Lebaran tinggal menghitung hari (Sumber gambar: Rodnae Productions/Pexels)

Salam Tempel hingga Baju Baru, Ini 8 Tradisi Lebaran di Indonesia

30 April 2022   |   10:00 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Lebaran tinggal menghitung hari. Setelah berpuasa selama sebulan penuh, seluruh umat Muslim di dunia akan merayakan kemenangan di Hari Raya Idulfitri. Setiap negara tentu memiliki berbagai tradisi yang biasanya dilakukan saat Lebaran, tak terkecuali di Indonesia.

Beberapa tradisi seperti makan hidangan khas, bagi-bagi tunjangan hari raya (THR) hingga halal bi halal menjadi momen yang dinantikan saat Lebaran. Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah 9 tradisi yang hanya bisa kalian temukan saat perayaan Lebaran di Tanah Air.


1. Ketupat

Hampir setiap negara memiliki makanan khas Idulfitri yang biasanya hanya akan disantap saat Lebaran. Di Indonesia, perayaan Lebaran identik dengan panganan ketupat. Sama seperti lontong, ketupat adalah nasi yang dibungkus menggunakan daun kelapa muda. Hampir setiap rumah biasanya menyajikan hidangan khas ini lengkap dengan berbagai lauk pendamping  seperti opor, rendang dan sambal goreng.


2. Salam tempel

Tradisi Lebaran di Indonesia yang unik selanjutnya adalah tradisi "salam tempel", dimana anggota keluarga yang telah dewasa dan berpenghasilan akan membagi-bagikan amplop berisikan tunjangan hari raya (THR) kepada anak-anak kecil. Tak heran jika tradisi Lebaran satu ini adalah yang paling ditunggu oleh anak-anak.


3. Baju baru

Entah sejak kapan tepatnya tradisi satu ini ada, tetapi nyatanya membeli baju baru masih dilakukan banyak orang saat menjelang Lebaran. Bahkan, biasanya baju baru sudah disiapkan jauh-jauh hari saat masih bulan Ramadan. Momen ini pun kerap dimanfaatkan oleh para pedagang untuk menjual koleksi terbaiknya.


4. Parsel Lebaran

Parsel Lebaran juga menjadi salah satu tradisi Lebran yang cukup populer di Indonesia, di mana orang-orang akan membagikan bingkisan kepada sanak-saudara atau kerabat. Isi dari parsel yang diberikan umumnya berupa minuman dan makanan ringan khas Lebaran. Namun tak jarang pula orang yang berkreasi dengan parsel yang berisi barang-barang lainnya seperti mukena, aromaterapi dan jilbab.

(Baca juga: 4 Fakta Menarik tentang Tradisi Baju Baru saat Lebaran)
 

Berbagi parcel jadi salah satu tradisi Lebaran di Indonesia

Berbagi parcel jadi salah satu tradisi Lebaran di Indonesia (Sumber gambar: Rodnae Productions/Pexels)


5. Takbiran

Takbiran adalah tradisi Lebaran di Indonesia selanjutnya yang berlangsung pada malam hari menjelang hari Lebaran dimana orang-orang akan berkeliling mengumandangkan takbir sembari menabuh bedug dengan meriah. Pawai takbiran ini bisa berbeda-beda dilakukan di setiap daerah tergantung tradisi di daerah tersebut.


6. Ziarah atau nyekar

Melakukan ziarah kubur atau nyekar ke makam keluarga dan leluhur adalah salah satu tradisi Lebaran yang juga kerap dilakukan masyarakat Indonesia di hari Lebaran. Umumnya ziarah kubur atau nyekar ini dilakukan sehari sebelum Lebaran atau di pagi hari pertama Lebaran.


7. Halalbihalal

Hari Raya Lebaran di Indonesia juga identik dengan kegiatan silaturahim sehingga tak heran jika Halalbihalal menjadi salah satu tradisi yang dilakukan oleh semua masyarakat yang merayakan Idulfitri.

Biasanya, hari pertama Lebaran akan dijadikan momen untuk mengunjungi keluarga, sahabat, maupun tetangga untuk bersilahturahim dan mengucapkan maaf satu sama lain. Tradisi inilah yang dikenal sebagai Halalbihalal.


8. Mudik

Tradisi Lebaran di Indonesia selanjutnya adalah mudik atau pulang ke kampung halaman untuk bersilaturahim dengan keluarga dan sanak saudara. Mudik biasanya dilakukan oleh para pekerja yang merantau di kota-kota besar seperti Jakarta. Tahun ini pun menjadi angin segar bagi masyarakat karena setelah dua tahun dilarang, akhirnya pemerintah mengizinkan masyarakat untuk mudik. 



Editor: Roni Yunianto
 

SEBELUMNYA

Drama Korea 'Shooting Stars' Tuai Kritik di Dua Episode Perdana, Kenapa?

BERIKUTNYA

Ini Dia 4 Alasan Kenapa Drakor 'Our Blues' Wajib Kalian Tonton

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: