Cuplikan film KKN Di Desa Penari (Sumber gambar: MD Pictures)

Tembus 7 Juta Penonton, KKN di Desa Penari Jadi Film Indonesia Terlaris Sepanjang Masa

20 May 2022   |   14:14 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Film KKN di Desa Penari mencetak sejarah dengan menjadi film Indonesia terlaris sepanjang masa. Sampai Kamis (19/5/2022), film garapan sutradara Awi Suryadi itu telah ditonton oleh lebih dari tujuh juta penonton di bioskop dan diprediksi jumlahnya akan terus bertambah.

Melalui akun Instagram pribadinya, Produser Manoj Punjabi menyebut bahwa pencapaian ini menjadi momen kebangkitan film nasional. Menurutnya, angka tujuh  juta penonton yang telah diraih film KKN di Desa Penari menjadi bukti nyata kesadaran dan semangat masyarakat untuk menghargai karya anak bangsa.

“Hal ini, menambah rasa percaya diri dan optimisme yang tinggi bagi kami untuk terus kreatif dan produktif dengan berbagai kreasi dan inovasi, agar film Indonesia berjaya di negerinya sendiri,” tulis Manoj dikutip Jumat (20/5/2022).

Baca juga: Pakar Marketing Sebut 3 Faktor Ini yang Membuat Film KKN di Desa Penari Tembus 6 Juta Penonton
 

KKN di Desa Penari berhasil menggeser posisi film Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 1 (2016) yang sebelumnya menjadi  film Indonesia terlaris sepanjang masa dengan 6,8 juta lebih penonton. 

Di posisi ketiga ada film Dilan 1990 (2018) dengan 6,3 juta lebih penonton, disusul Dilan 1991 (2019) pada posisi keempat dengan 5,2 juta lebih penonton. Sementara pada posisi kelima, ada film Laskar Pelangi (2008) dengan perolehan 4,7 juta lebih penonton.

Baca juga: Berawal dari Thread Twitter, Simak 4 Fakta Menarik Film KKN di Desa Penari

Sebelumnya, di hari pertama penayangannya pada 30 April 2022, film garapan sutradara Awi Suryadi itu mencatat angka penonton yang terbilang tinggi yakni 315.486 penonton. Jumlah itu terus meningkat hingga mencapai setu juta lebih penonton di tiga hari penayangan pertamanya di bioskop. 

Capaian film KKN Di Desa Penari disinyalir terus meningkat seiring dengan antusiasme penggemar. Terlebih, jadwal tayang film tersebut bertepatan dengan momen libur Lebaran, sehingga potensi penambahan jumlah penonton semakin besar.

Terbukti, pada hari keenam penayangannya, film KKN di Desa Penari tembus dua juta lebih penonton. Pada 14 Mei 2022, MD Pictures mengumumkan bahwa KKN di Desa Penari menjadi film horor terlaris sepanjang masa dengan lima juta lebih penonton.

Sebelumnya, posisi itu dipegang oleh film Pengabdi Setan (2017) yang memperoleh 4,2 juta lebih penonton.

Dua hari berselang, MD Pictures kembali mengumumkan bahwa KKN di Desa Penari telah ditonton 6,2 juta lebih penonton. Dari angka tersebut, sebanyak 48,84 persen berasal dari bioskop XXI, 25,89 persen dari CGV, 13,21 persen dari Cinepolis, dan 12,06 persen dari bioskop-bioskop lain.

Film KKN di Desa Penari merupakan kisah yang diangkat dari salah satu thread (utas) horor di Twitter yang sempat viral pada 2019 lalu. Pada 24 Juni 2019, akun Simple Man (@SimpleM81378523) menuliskan sebuah cuitan thread di Twitter yang berisi pengalaman penuh kengerian yang dialami sekelompok mahasiswa KKN pada tahun 2009 di daerah Jawa Timur.

KKN tersebut sebenarnya diikuti oleh 14 orang, namun dalam cerita hanya 6 tokoh yang dituliskan kisahnya yakni Widya, Nur, Ayu, Wahyu, Bima dan Anton. Kisah itu pun telah dibaca puluhan ribu orang di Twitter.

Sementara dalam film, kisah horor KKN di Desa Penari bermula saat enam mahasiswa datang ke sebuah desa terpencil untuk melakukan program Kuliah Kerja Nyata (KKN). Sesampainya di desa yang ada di daerah Jawa Timur itu, para mahasiswa justru mendapatkan teror dari sosok penari misterius yang mengerikan.

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Ayah Bunda, Ini 5 Kiat Mendekorasi Kamar Bayi yang Tepat

BERIKUTNYA

Cek Daftar Gim Baru yang Bakal Segera Hadir di Xbox PC Game Pass

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: