Ilustrasi wahana permainan di taman hiburan. (Sumber gambar: Unsplash)

Simak 8 Tip Bermain Aman & Nyaman di Taman Hiburan

08 May 2022   |   13:56 WIB

5. Tentukan titik pertemuan

Biasanya, orang-orang yang datang bersama saat bermain di taman permainan akan memilih untuk berpencar karena setiap orang memiliki keinginan untuk bermain berbagai macam wahana. Karena itulah, penentuan titik pertemuan harus dilakukan sejak awal atau seiring dengan perjalanan permainan.

Selain memudahkan Genhype untuk menitipkan tas-tas atau barang-barang, titik pertemuan bisa jadi titik awal untuk merencanakan kegiatan selanjutnya seperti makan, minum, hingga mengajarkan tanggung jawab dan kemandirian.

6. Berikan kabar saat ingin bermain wahana

Ketika berpencar, pastikan komunikasikan kepada orang-orang yang datang bersama Genhype ketika berpindah dari satu wahana ke wahana lain atau berpindah lokasi. Tujuannya adalah untuk memudahkan pencarian jika ada urusan genting atau saat melakukan pelaporan ke pusat informasi di taman hiburan.

Hal lain yang perlu dicatat adalah pastikan Genhype mengetahui denah taman bermain untuk memudahkan mengingat jalan saat merasa hilang atau lupa. 

7. Jangan biarkan anak-anak pergi tanpa pengawasan orang tua

Hal yang tidak kalah penting saat bermain di wahana permainan adalah tidak meninggalkan anak-anak tanpa pengawasan orang tua. Alasannya adalah karena risiko kehilangan dan kecelakaan yang bisa terjadi pada si kecil kapan saja dan di mana saja.

Pendampingan pada anak bisa dilakukan dengan memastikan kabar si kecil hingga mengamatinya bermain. Opsi lain yang bisa diikuti adalah menemaninya bermain jika si kecil ingin bermain di wahana yang membutuhkan pengawasan orang dewasa.

8. Ajarkan anak tentang keamanan

Anak-anak ternyata juga harus mengetahui tentang keamanan yang ahrus dilakukan saat mereka bermain di wahana permainan. Ini bisa dilakukan dengan memberikan reminder atau pengingat tentang memastikan tangan dan kaki tetap berada di dalam wahana atau menghindari si kecil melaukukan tindakan tertentu seperti mengeluarkan tangan dari wahana.

Tidak hanya itu, aspek lain yang juga harus diajarkan adalah mengenalkan titik pertemuan, denah taman hiburan, hingga ciri-ciri karyawan dan petugas keamanan yang bisa didatangi andaikan si kecil membutuhkan bantuan dari orang dewasa (mis. informasi dan jalan di taman hiburan).

Ada pun hal lain yang juga tidak kalah penting adalah mengenalkan tindakan pencegahan saat bermain di wahana air, misalnya mengetahui cara menahan nafas, respons saat tenggelam di kolam, tindakan saat berada di kolam berombak, dan pencegahan penyakit akibat telanan air kolam.
1
2


SEBELUMNYA

Asyik, Proyek Spinoff Film Crazy Rich Asians Akan Segera Produksi

BERIKUTNYA

Bunda, Begini Kiat Mengelola THR Anak

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: