Menyantap makanan yang berlebihan bisa meningkatkan berat badan (Sumber gambar: Maksim Goncharenok/Pexels)

5 Kiat Menjaga Berat Badan setelah Lebaran

07 May 2022   |   14:57 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Berbagai hidangan lezat biasanya disajikan saat momen Lebaran, mulai dari makanan khas sampai camilan dan kue kering. Sayangnya berbagai sajian menarik yang ditawarkan kerap membuat banyak orang lupa diri sehingga makan berlebihan.

Makanan lezat yang memiliki citarasa manis dan mengandung santan menjadi makanan yang identik dengan sajian khas lebaran. Selain itu, suasana Lebaran yang begitu menyenangkan kerap membuat sebagian orang lupa diri sehingga mengonsumsi berbagai makanan berlebihan.

Jika tidak menjaga pola makan dengan baik, bukan tidak mungkin kamu justru akan mengalami kenaikan berat badan setelah Lebaran. Untuk menghindarinya, berikut adalah cara menjaga berat badan setelah Lebaran.


1. Terapkan pola makan teratur

Baik saat Lebaran atau tidak, sebaiknya jalani pola makan yang teratur. Tetaplah makan di jam makan seperti biasanya. Jika kalian ingin mengonsumsi camilan, sebaiknya pastikan tidak terlalu banyak mengonsumsinya.

Begitupun setelah Lebaran, tetaplah menjalani pola makan yang teratur. Jangan melewati waktu sarapan untuk menjaga berat badan tetap terkontrol. Melewati waktu sarapan tidak akan membantu kamu untuk menurunkan berat badan, karena justru membuat merasa lapar lebih cepat sehingga sulit mengontrol porsi saat makan siang.


2. Perbanyak asupan buah

Selain menghidangkan berbagai makanan lezat dan camilan, jangan lupa untuk selalu menyiapkan buah di rumah. Selain menyegarkan, buah juga bisa menjadi camilan sehat untuk dikonsumsi bersama keluarga sehingga kamu bisa menjaga berat badan dengan lebih mudah. 

Pasalnya, buah memiliki kandungan serat tinggi yang bisa membantu kamu merasa kenyang lebih lama sehingga keinginan mengonsumsi camilan akan berkurang. Kamu bisa menyajikan buah kurma, pisang, apel, melon, atau jeruk sebagai camilan sehat ketika berkumpul dengan keluarga.
 

Perbanyak makan buah adalah salah satu cara menjaga berat badan setelah Lebaran (Sumber gambar: Ketut Subiyanto/Pexels)

Perbanyak makan buah adalah salah satu cara menjaga berat badan setelah Lebaran (Sumber gambar: Ketut Subiyanto/Pexels)

3. Kontrol porsi makan

Berbagai sajian makanan lezat memang menjadi ciri khas Lebaran, tetapi sebaiknya perhatikan jumlah makanan yang kalian konsumsi. Jika ingin mencoba semua makanan yang tersaji, sebaiknya ambil porsi kecil untuk setiap makanan. Jangan lupa untuk memperbanyak porsi sayur yang disediakan agar berat badan tetap terkontrol dengan baik.

(Baca juga: Awas Kalap Makan saat Lebaran, Simak Kiat Jaga Berat Badan Tetap Ideal)


4. Penuhi kebutuhan cairan

Selama berkumpul dengan keluarga di momen Lebaran, sebaiknya jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan mengonsumsi air putih. Kebutuhan cairan yang terpenuhi dengan baik membuat kamu terhindar dari kondisi dehidrasi.

Saat cairan terpenuhi tubuh dapat membakar kalori dengan lebih baik. Selain itu, ketika tubuh terhidrasi dengan baik kalian bisa menekan nafsu makan sehingga lebih mudah mengontrol berat badan.


5. Perbanyak aktivitas fisik

Saat Lebaran, sebaiknya perbanyak aktivitas fisik di dalam rumah, seperti membersihkan area makan, mencuci piring, atau mengajak keluarga bermain di halaman depan. Setelah Lebaran selesai, jangan lupa untuk kembali berolahraga agar kesehatan tetap dalam kondisi yang baik. 

Genhype juga bisa melakukan berbagai jenis olahraga dengan intensitas ringan hingga sedang, seperti berjalan kaki, lari, bersepeda, berenang, yoga, hingga melakukan kardio.


Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Hadapi Puncak Arus Balik, Ketahui Penyebab Anak Rewel & Cara Mengatasinya

BERIKUTNYA

Siapa Saja Pemilik Baru Chelsea? Simak Profilnya Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: