Game Arma Reforger (Sumber gambar: Bohemia Interactive)

Bohemia Interactive Rilis Game Baru Arma Reforger & Umumkan Pengembangan Arma 4 

18 May 2022   |   22:24 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Pengembangan judul video gim Arma, yang merupakan seri permainan genre penembak orang pertama (first person shooter/FPS) dengan konsep militer taktis, terus berlanjut. Seri ini resmi kedatangan judul baru dan informasi penerus seri utamanya. 

Pengembang permainan Arma, Bohemia Interactive, resmi merilis judul gim terbaru dari seri ini yang berjudul Arma Reforger mulai hari ini. Gim ini menjadi entri pertama dari seri yang hadir ke platform konsol Xbox, dan komputer tentunya. 

Judul terbaru itu tersedia di platform Steam dan Xbox Game Preview dengan harga US$30 atau sekitar Rp441.000 (belum termasuk PPN di Indonesia). Gim ini digambarkan sebagai platform kreatif untuk menunjukkan kemampuan mesin Enfusion baru dari Bohemia. 

Baca juga:  Asyik, Game Fall Guys Bakal Bisa Dimainkan Gratis Mulai Juni 2022

Dari segi cerita, gim ini akan membawa kembali para pemain ke pulau fiksi bernama Everon dengan latar waktu 1980-an, yang merupakan periode waktu serupa dengan salah judul gim dari seri ini yakni Arma: Cold War Assault

Kendati begitu, Arma Reforger tentunya membawa perubahan peta yang cukup signifikan. Utamanya adalah dari segi grafik yang ditampilkan dengan lebih detail. Selain itu, gim anyar ini juga memiliki elemen lingkungan baru seperti danau, kolam, dan sungai. 

Bohemia Interactive membawa dua mode multipemain ke dalam judul barunya tersebut. Pertama, adalah mode Conflict yang merupakan pertempuran antar tim untuk merebut dan mempertahankan posisi faksi. 

Kedua,  adalah mode Game Master yang menerapkan skenario waktu nyata (real time). Ini memungkinkan pemain menciptakan situasi pertempuran untuk apa pun yang dapat mereka pikirkan dan menjadi ajang pertunjukan pengembang dengan kemampuan mesin Enfusion terbarunya. 

Tidak hanya itu, perusahaan juga meluncurkan platform dalam gim yang disebut Workshop, yang menjadi tempat bagi para pemain untuk berbagi konten kustom mereka sendiri. Melalui platform ini, pemain dapat menemukan dan mengunduh mod untuk Reforger yang berlaku untuk konsol dan komputer. 

Tak ketinggalan juga kehadiran perangkat lunak yang disebut Workbench untuk para pemain di komputer, yang memungkinkan mereka untuk menulis perilaku kecerdasan buatan tertentu melalui C# Script. Lewat peranti ini pemain juga bisa mengimpor kreasi seni mereka untuk dipakai di dalam gim. 
 
 


Arma 4 

Bersamaan dengan acara peluncuran gim Arma Reforger, Bohemia Interactive juga mulai membagikan bocoran seputar gim penerus dari seri utamanya yakni Arma 4. Belum ada informasi soal jadwal rilis, tapi studio telah menggoda para penggemar dengan sebuah cuplikan video (teaser)

Teaser bertajuk Road to Arma 4 itu hanya berdurasi 1 menit 51 detik dan tidak semuanya menampilkan trailer atau gameplay gim yang sedang dikembangkan. Justru, pengembang memperlihatkan perubahan dari generasi ke generasi seri Arma. 

Mulai dari Arma: Cold War Assault , Arma: Combat Operations, Arma 2, Arma 3, dan Arma Reforger terbaru. Gim-gim tersebut tentunya punya grafik berbeda untuk masing-masing judul, yang makin lama makin baik dan detail. 

Pengumuman gim terbaru pada periode yang masih sangat awal telah menjadi tren yang dilakukan oleh pengembang dan penerbit gim dalam beberapa tahun terakhir. Gamespot mencatat hal ini tidak hanya dilakukan oleh Bohemia untuk judul Arma 4

Beberapa perusahaan lainnya adalah Rockstar Games yang mengkonfirmasi judul gim populer berikutnya yakni GTA 6. Begitu juga dengan CD Projekt Red yang mengungkap judul gim The Witcher jauh lebih awal dari lini waktu yang ditetapkan. 
 



Editor : Dika Irawan

SEBELUMNYA

Waspada Penyakit Tidak Menular, Penyebab Tertinggi Kematian di Indonesia

BERIKUTNYA

Buat Camilan di Rumah, Yuk Coba Resep Roti Maryam Cokelat

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: