Cuplikan adegan drama Shooting Stars (Sumber gambar: tvN)

Drama Korea 'Shooting Stars' Tuai Kritik di Dua Episode Perdana, Kenapa?

30 April 2022   |   09:00 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Genhype, dua episode perdana drama Korea Selatan Shooting Stars telah tayang pada minggu yang lalu. Namun, drama yang dibintangi Kim Young-dae dan Lee Sung-kyung ini menuai kritik dari banyak pihak akibat beberapa adegan yang ditampilkan.

Shooting Stars sendiri mengisahkan hubungan romantis antara Gong Tae-sung dan Oh Han-byul yang terjalin di balik industri hiburan Korea Selatan. Gong Tae-sung adalah aktor yang dikenal dengan kepribadian baik di depan publik, namun di belakang layar dia adalah sosok yang tempramental.

Di tengah intrik dan hubungan pekerjaan yang intens dengan Oh Han-byul, pimpinan tim Public Relations sebuah perusahaan agensi artis, Tae-sung justru terjebak dalam love-hate relationship dengan sosok Han-byul.

Stereotipe tentang Afrika

Pada satu adegan pada episode pertamanya yang menampilkan Han-byul mengangkat telepon di tengah-tengah wawancara, dia ditanya mengenai keberadaan Tae-sung. Han-byul pun menjelaskan bahwa sang aktor sedang berada di luar negeri dan melakukan pekerjaan sukarela.

“Saya tidak yakin apa yang dia [Tae-sung] lakukan. Dia menjadi sukarelawan di Afrika. Jadi, dia mungkin bekerja keras menggali sumur,” kata Han-byul.
 

f

Gong Tae-sung dengan salah satu penduduk Afrika (Sumber gambar: tvN)

Kalimat tersebut mungkin dimaksudkan untuk menggambarkan karakter Tae-sung secara positif. Namun, pemirsa menganggap kalimat tersebut ofensif atau menyinggung. Melalui media sosial, para warganet ramai-ramai menyuarakan kekecewaan dan kritikan mereka terhadap adegan tersebut.

Mereka juga menyebut drama Korea tersebut menggambarkan Afrika sebagai suatu negara daripada benua dan menggambarkan pemeran utama prianya, Tae-sung, dengan image “penyelamat dari kulit putih” yang datang untuk membantu membawa air. Ini seolah-olah memberitahukan bahwa Afrika belum memiliki akses air. 

Pemirsa juga menyoroti penerapan “yellow filter” atau filter kuning untuk adegan flashback Tae-sung saat berada di Afrika. Teknik ini sering digunakan dalam film-film Hollywood ketika menggambarkan tempat-tempat asing sebagai tempat-tempat kurang beruntung ‘berbahaya dan terbelakang.

(Baca juga: Drakor Shooting Star Ungkap Realita di Balik Layar Industri Hiburan)

Tampilkan adegan pelecehan seksual

Episode kedua Shooting Stars pun kembali menuai kecaman keras setelah menampilkan adegan pelecehan seksual sebagai lelucon. Dalam episode itu, Tae-sung menyadari kesalahan dalam penulisan artikel oleh Han-byul.

Tae-sung sangat marah sampai masuk ke kamar mandi wanita untuk mengejar Han-byul yang bersembunyi di balik bilik. Dia hampir melepas celananya di depan Han-byul dan rekan-rekan kerjanya hanya untuk membuktikan bahwa dia tidak impoten.

Bagian terburuknya, adegan tersebut justru ditampilkan untuk menjadi lelucon dan ditertawakan. Hingga kini, Shooting Stars pun menjadi perbincangan hangat di jagat Twitter. Tak sedikit penonton yang mengecam penggambaran rasis Afrika dan adegan pelecehan seksual tersebut.
 
 
 




 
Editor: Roni Yunianto
 

SEBELUMNYA

Lakukan Ini agar Mesin Mobil Tidak Overheat

BERIKUTNYA

Salam Tempel hingga Baju Baru, Ini 8 Tradisi Lebaran di Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: