Ilustrasi mudik memanfaatkan cuti Lebaran. (Sumber gambar: Freepik/Lifestyleproperty)

Hampir Sepekan, Cek Jadwal Terbaru Cuti Lebaran 2023

29 March 2023   |   21:16 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Hari Raya Idulfitri menjadi momen yang pas untuk silaturahmi hingga liburan bersama keluarga. Oleh karena itu, tidak jarang masyarakat muslim terutama yang merantau ke Jakarta, mengambil cuti agar dapat mengunjungi keluarga dan sanak saudara dalam waktu yang lebih lama. 

Kendati demikian, untuk tahun ini kalian tidak perlu meminta izin cuti panjang ke kantor. Pasalnya, pemerintah telah menerapkan cuti bersama Lebaran selama sepekan. Hal tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Bersama Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, serta Menteri Pendayagunaan Apaatur Negara dan Reformasi Birokrasi yang diteken hari ini, Rabu, 29 Maret 2023.

Baca juga: Moms, Simak 4 Tips Nyaman Mudik Lebaran Bersama Si Kecil

Surat tersebut berisi tentang revisi penetapan Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama pada 2023. Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy mengatakan Presiden Joko Widodo meminta agar libur cuti bersama pada 21,24,25,26 April 2023, diubah menjadi 19,20,21,24,25 April 2023. 

“Dalam hal ini, cuti bersama digeser maju dan ditambahkan satu hari libur cuti bersama pada tanggal 19 April 2023," ujar Muhadjir dalam keterangan persnya, dikutip Hypeabis.id, Rabu (29/3/2023).

Muhadjir menjelaskan, pertimbangan menggeser tanggal cuti bersama dan menambah satu hari libur, untuk memberi kesempatan masyarakat mengambil cuti lebih awal, sehingga dapat menghindarkan penumpukan massa pada puncak arus mudik. Dia menyebut puncak arus mudik waktunya diperkirakan bersamaan dengan perayaan Idul Fitri 2023 yakni 21 April 2023. 

Berdasarkan survei yang dilakukan Kementerian Perhubungan, diperkirakan sekitar 123 juta masyarakat akan melakukan mudik pada tahun ini. “Ini mengalami kenaikan drastis dari tahun lalu," sebutnya.

Muhadjir mengimbau masyarakat agar memanfaatkan penambahan cuti bersama ini dengan membuat perencanaan mudik lebaran sejak jauh hari dan secara matang. Hal ini semata-mata agar bisa terhindar dari kemacetan dan ketidaknyamanan selama di perjalanan.

Baca juga: Tips Mudik Lebaran Aman dan Nyaman, Pentingnya Pilih Moda Transportasi yang Tepat

Sementara itu, dia menjelaskan sejauh ini tidak ada edaran khusus yang berkaitan dengan protokol kesehatan Covid-19 selama perayaan libur Lebaran. Kendati demikian, masyarakat diminta untuk tetap menaati protokol kesehatan yang sudah disyaratkan secara umum, demi menjaga keamanan dan kenyamanan serta mengantisipasi penularan virus Covid-19.

"Semoga mudik tahun ini merupakan mudik yang menyenangkan dan mengesankan," harap Muhadjir. 

Ya, jumlah cuti Lebaran yang ditetapkan pemerintah ini bisa membantu kamu untuk menghabiskan libur bersama orang terkasih lebih lama. Terutama para perantau yang butuh waktu setahun dulu untuk kembali ke rumah. 

SEBELUMNYA

Keren, Bahasa Indonesia akan Diajarkan di Harvard University

BERIKUTNYA

Yuk Ajari Anak Berpuasa Sedini Mungkin, Begini Kiat-Kiat dari Psikolog

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: