Sma iPhone disebut bakal menggunakan pengisi daya USB-C (Sumber gambar: Unsplash/Martin Sanchez)

Analis Sebut Apple Bakal Pakai Pengisi Daya USB-C Untuk iPhone

12 May 2022   |   14:04 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Pernah dengar topik mengenai kabel atau porta pengisian daya universal? Ya, sebagaimana kita ketahui saat ini ada banyak jenis porta yang tersedia untuk perangkat elektronik. USB tipe A, USB tipe C, atau porta Lightning dari Apple. 

Banyaknya jenis kabel ini dinilai sejumlah pihak dapat menghasilkan limbah elektronik. Asumsinya, perangkat tertentu akan memerlukan kabel tertentu. Padahal, dengan adanya porta yang universal, kita tidak membutuhkan banyak kabel untuk berbagai perangkat elektronik. 

Wilayah yang getol mengkampanyekan hal ini adalah Uni Eropa. Salah satu kabar terbarunya adalah anggota Parlemen Eropa (Euro Parliament/MEP) telah menyetujui pengisian daya universal untuk perangkat elektronik portabel yakni USB-C (Type-C). 

Hal ini menuntut para produsen untuk memastikan bahwa perangkat elektronik seperti ponsel, tablet, kamera digital, headphone, hingga konsol yang masuk ke pasar Eropa telah mengimplementasikan pengisian daya umum ini. 

Terkait dengan hal ini, analis perusahaan Ming Chi Kuo menyatakan bahwa Apple tengah bersiap untuk menukar porta Lighting perangkat iPhone mereka dengan USB Type-C yang lebih universal mulai tahun depan. 

Dalam cuitan di akun Twitter-nya, Kuo menyebut raksasa teknologi itu akan membuat perubahan mulai 2023. Menurutnya, salah satu alasan pemanfaatan USB-C adalah untuk meningkatkan kecepatan transfer dan pengisian daya iPhone.
 
Prediksi Kuo ini tentunya bukan tanpa alasan. Rumor dan spekulasi tentang Apple yang akan mengadopsi pengisian daya lebih universal bagi perangkat selulernya, sejatinya telah beredar dalam beberapa waktu belakangan. 

Hal ini telah menjadi tekanan industri khususnya ponsel pintar, yang pada umumnya telah memakai standar USB-C untuk sebagian besar smartphone mereka. Apple juga sudah mulai sedikit-sedikit menerapkan hal ini. 

Perusahaan yang berbasis di Cupertino, California ini telah menambahkan pengisian USB tipe C ke beberapa model iPad terbarunya. Selain itu mereka juga sudah memakai porta Thunderbolt yang kompatibel dengan USB-C di banyak perangkat Mac. 

Selain itu, tentu saja tekanan dari regulator seperti Uni Eropa yang mendorong kewajiban pemakaian porta pengisian daya universal, dalam rangka mengurangi limbah elektronik dan membuat pengguna lebih nyaman. 


Editor: Indyah Sutriningrum 

SEBELUMNYA

Srimulat: Hil yang Mustahal, Film yang Kisahkan Grup Lawak Legendaris

BERIKUTNYA

Jangan Kelewat! Ini 6 Konser K-Pop & Fan Meeting Aktor Korea di Indonesia pada 2022

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: