Ponsel pintar iPhone (Sumber gambar: Pexels/Mateusz Dach)

Coba Cek & Lakukan Hal Ini Kalau iPhone Terasa Lambat 

15 May 2022   |   14:30 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Sekencang-kencangnya performa atau kinerja ponsel pintar (smartphone) yang dimiliki, termasuk iPhone, akan ada saatnya perangkat kita mengalami penurunan kinerja dan terasa lebih lambat atau macet. Kondisi yang seperti itu tentunya tidaklah menyenangkan dan mengganggu pengalaman pemakaian.

Padahal ponsel pintar telah menjadi peranti yang sangat penting dalam menunjang berbagai aktivitas sehari-hari. Bisa-bisa pekerjaan kamu jadi terbengkalai dan bikin mood jelek.

Khusus bagi kalian pengguna iPhone, perusahaan pengembangnya, yakni Apple menuturkan beberapa hal yang perlu dicek dan dilakukan ketika perangkat terasa lemot: 
 

1. Periksa kondisi jaringan 

Ada banyak aplikasi di perangkat yang memerlukan koneksi internet untuk menjalankan fungsinya dengan baik. Jadi, jika jaringan yang tersambung ternyata mengalami masalah, itu bisa jadi membuat ponsel terasa lebih lambat. 
[Baca juga:Ini Loh 4 Penyebab Umum yang Bikin iPhone Kalian Lemot ]

Selain itu, perangkat juga bisa jadi mengalami hal tersebut karena berulang kali melakukan upaya untuk terhubung kembali ke jaringan seluler. Ini umumnya terjadi ketika kita memainkan ponsel di dalam kendaraan yang bergerak. 
 

2. Tutup aplikasi yang tidak merespons 

Membiarkan aplikasi yang tidak merespons tetap berjalan di layar utama maupun latar belakang juga bisa menyebabkan perangkat jadi lebih lelet. Kendati tidak merespons, sejatinya sistem tetap memberikan daya ke aplikasi yang berarti menambah beban kinerja. 

Apple menyatakan bahwa dalam kondisi normal, menutup paksa aplikasi tidak diperlukan dan tidak membuat perangkat yang dipakai berjalan lebih cepat. Selain itu, aplikasi membutuhkan waktu lebih lama untuk dibuka setelah ditutup paksa karena harus memuat ulang semua datanya. 
 

3. Pastikan memori penyimpanan cukup 

Seringkali, pengguna tidak sadar telah memakai hampir seluruh memori penyimpanan yang ada pada perangkat. Hal ini tentunya menambah beban berat kinerja ponsel, sehingga bisa membuatnya menjadi lebih lambat.
 
Disarankan untuk setidaknya mempertahankan sekitar 1GB ruang memori penyimpanan agar tetap kosong untuk tetap mendapatkan kinerja yang optimal. Ini tentunya bisa dilakukan dengan memilih aplikasi dan fail penting dan menghapus yang sebaliknya. 
 

4. Matikan mode daya rendah 

Mode daya rendah (low power mode), merupakan fitur yang ada pada iPhone maupun iPad dengan tujuan untuk memperpanjang masa pakai baterai. Caranya dengan mengurangi jumlah daya yang digunakan pada perangkat. 

Dalam mode ini, beberapa fitur akan dimatikan dan beberapa tugas bisa jadi membutuhkan waktu yang lebih lama untuk diselesaikan. Jadi, coba cek apakah ponsel telah mengaktifkan fitur ini atau tidak, yang bisa berpengaruh pada kinerja optimalnya. 
 

5. Jaga suhu perangkat 

Sebagian besar perangkat elektronik tak terkecuali ponsel pintar akan terpengaruh kinerjanya bila berada pada kondisi atau situasi suhu yang ekstrem. Untuk itu menjaga suhu tetap dalam kondisi normal atau adem menjadi sangat penting.
 
Ini berlaku untuk kondisi baik itu panas maupun dingin yang berlebihan. Ya, tak hanya panas, kondisi perangkat yang terlalu dingin juga dapat memperlambat kinerja ponsel. Jika demikian, pindahkan ponsel ke lokasi yang lebih hangat. 


6. Lihat kesehatan baterai 

Perlu diketahui bahwa semua baterai yang bersifat ulang adalah komponen habis pakai yang akan menjadi kurang efektif seiring bertambahnya usia pemakaian atau usia kimiawi. Makin lama, kapasitas baterai iPhone juga makin berkurang dan demikian juga dengan kinerjanya. 


Editor: Gita Carla 

SEBELUMNYA

Simak 4 Cara Bikin Bisnis Tetap Cuan Setelah Lebaran

BERIKUTNYA

Rekomendasi 5 Game Metroidvania yang Wajib Gamers Coba 

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: