Smartphone Samsung Galaxy S21 Ultra (Sumber gambar: Unsplash/Anh Nhat)

Samsung Kembangkan Resolusi Kamera Smartphone hingga 200 Megapiksel

10 May 2022   |   10:53 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Teknologi kamera pada perangkat ponsel pintar berkembang dengan pesat dalam beberapa waktu terakhir. Salah satu hal yang paling terlihat adalah peningkatan angka pada resolusi kamera. Bila dulu kita sudah cukup puas dengan resolusi 12 megapiksel (MP), kini sudah banyak perangkat yang hadir dengan resolusi hingga 108MP. 

Hampir semua vendor smartphone saat ini memiliki ponsel yang memanfaatkan kamera dengan resolusi tertinggi di industri saat ini. Tak terkecuali raksasa Korea Selatan Samsung yang menggunakan fitur ini untuk sejumlah ponsel kategori premiumnya. 

Selama dua tahun terakhir, resolusi model kamera utama dari ponsel andalan Samsung Galaxy telah menyematkan kamera 108MP. Akan tetapi, Business Korea melaporkan bahwa perusahaan akan memperkenalkan kamera ponsel dengan resolusi hingga 200MP. 

[Baca juga: Begini hasil DXOMark Kamera Samsung S22 Ultra

Laporan itu menyebut, ada dua struktur perusahaan yang bertanggung jawab untuk pengembangan modul kamera yakni Samsung Electronics yang menyumbang sekitar 30 persen produksi dan Samsung Electro-Mechanics yang mengontrol sekitar 70 persen produk inti lensa kamera perusahaan. 

Kendati begitu menariknya, Samsung Electronics disebut-sebut adalah yang pertama mengembangkan modul 200MP untuk perangkat premium terbaru di masa mendatang. Menurut laporan, kemungkinan modul anyar itu akan hadir pada smartphone Samsung Galaxy S23 Ultra. 

Masih belum ada konfirmasi dari Samsung terkait hal ini. Akan tetapi, raksasa Korea Selatan itu dalam beberapa tahun terakhir memang agresif menghadirkan rangkaian inovasi untuk produk perangkat selulernya di pasaran. 

Ini tak terkecuali juga peningkatan sisi kamera yang dihadirkan perusahaan. Laporan Gadgets Now mencatat belum lama ini, Samsung diketahui menambahkan fitur kamera yang ada pada Galaxy S22 ke perangkat pendahulunya seperti Galaxy S20, Galaxy Note 20, dan Galaxy Z. 

Misalnya fitur potret malam yang ditingkatkan, yang memungkinkan pengguna menggunakan lensa telefoto dalam mode potret untuk fotografi pada malam hari. Begitu juga fitur pembingkaian otomatis yang ditingkatkan dan pembaruan efek panggilan video sudah hadir di lebih banyak perangkat. 

Editor : Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Waspadai Penyakit Lupus, Kenali Gejala & Penyebabnya

BERIKUTNYA

Selain Legend of the Condor Heroes, Ini Film-film yang Pernah Dibintangi Kenneth Tsang

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: