Flash drive yang langsung dapat digunakan di ponsel.

Serba Serbi Fungsi USB OTG Pada Ponsel

14 August 2021   |   14:24 WIB

Port colokan USB pada ponsel pintar kebanyakan hanya untuk mengisi baterai mengingat kini kebanyakan perangkat aksesori telepon sudah bisa terkoneksi secara nirkabel, seperti keyboard tambahan maupun speaker yang sudah menggunakan koneksi bluetooth.

Namun, berkat adanya USB on the go (OTG) port USB (baik micro USB ataupun USB Type C) ponsel dapat digunakan sebagai host (inang), atau perangkat utama yang mengendalikan perangkat lainnya.

USB OTG bukanlah teknologi baru, karena sudah ditetapkan sejak 2001. Untuk mengetes apakah ponsel Anda sudah mendukung, Anda bisa mengecek spesifikasinya atau mencoba langsung dengan perangkat USB yang sudah ada (misalnya, USB Drive).

Butuh konverter
Berkat USB OTG kita dapat menggunakan berbagai perangkat USB yang dirancang untuk komputer pribadi di ponsel. Namun kerap kali, ponsel memiliki port USB yang ukurannya lebih kecil dibandingkan dengan yang tersedia pada komputer pribadi.

Karena itu, agar dapat memanfaatkan fitur USB on the Go ini, kita mungkin butuh konverter, biasanya untuk micro USB ke USB Type A.

Ponsel model terbaru saat ini sudah banyak menggunakan standar USB Type C, yang ukurannya lebih kompak dibandingkan dengan Type A. Tentunya aksesori komputer pribadi yang menggunakan USB Type C tidak lagi perlu konverter.
 

Adapter micro-USB ke kabel ethernet

Adapter micro-USB ke kabel ethernet



Namun bila Anda masih ingin menggunakan aksesori lama, Anda mungkin perlu mencari konverter USB-Type C ke Type A, bila pembuat ponsel Anda tidak menyediakannya.
Berikut beberapa jenis aksesori yang bisa digunakan berkat teknologi USB to Go.

Medium Penyimpan
Berapa besar kapasitas penyimpanan data di ponsel Anda? Tidak semua ponsel saat ini menyediakan slot kartu memori (microSD) untuk ekspansi penyimpanan data.

Alternatif yang bisa digunakan adalah USB drive, baik yang berbasis flash maupun cakram keras (hard disk). Penggunaan USB drive ini dimungkinkan berkat fitur USB to Go.

Pada saat ini sudah makin banyak USB drive yang dirancang tidak hanya untuk digunakan buat komputer, tetapi juga perangkat bergerak (ponsel/tablet). Karena itu Anda tidak lagi perlu konverter khusus.

Agar data yang tersimpan di USB drive ini dapat dibaca oleh perangkat Android, Anda perlu memformatnya dengan filesystem FAT32. Format NTFS yang umum digunakan pada sistem operasi Windows modern belum didukung oleh Android.

Papan ketik/tetikus
Perangkat Android umumnya dirancang untuk digunakan dengan sentuhan jemari di layar sentuh. Namun bila Anda ingin menggunakan papan ketik dan tetikus, Anda juga bisa menggunakannya dengan perangkat Android.

Kebanyakan papan ketik yang dirancang untuk ponsel/tablet umumnya menggunakan konektivitas nirkabel (Bluetooth), namun penggunaan USB ini merupakan alternatif menarik. Dibandingkan dengan papan ketik, tetikus lebih jarang digunakan dengan ponsel. Namun Anda mungkin ingin memanfaatkannya dengan perangkat Android tertentu, terutama yang berlayar lebar seperti tablet.
 

Type C ke micro USB (female)

Type C ke micro USB (female)



Lain-lain
Android mendukung beberapa fitur lain yang jarang Anda gunakan, misalnya pencetakan. Cara termudah mungkin adalah lewat Wi-Fi, namun bila printer Anda belum mendukungnya, Anda bisa mencoba mencolokkan kabel USB ke ponsel.

Hampir semua perangkat Android dewasa ini terhubung internet lewat sambungan nirkabel, baik Wi-Fi ataupun seluler. Namun sebenarnya kita juga dapat menghubungkan perangkat Android lewat kabel, dalam hal ini ethernet.

Tentunya, sebagian besar ponsel Android tidak memiliki port ethernet (seperti yang mungkin Anda temukan di komputer pribadi), tetapi kita bisa memanfaatkan konverter USB-to-Ethernet.
Koneksi nirkabel biasanya jauh lebih mudah dan tidak merepotkan, tetapi koneksi kabel (ethernet) bisa menawarkan konektivitas yang lebih cepat dan stabil.

Editor: M R Purboyo
 

SEBELUMNYA

Selain Jin BTS, 3 Artis K-pop Ini Juga Punya Hobi Memancing Ikan

BERIKUTNYA

Terapkan 5 Tips Self Love Ini Biar Hidup Jadi Lebih Bahagia!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: