Java Jazz Festival 2020 (Sumber gambar: Java Jazz Festival Official Instagram)

Catat! Begini Penerapan Protokol Kesehatan di Java Jazz Festival 2022

24 April 2022   |   10:17 WIB

Pergelaran musik Jakarta International BNI Java Jazz Festival 2022 akan dihelat. Berbeda dengan pertunjukan-pertunjukan sebelumnya, tahun ini Java Jazz Festival akan digelar dalam kondisi pandemi, sehingga tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat selama pertunjukan. 

Untuk menikmati konser tahunan itu, semua pengunjung akan diminta untuk menunjukkan bukti lengkap dosis utama dan booster vaksin Covid-19, termasuk bukti hasil tes antigen Covid-19 negatif yang diperoleh 1x24 jam sebelum acara.

Bukti vaksin dan booster Covid-19 dosis utama yang telah selesai diperlukan untuk pengunjung berusia 18 tahun ke atas, sedangkan bukti dosis primer Covid-19 yang lengkap dan hasil tes Covid-19 negatif diperlukan untuk pengunjung berusia 12-17 tahun.

Selain itu, pengunjung juga diwajibkan untuk scan aplikasi PeduliLindungi untuk memverifikasi status vaksinasi pengunjung dan hasil tes Covid-19 negatif sebelum membeli tiket dan menghadiri festival.

Adapun, di semua area acaram pengunjung juga diwajibkan mengenakan masker KN95, N95 atau double mask, serta mencuci atau mensanitasi tangan secara teratur dengan fasilitas yang telah disediakan di seluruh area festival.

(Baca juga: Siap Digelar Mei, Cek Deretan Line-up Kedua Java Jazz Festival 2022)
 

Direktur Utama Java Festival Production, Dewi Gontha, mengatakan bahwa proses sortir pengunjung telah dimulai sebelum mereka membeli tiket. Untuk pengunjung berusia mulai 18 tahun ke atas yang belum melakukan vaksin booster Covid-19, kata Dewi, otomatis tidak bisa membeli tiket.

“Kalau dulu kan temen-temen bisa satu orang membeli empat tiket, kalau sekarang enggak bisa, semua nama pembelinya harus masuk kayak kita beli tiket pesawat. Itu baru buat kita,” katanya saat konferensi pers di Jakarta, baru-baru ini.

Dewi pun menerangkan bahwa para pengunjung festival masih diizinkan untuk menikmati pertunjukan seperti biasa baik itu duduk maupun berdiri. Bedanya, tahun ini kapasitas pengunjung menyesuaikan dengan aturan yang dianjurkan pemerintah.

(Baca juga: Tampil di Special Show, Ini Alasan Java Jazz Festival 2022 Hadirkan PJ Morton)

Tahun ini, pihak Java Festival Production pun meniadakan pembelian tiket 3 day pass karena alasan protokol kesehatan Covid-19. Jenis tiket ini merupakan tiket untuk memasuki festival selama 3 hari berturut-turut. 

“Karena terkait dengan aturan, karena tiap hari harus antigen. Kami juga untuk mengakomodir keperluan kami banyak sistem yang harus diubah, sehingga kalau mereka dites per hari begitu, takutnya kami yang enggak mampu sehingga kami bikin harian,” imbuh Dewi.

Java Jazz Festival 2022 akan digelar secara offline  pada 27 sampai 29 Mei 2022 di Jiexpo Kemayoran, Jakarta. Pihak Java Festival Production pun telah mengumumkan deretan line-up pertama dan kedua dari Java Jazz Festival 2022.

Sederet musisi mancanegara yang akan tampil selain PJ Morton yakni Alex Porat, Emma-Jean Thackray, Gabe Bondoc, Dirty Loops, Gilad Hekselman, dan Jakob Ogawa. Adapun, untuk musisi-musisi lokal yang akan tampil di antaranya Afgan, Danilla, RAN, Yura Yunita, Adhitia Sofyan, Dewa Budjana, Endah N Rhesa dan Nadin Amizah.


Editor: Gita Carla
 
SEBELUMNYA

Debut Sutradara Film Gara-Gara Warisan, Acho Sempat Grogi Sutradarai Aktor Senior

BERIKUTNYA

Mau ke Tebet Eco Park? Yuk Perhatikan Hal Ini Dahulu

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: