Penting untuk memastikan rumah aman saat mudik (Sumber gambar: Photomix Company/Pexels)

Biar Mudik Tenang, Lakukan 12 Tip Ini sebelum Meninggalkan Rumah

29 April 2022   |   14:07 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Tidak seperti tahun sebelumnya, pada libur Lebaran tahun ini pemerintah telah memperbolehkan masyarakat untuk mudik. Menjadi tradisi tiap menjelang Lebaran, mudik merupakan kegiatan untuk berkumpul kembali bersama keluarga besar di kampung halaman.

Umumnya, mudik berlaku bagi mereka yang tinggal dan bekerja di kota-kota besar seperti Jakarta. Mudik tahun ini tentunya disambut dengan antusiasme yang besar dari masyarakat, setelah dua tahun tidak bisa ke kampung halaman.

Selain mempersiapkan berbagai keperluan mudik dan oleh-oleh untuk keluarga di kampung halaman, kalian juga harus memastikan bahwa rumah tetap aman selama ditinggal mudik. Supaya kamu bisa mudik dengan tenang, berikut adalah 12 hal yang harus dilakukan sebelum meninggalkan rumah.


1. Kunci semua pintu dan jendela

Tips pertama yang wajib kamu lakukan ketika mudik adalah mengunci pintu dan semua jendela yang ada di rumah. Jika perlu, kamu bisa menambahkan gembok untuk beberapa ruangan penting.

Dengan memastikan semua pintu dan jendela sudah terkunci, maka kejadian tak diinginkan seperti masuknya pencuri dapat dicegah. Jangan lupa juga untuk membawa semua kunci berharga yang kamu miliki, seperti kunci rumah ataupun kendaraan yang ditinggal di rumah.


2. Matikan aliran listrik, gas dan air

Hal selanjutnya yang perlu kamu lakukan baik ketika keluar rumah dalam jangka waktu lama atau mudik sekalipun adalah mematikan beberapa aliran listrik, gas, dan air. Mematikan aliran listrik dengan mencabut kabel dari stop kontak bisa menghindari resiko terjadinya kebakaran akibat korsleting listrik.

Selain itu, jangan lupa juga untuk mencabut selang regulator pada tabung gas agar menghindari kebocoran. Terakhir, pastikan juga aliran air telah mati agar tagihan sepulang mudik tidak membengkak.


3. Amankan barang berharga

Tip aman meninggalkan rumah saat mudik selanjutnya adalah menyimpan barang berharga di tempat khusus seperti brankas atau safety box.  Meninggalkan rumah dengan beberapa barang berharga seperti perhiasan, uang tunai, hingga surat berharga memang perlu perlindungan ganda. Apalagi jika barang-barang tersebut tidak memungkinkan untuk dibawa saat mudik.


4. Kosongkan penampungan air

Hal yang juga harus kamu lakukan adalah  mengosongkan tempat penampungan air. Hal ini dilakukan untuk menghindari sumber air menjadi sarang nyamuk demam berdarah serta sumber penyakit bagi anggota keluarga saat sepulang dari dari mudik.


5. Tutup lubang pembuangan

Untuk mengurangi munculnya beberapa hewan dan serangga pengganggu di rumahmu selama ditinggal mudik, kalian juga perlu menutup lubang-lubang pembuangan di rumah. Misalnya, menutup saluran kamar mandi, tempat cuci piring, dan beberapa saluran air lainnya. Hal ini dilakukan untuk mencegah masuknya beberapa hewan seperti kecoa, tikus hingga ular yang tak jarang muncul ketika rumah ditinggalkan terlalu lama.


6. Pasang lampu otomatis

Tip meninggalkan rumah saat mudik satu ini hanya sekedar opsi. Mengingat kamu tidak akan mungkin mengatur mode lampu mati atau nyala di waktu tertentu, maka lampu otomatis bakal sangat membantumu.

Biasanya, lampu otomatis bisa mendeteksi pencahayaan kapan harus mati dan menyala, sehingga keadaan rumah yang kosong tidak akan kentara dari luar. Pasang lampu otomatis di beberapa tempat seperti lampu teras rumah, ruang tengah, ataupun kamar yang terlihat dari arah luar.
1
2


SEBELUMNYA

Yuk Rayakan Lebaran dengan Sajian Ketupat Sayur Babanci

BERIKUTNYA

Bunda, Simak Kiat Menenangkan Anak Rewel Saat Mudik

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: