Ilustrasi tertawa. (Sumber gambar: Unsplash)

5 Manfaat Tertawa untuk Kesehatan Fisik dan Mental

24 May 2022   |   17:45 WIB

Banyak orang beranggapan bahwa tertawa adalah 'obat' terbaik untuk menjaga kesehatan fisik dan mental. Selain sebagai cara untuk membangun keakraban dan kehangatan dalam berhubungan dengan sesama, tertawa juga dapat meningkatkan kesehatan tubuh dan emosional dalam berbagai aspek.

Hal itu terbukti dari beberapa laporan yang menyebutkan bahwa tertawa itu memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh manusia dan menjadi terapi yang mudah untuk mengendurkan urat saraf.

Nah apa saja kira-kira manfaatnya? yuk intip ulasan berikut ini.


1. Meredakan stres dan menenangkan tubuh

Tertawa bisa meredakan stres sekaligus menenangkan tubuh dengan melemaskan otot-otot. Dikutip dari Mayo Clinic, tertawa bisa meningkatkan dan menurunkan detak jantung dan tekanan darah setidaknya 45 menit setelah tertawa dilakukan. Tidak hanya itu, tertawa juga menstimulasi sirkulasi dan memulihkan kesehatan tubuh dengan mengurangi gejala fisik stres.

Baca juga: 5 Cara Memulihkan Energi Mental Agar Siap Kerja Lagi


2. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Tertawa ternyata punya dampak pada penurunan hormon stres serta peningkatan pada sel imun dan antibodi yang melawan infeksi. Tidak hanya itu, ini juga meliputi pelepasan hormon endorfin yang bisa meningkatkan kesejahteraan diri dan mengurangi rasa sakit untuk sementara.


3. Meningkatkan kesehatan mental dan emosional

Tidak hanya pada sistem kekebalan tubuh, tertawa juga punya dampak pada kesehatan. Sejumlah penelitian membuktikan bahwa tertawa bisa menurunkan gejala depresi serta beberapa risiko lain seperti penurunan kecemasan dan tingkat stres.

Pada aspek kesehatan emosional, tertawa juga bisa meredakan rasa marah dan konflik, sehingga bisa menghindari adanya konfrontasi yang berdampak pada perasaan menyesal dan kurang mengenakkan.


4. Mengurangi rasa sakit

Sejumlah penelitian terkait dengan rasa sakit dan tertawa menunjukkan bahwa kedua hal ini bisa berkaitan. Sebuah studi pada 2021 menunjukkan tertawa bisa mengurangi rasa sakit setelah sesi yoga dan meningkatkan kualitas tidur, sedangkan studi lainnya pada 2019 menunjukkan bahwa tertawa bisa meningkatkan fungsi kognitif dan menurunkan intensitas rasa sakit.

Baca juga: Kenali Mommy Issue, Kondisi Mental Akibat Renggangnya Hubungan dengan Ibu


5. Membantu pengembangan diri

Tertawa bisa menjadi salah satu cara bagi orang-orang untuk meningkatkan kualitas diri dan mencapai target yang telah ditentukan. Berdasarkan ulasan dari sebuah studi pada 2020, tertawa bisa menjadi cara untuk merawat diri dan berdampak pada pengembangan diri secara umum.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Yuk Intip Karakter Gorr yang Diperankan Christian Bale dalam Film Thor: Love and Thunder

BERIKUTNYA

BlackPink Jadi Girlband Asia Pertama yang Tampil di Sampul Majalah Rolling Stone

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: