Smartphone iPhone (Sumber gambar: Pexels/Torsten Dettlaff)

Hati-hati, Ini Tanda Baterai iPhone yang Bocor & Rusak 

22 April 2022   |   16:25 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

iPhone, ponsel pintar Apple, dahulu memiliki satu kelemahan yang banyak dikeluhkan para penggunanya. Itu adalah baterai ukuran kecil dan ketahanannya yang cepat habis. Akan tetapi, dalam beberapa tahun terakhir perusahaan telah meningkatkan sektor ini dengan signifikan. 

Baterai iPhone yang lebih baru mampu bertahan untuk penggunaan lebih dari satu hari. Selain itu, perusahaan juga telah menyediakan pengisian daya yang cukup bisa diandalkan. Jadi, jika kalian terlalu sering melakukan charging, bisa jadi itu disebabkan oleh kerusakan atau kebocoran baterai. 

Dirangkum Hypeabis.id, berikut ini adalah beberapa ciri yang bisa dijadikan indikasi bahwa baterai iPhone kalian mengalami masalah, yang perlu segera ditangani:
 

1. Perlu sering diisi daya 

Normalnya, penggunaan ringan perangkat ponsel pintar hanya membutuhkan satu kali pengisian daya dalam sehari. Jika kalian lebih sering menggunakannya, paling tidak maksimal adalah dua hingga tiga kali per hari. 

Akan tetapi, jika ponsel dipakai secara normal atau ringan dan masih perlu melakukan pengisian daya lebih dari tiga kali dalam kurun waktu satu hari, itu bisa menjadi tanda bahwa baterai iPhone mengalami kebocoran atau rusak.
 

2. Baterai menggembung 

Kalian pernah mengalami ponsel yang menggembung? Ini seringkali terasa ketika memegangnya secara langsung. Ya, hal ini sejatinya disebabkan oleh elemen baterainya yang mengalami penggembungan akibat adanya kebocoran. 

Salah satu ciri yang juga bisa terlihat dari kondisi ini adalah layar LCD yang terangkat. Umumnya, iPhone menempatkan baterai pada sebelah kiri perangkat, jadi kemungkinan layar sisi kiri yang akan mengalami hal tersebut. 
 

3. Perangkat cepat panas 

Secara umum, melakukan pengisian daya pada ponsel memang menyebabkan peningkatan suhu tapi tidak dengan cepat dan panasnya tidak terlalu berlebihan. Ini akan berbeda ketika kondisi baterai sudah bocor atau rusak. 

Selain itu, perangkat yang cepat panas saat dipakai - bahkan ketika tidak sedang mengisi daya - juga bisa menjadi tanda baterainya mengalami masalah. Ini disebabkan arus listrik yang bisa naik dan turun secara drastis saat baterai tidak sehat. 
 

4. Situasi baterai di aplikasi 

Perangkat iPhone telah dilengkapi dengan menu bernama Kesehatan Baterai, yang memungkinkan pengguna mengecek kondisi baterai pada ponsel. Ini akan memunculkan persentase tertentu yang menunjukkan seberapa baik kondisinya. 

Selain itu, kalian juga bisa mengeceknya pada fitur bernama Peak Performance Capability, yang akan secara langsung memberitahu jika baterai ponsel sudah mengalami kerusakan, bahkan jika persentase nilai kesehatannya cukup tinggi. 


5. Tidak bisa diisi daya 

Indikasi lain yang bisa dilihat dan dirasakan ketika baterai sudah rusak adalah iPhone yang sudah tidak bisa dilakukan pengisian daya atau di-charging. Ini tentunya akan sangat terasa karena pengguna tidak bisa memakai perangkat tersebut. 

Kendati begitu, situasi ini juga bisa disebabkan oleh faktor lain misalnya karena pengisi daya atau kabel yang rusak. Jadi pastikan untuk mencoba beberapa pengisi daya sebelum menentukan bahwa baterai perangkat telah rusak. 


Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

5 Fakta Limbah Fesyen yang Perlu Kalian Tahu

BERIKUTNYA

Wajib Militer, Ravi VIXX Mundur dari Acara 2 Days & 1 Night Season 4

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: