya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: