Ilustrasi (Sumber gambar: Cottonbro/Pexels)

4 Cara Sukses Kencan Online Buat Perempuan Mandiri

19 March 2022   |   08:28 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Tak sedikit orang yang masih beranggapan bahwa aneh jika perempuan lebih dulu memulai hubungan dengan pasangan. Oleh karena itu, tidak heran bila perempuan kerap merasa kesulitan mencari pasangan, termasuk saat berusaha mencarinya lewat aplikasi kencan.

Padahal, setiap perempuan berhak untuk menentukan pilihannya sendiri dan menjadi lebih aktif dalam hal mencari pasangan. Hal ini semata-mata dilakukan untuk mencari kebahagiaan dan keamanan diri sendiri.

Buat kalian para perempuan mandiri atau yang sedang berproses menjadi pribadi mandiri, Psikolog Klinis Inez Kristanti membagikan 4 cara yang bisa membantu kalian memulai perjalanan kencan yang seru dan menyenangkan seperti berikut ini.
 

1. Temukan kebahagiaan dalam diri

Inez mengatakan penting untuk mencari kebahagiaan dalam diri sendiri sebelum memulai perjalanan kencan, termasuk jangan menggantungkan kebahagiaanmu pada respon orang. Menurut Inez, memperlihatkan keanggunanmu sebagai seorang perempuan dengan perawatan diri adalah bagian dari menemukan kebahagiaan dalam menciptakan hubungan yang bermakna.

“Kamu pun perlu melakukan hal-hal yang membuat kamu bahagia dan puas karena kamu mulai membangun kecantikan dari dalam diri dengan cara ini. Jangan menunda kebahagiaan demi orang lain, dan selalu menjadi dirimu sendiri,” katanya.
 

2. Ketahui nilai diri (self-worth)

Kalian memiliki kendali penuh atas hidupmu, dan sekarang saatnya untuk mulai mengukir jalanmu sendiri dan membuat keputusan untuk kebahagiaanmu. Tentukan apa yang terbaik dan cocok untuk diri sendiri, dan jangan puas dengan sesuatu yang dirasa kurang.

“Kamu pantas diperlakukan dengan layak. Jika kamu menerima saat pasangan merendahkan atau meremehkanmu, maka kamu menerima apa yang seharusnya tidak pantas kamu dapatkan,” ujar Inez.
 

Ilustrasi (Sumber gambar: Mikhail Nilov/Pexels)

Ilustrasi (Sumber gambar: Mikhail Nilov/Pexels)

3. Ambil kendali hidupmu

Jika kalian merasa cocok dengan seseorang, hentikan stereotip bahwa sebagai perempuan tidak perlu untuk memulai komunikasi terlebih dahulu. Menurut Inez, mengirim pesan pertama adalah langkah untuk mengambil alih kehidupan kencanmu dan bersikap proaktif yang memberi kalian kesempatan untuk ambil kendali, dan jangan lewatkan potensi yang luar biasa itu.

“Tetap optimis tapi hati-hati dan waspada. Carilah pasangan yang mau berusaha untuk mendukung dan menghargaimu. Beri komentar mengenai foto mereka, bertanyalah tentang hewan peliharaan yang mungkin mereka miliki, atau puji pakaian mereka,” kata Inez.

(Baca juga: Hindari Penipuan Kencan, Ini Beberapa Hal yang Harus Diwaspadai)


4. Bangga dan percaya pada diri sendiri

Menurut Inez, wajar jika kalian ingin menampilkan diri sebaik mungkin. Namun, ketika kalian mulai menyembunyikan karakteristik dan minatmu karena khawatir diartikan secara negatif, kalian secara tidak langsung menyabotase peluang untuk memiliki pengalaman kencan online yang sukses.

Hal ini menjadi penting karena karena tujuannya bukan untuk mendapatkan match terbanyak, melainkan untuk menarik orang-orang yang dapat melengkapi dirimu yang sesungguhnya. Bisa jadi, tebakan tentang apa yang mungkin dianggap tidak menarik oleh orang lain hanyalah perkiraan semata.

“Jujurlah pada diri sendiri yang unik, lucu, dan cerdas. Mengomunikasikan intensimu dengan jelas dapat menuntun menuju hubungan yang indah dengan seseorang yang menghargai semua kualitas itu,” terang Inez.


Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Laze Bicara soal Makna Kebahagiaan Lewat Lagu Simulasi Harta Takhta

BERIKUTNYA

5 Inspirasi Dress yang Nyaman untuk Ibu Menyusui

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: