Ilustrasi pasangan kekasih (Sumber gambar: Felipe Pelaquim/Unsplash)

Ehm, Ini 9 Tanda Pasangan Kalian Belum Move On

23 May 2022   |   15:24 WIB
Image
Gita Carla Hypeabis.id

Like
Istilah move on sudah pasti populer untuk kalian yang terlibat dalam percintaan. Dalam bahasa Inggris, kata move on memiliki makna pindah. Bila dikaitkan, arti move on dalam hubungan percintaan memiliki makna pindah ke hati yang lain. Hubungan percintaan yang kandas, kadang masih menyimpan luka yang sulit terobati.

Meksipun pilihan paling sehat adalah membiarkan masa lalu tetap di masa lalu, terkadang orang akan memasuki hubungan baru tanpa sepenuhnya melupakan mantan.

Oleh karena itu, sangat penting untuk berpikiran terbuka ketika kamu mulai berkencan dengan seseorang. Tentu kamu mungkin membenci cara si dia yang doyan menggigit jarinya atau meninggalkan piring kotor di wastafel, tapi hal-hal ini bukanlah red flag yang patut kalian perhatikan.

Baca juga: 4 Cara Meningkatkan Hubungan Pasangan ala Wedding Agreement The Series

Red flag dalam percintaan sebenarnya lebih kompleks daripada kebiasaan perilaku pasangan. Jadi, bagaimana kalian tahu jika pasangan masih belum melupakan mantannya?

Menurut berbagai sumber, berikut beberapa perilaku red flag yang mungkin bisa diperhatikan bila si dia masih belum move on dari masa lalunya.


1. Membicarakan mantan

Jangan bohong, kalian pasti pernah membandingkan kisah cinta saat ini dengan yang pernah dimiliki pada masa lalu. Jadi jangan baper terus ngambek ketika pasangan sesekali menceritakan mantannya.

Namun jika kalian mendengar setiap detail dan cerita tentang hubungan yang lama, sangat jelas bahwa pasangan kamu belum melupakan mantan. Kalian jadi tahu lagu kesayangan mereka, tempat-tempat kencan hingga membicarakan lokasi tato mantan. Duh, ga banget deh ya!


2. Tidak membicarakan cinta yang dulu sama sekali

Tidak pernah bercerita tentang mantan kekasih juga dapat menunjukkan kurangnya closure atau penutup. Beberapa orang memang membutuhkan closure untuk move on dari kisah cinta yang lama.

Perasaan bersalah karena memiliki rahasia seringkali membuat seseorang tidak mau membicarakan mantan. Jika kalian menyadari pasanganmu takut atau enggan mengungkit mantan atau jika ketika dia mencoba membicarakannya namun terlihat sedih, inilah saat untuk bertanya mengapa.

Baca juga: 4 Cara Sukses Kencan Online Buat Perempuan Mandiri


3. Tepergok stalking di media sosial

Dilansir dari laman The Independent, menurut psikolog kencan, Madelein Mason Roantree,  red flag adalah sesuatu yang dilakukan pasangan yang menunjukkan kurangnya rasa hormat, integritas, atau minat dalam sebuah hubungan. Jadi, red flag ini bukan hanya sekedar kebiasaan buruk yang dilakukan pasangan seperti jarang sikat gigi atau suka mengupil.

Salah satu red flag yang patut ditanggapi adalah stalking mantan di media sosial. Baik Facebook, Instagram, dating profile, hingga googling nama mantan, merupakan tanda-tanda pasangan belum move on dalam hubungan.
 

4. Terlalu sering mengobrol dengan mantan

Jika pasangan kamu hanya sesekali mengirim pesan ke mantan dan membicarakan hal yang penting, maka tidak masalah. Namun jika mereka berkomunikasi hampir setiap hari dan terlihat flirting, kamu harus hati-hati.

Belum lagi, jika pasangan masih berusaha melakukan sesuatu yang tidak biasa untuk mantannya di hari ulang tahunnya, ini bisa jadi masalah besar. Hubungan yang baru adalah tentang kepercayaan. Jika kamu tidak menyetujui kontak pasangan dengan mantannya saat ini, katakan saja.
 

5. Nama mantan sering terucap

Pernah tidak pasangan salah memanggil kamu dengan nama mantannya. Apalagi kalau dia melakukannya ketika kamu sedang berada dalam suasana romantis. Meski kamu sudah memaafkannya, namun perasaan tidak itu bisa saja menghantui meski bertahun-tahun.

Baca juga: 6 Jenis Simpanan Ini Wajib Dimiliki Pasangan Muda


6. Menyimpan memento

Memento atau souvenir dalam hubungan percintaan adalah barang kenang-kenangan dari kekasih lama. Ketika hubungan sudah berakhir – baik buruk maupun baik-baik- ini menjadi waktu yang tepat untuk melepaskan semua kenangan atau pengingat. Jangan sampai pasangan baru mu menemukan jam tangan pemberian mantan atau surat-surat cinta yang disimpan.

Seperti itu juga diharapkan dengan pasanganmu. Bila kamu masih melihat foto mantan di dompet kekasihmu, ini adalah salah satu reg flag yang harus diwaspadai.
  

7. Panas dan dinginnya romansa

Berhati-hatilah terhadap pasangan yang kadang romantis namun keesokan harinya malah acuh tak acuh. Ini bisa menjadi pertanda buruk bagi hubungan kamu. Pasangan kamu mungkin bersikap dingin dan menarik diri saat merasa bersalah karena tidak bisa memberikan cinta yang sama seperti hubungan sebelumnya. Kemudian romantisme muncul lagi ketika pasangan merasa bersalah menarik diri dari kamu.


8. Pasangan belum siap untuk berkomitmen

Salah satu tanda belum siap move on adalah ucapan “Saya menyukai kamu, tetapi saya masih ingin menunggu beberapa waktu lagi”. Jika hubungan yang sudah berjalan lama namun tidak bergerak ke tingkat berikutnya, maka penghalang jalan bisa jadi adalah orang dari masa lalu.

Mungkin saja pasangan kamu masih “penasaran” mengapa hubungan lamanya berakhir dan apakah bisa kembali lagi dengan sang mantan tersayang. Jangan sampai kamu membuang-buang waktu untuk menunggu pasangan mau berkomitmen.

Baca juga: Anti Galau, Ini Panduan Memilih Kado Pasangan Berdasarkan Zodiak


9. Curiga

Pernahkah kamu merasa ada perasaan tidak enak yang mengganjal di hati? Jangan mengindahkan perasaan kamu, karena perasaan kuat tersebut bisa saja menjadi tanda berikutnya.Jika kamu merasa ada sesuatu yang tidak beres, mungkin ada baiknya untuk mengungkapkannya secara langsung kepada pasangan.

Bila enam dari sembilan tanda-tanda ini kamu temui dalam hubungan, jangan abaikan dan mulai mencari jalan terbaik untuk kebahagiaan semuanya.


Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Nayeon, Momo, Tzuyu & Mina TWICE Positif Covid-19 setelah Tur AS

BERIKUTNYA

Simak Bocoran Desain hingga Spesifikasi iPhone 14 Series 

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: