Ilustrasi konser (Unsplash/Nainoa Shizuru)

6 Konser dengan Penonton Terbanyak di Dunia, Ada yang Setara Jumlah Penduduk Kota Depok & Bekasi

16 May 2022   |   06:56 WIB
Image
Dika Irawan Asisten Konten Manajer Hypeabis.id

Bayangkan sebuah konser musik dihadiri oleh jutaan penonton memenuhi venue hingga membuat seluruh kota sepi ditinggal penduduknya untuk menyaksikan konser akbar. Konser musik berskala masif dengan jutaan penonton ini tentunya bukan isapan jempol belaka. 

Sejarah mencatat, sejumlah konser musik berhasil memecahkan rekor dunia. Hal itu karena konser-konser tersebut dihadiri oleh jutaan pengunjung atau penonton. Jumlah itu bila diestimasikan setara dengan angka penduduk di beberapa kota di Indonesia. 

Beberapa konser ini menghadirkan musisi dengan berbagai genre, mulai dari rock hingga musik elektronik. Namun, hal yang perlu digarisbawahi konser ini digelar secara gratis atau cuma-cuma.
 
Buat kalian yang penasaran, Hypeabis.id sudah himpun informasi tentang enam konser terbesar di dunia. 
 

6. Various artists - Live 8


Musisi: Various artists
Waktu: Juli 2, 2005
Perhelatan: Live 8
Lokasi: Philadelphia Museum of Art, Philadelphia, Amerika Serikat
Jumlah penonton: 1,5 juta

 
Live 8 adalah rangkaian konser amal untuk menyoroti masalah kemiskinan global pada 2 Juli 2005. Konser ini berlangsung di negara-negara G8 (Inggris Raya, Amerika Serikat, Kanada, Prancis, Jerman, Italia, Jepang, dan Rusia) dan Afrika Selatan. Konser ini dihelat mendahului ajang Konferensi Tingkat Tinggi G8 yang saat itu dilangsungkan di Skotlandia. 

Tidak seperti perhelatan musik pada umumnya, konser ini digelar secara gratis dan Di Philadelphia, AS, konser ini menyedot perhatian 1,5 juta orang pada acara yang digelar selama hampir 8 jam. Nama-nama musisi besar dunia tercatat hadir pada perhelatan tersebut. Di antaranya adalah Bon Jovi, Linkin Park, Def Leppard, Maroon 5, dan Stevie Wonder.
 

5. AC/DC, Pantera, Metallica, The Black Crowes, E.S.T. - Monsters of Rock


Musisi: AC/DC, Pantera, Metallica, The Black Crowes, E.S.T.
Waktu: September 28, 1991
Perhelatan: Monsters of Rock
Lokasi: Tushino Airfield, Moskow, Rusia
Jumlah penonton: 1,6 juta


Metallica, AC/DC, The Black Crowes, Pantera, dan EST turut mencatatkan nama mereka dalam sejarah runtuhnya Uni Soviet. Hal itu terjadi ketika gelaran festival musik rock dunia, Monsters of Rock digelar di Uni Soviet pada 1991. 

Konser ini digelar pada September, sebulan setelah gagalnya Kudeta Agustus (19-21 Agustus) di negara tersebut. Dilaporkan jutaan orang menikmati konser terbuka di lapangan terbang Tushino Airfield, Moskow. Kisah ini pun diangkat dalam film bertajuk For Those About to Rock: Monsters in Moscow. 

Festival Monster of Rock adalah festival musik cadas yang digelar sejak 1980 hingga sekarang. Debut konser ini terjadi di Castle Donington dengan line up band Rainbow, Judas Priest, Scorpions, Saxon dan banyak lagi. Sejumlah band rock besar pernah hadir dalam konser ini seperti AC/DC, Slayer, Guns N' Roses, Van Halen, Ozzy Osbourne, dan Def Leppard.

Baca juga: Kalian para Beliebers Mesti Tahu, Ini 5 Fakta Menarik Konser Justin Bieber di Jakarta
 

4. Jean-Michel Jarre - Paris La Défense – Une Ville En Concert


Musisi: Jean-Michel Jarre
Waktu: Juli 14, 1990
Perhelatan: Bastille Day
Lokasi: Distrik La Défense, Paris, Prancis
Jumlah penonton: 2,5 juta

 
Jean-Michel Jarre adalah musisi multitalenta. Dia merupakan seorang komposer, produser, dan juga performer (penampil). Dalam kancah musik dunia, dijuluki sebagai Godfather of Electronic Music. Ini tak lepas dari perannya sebagai pionir musik elektronik, yang terus berkembang sampai sekarang. 
 
Selain itu, Jarre masuk dalam catatan sejarah musik dunia karena konsernya di perayaan Hari Kemerdekaan Prancis pada 1990. Kala itu, Jarre menggelar konser gigantis di La Defense. Jarre mendesain panggung berbentuk piramida agar sesuai dengan arsitektur geometris tempat dia tampil dengan musisinya, ansambel Arab klasik, paduan suara, band drum baja, dan boneka penari raksasa dari berbagai jenis.
 
Konser ini dikolaborasikan dengan jutaan ton kembang api, juga laser dan lampu proyeksi. Selama lebih dari 2 jam, Jarre berhasil memukau 2,5 juta orang, atau hampir setara dengan jumlah penduduk Kota Depok pada 2020 sebesar 2,48 juta (Badan Pusat Statistik Provinsi Jabar).

Saat bersamaan, dia membuat kota Paris penuh dengan suara elektronik dan lautan cahaya. 


3. Jorge Ben Jor - New Year's Eve


Musisi: Jorge Ben Jor 
Waktu: 31 Desember 1993
Perhelatan: New Year's Eve
Lokasi: Copacabana Beach, Rio de Janeiro, Brasil
Jumlah penonton: 3 juta

 
Salah satu musisi terbaik yang dimiliki Negeri Samba adalah Jorge Duílio Lima Menezes. Dengan nama panggung Jorge Ben Jor, dia mengusung musik samba, funk, rock, dan bossa nova. Majalah Billboard menjulukinya sebagai Bapak Rock Samba, karena pendekatannya yang membuat musik Brasil terkenal. 

Jorge mempunyai sejumlah hits seperti Chove, Mas Que Nada, Ive Brussel, dan Balanca Pema. Lagu-lagu tersebut kemudian dibawakan ulang oleh beberapa musisi lainnya seperti Sergio Mendes, Miriam Makeba, Soulfly, dan Marisa Monte. 

Di tanah kelahirannya sendiri, Jorge Ben Jor menorehkan prestasi karena berhasil memecahkan rekor dunia 3 juta penonton pada konsernya di Pantai Copacabana. Angka tersebut hampir setara dengan jumlah penduduk di Jakarta Timur pada tahun lalu (Badan Pusat Statistik Provinsi DKI Jakarta).
 
Adapun, konser ini dihelat secara gratis untuk merayakan Malam Tahun Baru 1993/1994.

Baca juga: Catat Tanggalnya! THE BOYZ Bakal Konser di Jakarta Juli Ini
 

2. Rod Stewart - New Year's Eve


Musisi: Rod Stewart
Waktu: 31 Desember 1994
Lokasi: Copacabana Beach, Rio de Janeiro, Brasil
Perheletan: New Year's Eve
Jumlah penonton: 3,5 juta

 
Rod Stewart adalah salah satu nama penting dalam belantika musik dunia. Dikenal sebagai penyanyi pop dan British Rock, Stewart tercatat sebagai satu di antara sejumlah musisi terlaris sepanjang masa. 

Pada 1994, dia menciptakan sejarah dalam panggung musik global. Kala itu, konser gratisnya yang digelar di Pantai Copacabana, Brasil berhasil menyedot jutaan penonton. 

Otoritas setempat memperkirakan konser itu dihadiri oleh sekitar 3,5 juta orang. Konser yang digelar untuk menggenjot wisatawan di Rio itu tercatat masuk dalam buku rekor dunia The Guinness Book of Records.
 

1. Jean-Michel Jarre - The 850th Anniversary of Moscow


Musisi: Jean-Michel Jarre
Waktu: 6 September 1997
Perhelatan: The 850th Anniversary of Moscow
Lokasi : State University of Moscow, Moskow, Rusia
Jumlah penonton: lebih dari 3,5 juta

 
Dalam situs resmi biografinya dituliskan, ketika Jarre mengenalkan debut albumnya OXYGENE pada 1976, dia membuka sebuah lembaran baru dalam sejarah musik dunia. Hal ini karena dia dianggap sebagai pelopor musik elektronik, yang saat itu belum mencuat ke permukaan. 

Pada 1997, dia diundang untuk menggelar konser oleh Walikota Moskow saat itu Yuri Luzhkov guna merayakan ulang tahun kota tersebut. Konser itu pun memecahkan rekor dunia dengan jumlah kehadiran penonton mencapai lebih dari 3,5 juta penonton. Bila diestimasikan saat ini, jumlah tersebut hampir mencapai angka penduduk Bekasi pada 2020 sebesar 3,8 juta jiwa (BPS Provinsi Jawa Barat).

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Sistem Operasi Android 13 Bakal Punya Fitur Peringatan Gempa 

BERIKUTNYA

Ini Alasan Kenapa Kecerdasan Buatan Bisa Digunakan untuk Pengembangan Bisnis

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: