Sony Indonesia kenalkan dua produk audio terbarunya, WH-1000XM5 dan LinkBuds S (Sumber gambar: Sony)

Pengalaman Menjajal Produk Audio Sony Terbaru, WH-1000XM5 & LinkBuds S 

25 May 2022   |   21:15 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Belum lama ini, Sony Indonesia resmi memperkenalkan dua produk terbaru dari kategori audio yakni WH-1000XM5 dan LinkBuds S. Ya, perusahaan asal Jepang ini bukan hanya pemain utama dalam industri konsol gim atau kamera melainkan juga peranti audio. 

President Director Sony indonesia, Koji Sekiguchi, mengatakan bahwa dua perangkat terbarunya itu dihadirkan untuk memaksimalkan pengalaman menikmati konten audio yang lebih imersif melalui fitur dan teknologi yang dikembangkan perusahaan.
 
Mari sekilas kita bahas spesifikasi dari kedua perangkat terbaru Sony ini : 


WH-1000XM5 

 

(Sumber gambar: Sony)

(Sumber gambar: Sony)

 
Produk pertama datang dari kategori headphone yaitu WH-1000XM5 yang merupakan penerus dari generasi sebelumnya 1000XM4. Sony ada tiga keunggulan utama dari perangkat ini. Fitur noise cancelling yang lebih baik, peningkatan kualitas suara yang dihasilkan, dan peningkatan kualitas suara panggilan. 

Perusahaan menyatakan bahwa fitur noise cancelling yang lebih baik dimungkinkan karena headphone ini menggabungkan dua prosesor yang dikembangkan Sony, Integrated Processor V1 dan Processor QN1 yang pada produk-produk sebelumnya dipakai secara terpisah. 

Bagian kualitas suaranya dibekali dengan adopsi LDAC sebagai teknologi coding audio untuk mendapatkan audio resolusi tinggi serta DSEE Extreme untuk pemulihan ke suara rentang tinggi. Perangkat juga memiliki sertifikasi 360 Reality Audio. 

Sementara itu, bagian kualitas panggilan ditingkatkan dengan menghadirkan delapan mikrofon (empat di masing-masing bagian kanan dan kiri) beamforming dan struktur pengurangan kebisingan berbasis teknologi kecerdasan buatan. 

Untuk daya tahannya, Sony mengklaim WH-1000XM5 memiliki masa pakai baterai hingga 30 jam. Hal menarik lainnya yang diungkap ketika peluncuran adalah pengisian daya hanya 3 menit yang dilakukan bisa menopang hidup perangkat hingga 3 jam. 

 

LinkBuds S 

(Sumber gambar: Sony)

(Sumber gambar: Sony)

 
Beralih ke produk kedua yang datang dari kategori in-ear yakni LinkBuds S. Ini punya posisi yang menarik dengan keunggulan ambient sound, always on, serta desain dan bobot yang sangat, sangat, sangat ringan. 

Konsep ambient sound dihadirkan Sony untuk memungkinkan pengguna tetap berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya saat memakai perangkat ini. Akan tetapi, tentunya jika diperlukan mereka bisa mengaktifkan fitur noise cancelling guna mengurangi suara latar. 

Konsep always on diimplementasikan dengan pengalaman mendengarkan hingga 6 jam dengan fitur noise cancelling. Selain itu, case buds ini juga dapat menyimpan 14 jam lagi untuk pengisian daya sehingga totalnya mencapai 20 jam. 

Selain itu, Sony mengklaim bahwa LinkBuds S ini merupakan peranti audio Hi-Res dengan noise cancelling terkecil dan teringan di dunia dengan bobot yang hanya mencapai 4,8 gram. Bagian buds yang kecil dirancang agar cocok dengan telinga manusia lewat desain yang ergonomis. 

 

Pengalaman Penggunaan 

 

Pengalaman uji coba WH-1000XM5 dan LinkBuds S Sony (Sumber gambar: Hypeabis.id/Syaiful)

Pengalaman uji coba WH-1000XM5 dan LinkBuds S Sony (Sumber gambar: Hypeabis.id/Syaiful)

 
Pada kegiatan peluncuran perangkat audio terbaru Sony, WH-1000XM5 dan LinkBuds S yang berlangsung di kawasan Jakarta Selatan, Hypeabis.id juga berkesempatan menjajal langsung kedua produk tersebut. 

Untuk memaksimalkan uji coba yang dilakukan - khususnya fitur noise cancelling sebagai salah satu fitur andalan kedua produk - Sony membangun gerbong kereta buatan di lokasi yang menghadirkan efek suara deru kendaraan saat berjalan. 

Pertama, ketika menjajal WH-1000XM5, perangkat ini terlihat dan terasa sangat premium. Dibuat dengan build quality yang solid dengan pilihan warna hitam dan silver yang elegan dan simpel. Ketika dikenakan juga terasa pas dan nyaman di telinga. 

FItur noise cancelling yang dibangga-banggakan Sony juga berjalan dengan baik. Simulasi suara deru angin saat kereta bergerak begitu saja hilang ketika fitur tersebut diaktifkan. Selain itu, suara yang dihasilkan juga sangat jernih. 

Sayangnya karena waktu yang terbatas, penulis belum sempat mencoba menggunakan fiturnya untuk melakukan panggilan suara atau video, guna menguji klaim Sony tentang peningkatan kualitas suara panggilannya. 

Kedua, adalah pengetesan LinkBuds S yang sejak dari awal terasa sangat ringkas dan ringan, baik hanya perangkat buds-nya saja maupun dibawa dengan casing. Saat dipakai secara biasa, produk ini memang memungkinkan kita mendengar suara-suara dari lingkungan sekitar. 

Akan tetapi, ketika mengaktifkan noise cancelling, suara latar berkurang sangat drastis meskipun jika didengarkan secara saksama, masih tetap terdengar suara dari sekitar khususnya ketika itu berbunyi dengan cukup keras. 

Oh iya, ketika pengujian tim Sony juga menyarankan kami untuk mengunduh aplikasi Sony Headphone Connect guna memudahkan pencarian dan sambungan koneksi yang berbasis Bluetooth. Ini juga menjadi langkah penting untuk melakukan pembaruan sistem atau firmware perangkat.

 

Harga & Ketersediaan 

Kedua perangkat audio anyar dari raksasa Jepang ini sudah mulai bisa dipesan di Indonesia mulai saat ini dan tersedia secara daring pada awal Juni 2022 mendatang.  

Periode pemesanan WH-1000XM5 akan berlangsung hingga 5 Juni 2022 dengan harga Rp5,99 juta. Konsumen yang memesan pada periode ini akan mendapatkan hadiah berupa Sony Portable Wireless Speaker SR-XB13. 

Sementara itu, periode pemesanan LinkBuds S telah berlangsung hingga 12 Juni 2022 dengan banderol harga Rp3,19 juta. Sama, ada hadiah menanti bagi pelanggan yang memesan pada periode tersebut yakni mendapatkan Uniqlo Shoulder Bag. 

Editor : Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Menantikan Kolaborasi Musisi Dalam & Luar Negeri di Java Jazz Festival 2022 

BERIKUTNYA

Java Jazz Festival 2022 Siap Digelar, Simak Sejarahnya dari Masa ke Masa

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: