Ilustrasi wahana permainan di taman hiburan. (Sumber gambar: Unsplash)

Simak 8 Tip Bermain Aman & Nyaman di Taman Hiburan

08 May 2022   |   13:56 WIB

Genhype, Insiden kecelakaan saat bermain di taman hiburan, baik dengan wahana mesin maupun air, telah banyak terjadi di seluruh dunia. Beberapa dari kasus ini umumnya berisiko menyebabkan adanya cedera, trauma, hingga kematian sehingga perlu adanya perhatian tinggi dari pihak manajemen maupun pengunjung.

Meski penyelenggara taman hiburan tekah memiliki serangkaian kebijakan atau regulasi serta imbauan tegas yang telah disesuaikan dengan kondisi taman bermain, ada kalanya pengunjung dari berbagai kalangan baik anak-anak maupun orang dewasa harus mengetahui tindakan keamanan yang perlu dilakukan agar tercipta ruang publik yang aman dan nyaman.

Untuk itu, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan agar anak-anak dan orang dewasa bisa bermain dengan aman dan nyaman di taman hiburan.


1. Ikuti semua petunjuk keamanan

Kunci utama dari keamanan saat bermain di wahana taman hiburan adalah membaca semua dan setiap petunjuk keaamanan dengan seksama. Hal ini meliputi aturan hingga anjuran keamanan saat bermain yang telah dibuat pihak pengelola taman bermain.

Umumnya, petunjuk ini bisa ditemukan pada pintu masuk taman bermain dan setiap wahana permainan dengan merincikan syarat peserta yang akan bermain wahana hingga adanya tanda-tanda yang tidak diperbolehkan seperti tanda larangan memanjat pagar hingga pintu masuk khusus karyawan.

2. Dengarkan instruksi operator wahana

Kunci lain dari keamanan saat bermain adalah instruksi yang dijelaskan oleh operator wahana. Meski operator seringkali bertugas mencairkan suasana, dia jugalah orang yang bertanggung jawab pada operasional wahana yang ditugaskan dan memastikan semua pengunjung aman dan nyaman saat bermain.

Instruksi operator juga dinilai membantu apabila ada aturan atau anjuran yang kurang jelas atau belum tertulis pada petunjuk keamanan di wahana. Biasanya, instruksi ini meliputi cara mengamankan perangkat keamanan (mis. sabuk pengaman dan ban pengaman) hingga memastikan jalannya wahana setiap waktu.

3. Perhatikan anjuran peserta dengan seksama

Setiap wahana memiliki anjuran yang rinci tentang peserta seperti apa yang diizinkan untuk menaikki sebuah wahana permainan, beberapa di antaranya adalah anjuran tinggi dan berat badan yang seringkali disebutkan secara rinci. Anjuran ini sangat disarankan untuk harus dipatuhi.

Hal ini disebabkan karena adanya alasan keamanan dan infrastruktur wahana yang membuat pentingnya memperhatikan kriteria peserta agar tidak terjadi beberapa risiko pada pengunjung, misalnya kecelakaan akibat kelebihan muatan hingga adanya malfungsi pada wahana.

3. Amati kondisi dan situasi di wahana

Meski aspek ini tidak terlalu diperhatikan oleh pengunjung, memperhatikan kondisi dan situasi di dalam sebuah wahana permainan taman hiburan ternyata juga bisa membantu mencegah tingginya risiko kecelakaan. Observasi ini meliputi kondisi wahana hingga kepadatan sebuah wahana.

Tidak hanya itu, observasi ini juga termasuk memperhatikan jalur wahana, apakah ada naik dan turun, belokan dan tikungan, hingga cekungan yang bisa berpotensi pada kondisi pengunjung saat menggunakannya. 

4. Jangan gunakan ponsel saat berada di wahana permainan

Ponsel dan gawai menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari, termasuk saat menikmati wahana. Akan tetapi, penggunaan ponsel dan gawai disarankan untuk tidak digunakan saat bermain di wahana permainan karena bisa berisiko pada kerusakan akibat kecelakaan (mis. jatuh karena ditaruh di kantong atau tidak dipegang dengan baik).

Jika ingin menangkap momen, mintalah bantuan kepada keluarga atau teman yang datang bersama dengan Genhype dari jarak yang aman dari wahana yang sedang berjalan. Namun, penggunaan ponsel di taman hiburan tetap bermanfaat untuk komunikasi saat berjalan-jalan atau berpencar di kawasan taman hiburan.



Editor: Roni Yunianto 
 
1
2


SEBELUMNYA

Asyik, Proyek Spinoff Film Crazy Rich Asians Akan Segera Produksi

BERIKUTNYA

Bunda, Begini Kiat Mengelola THR Anak

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: