Photoshop merupakan salah satu aplikasi paling populer untuk pengeditan gambar (Sumber gambar: Pexels/Caio)

Cek Kelebihan & Kekurangan Aplikasi Photoshop

18 April 2022   |   12:58 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Bagi para insan kreatif, khususnya yang dekat dengan kerja-kerja desain grafis, perangkat lunak Photoshop sudah barang tentu tidak asing lagi. Aplikasi tersebut sangat populer untuk mengedit gambar dan mengkreasikan berbagai desain visual sedemikian rupa. 

Photoshop juga sangat direkomendasikan untuk para pelaku seni digital seperti lukisan, animasi, atau desain grafis format digital lainnya dengan ragam fitur yang ditawarkan, yang memungkinkan pengguna berkreasi sebebas-bebasnya. 

Kendati begitu, aplikasi Photoshop memiliki kelebihan dan kekurangan. Dirangkum Hypeabis.id, berikut ini adalah beberapa di antaranya:

Baca juga5 Tip Bikin Foto Instagramable saat Liburan


Kelebihan aplikasi Photoshop


1. Aplikasi edit foto dan grafis paling canggih 

Tak bisa dipungkiri bahwa Photoshop merupakan salah satu program pengeditan paling canggih yang tersedia saat ini. Mulai dari praktik sederhana hingga operasional yang paling kompleks, bisa dilakukan menggunakan aplikasi ini melalui berbagai fitur yang ditawarkan. 
 

2. Mudah diakses di berbagai platform 

Saat ini, Adobe Photoshop tersedia di berbagai platform mulai dari Windows dan MacOS atau komputer, hingga Android dan iOS atau perangkat seluler. Kendati begitu, perlu dicatat bahwa akan ada beberapa perbedaan antarmuka dan fitur yang dihadirkan untuk platform yang berbeda. 
 

3. Kompatibilitas berbagai format gambar 

Aplikasi Photoshop juga memungkinkan para penggunanya untuk mengedit gambar dari berbagai format yang ada saat ini. Pun, jika format tertentu belum bisa dipakai, biasanya tersedia plugin yang akan menambahkan format sehingga pengguna tetap bisa memakainya. 
 

4. Dapat dioperasikan dengan output perangkat lunak lain 

Selain kompatibel dengan banyak format, Photoshop juga sesuai dengan output dari banyak aplikasi lanjutan karena adopsi penggunaannya yang sudah sangat luas. Ini akan sangat membantu para pengguna untuk tidak mengubah format sehingga bisa menghemat waktu. 
 

Kekurangan aplikasi Photoshop 


1. Biaya yang tidak murah 

Aplikasi Photoshop memiliki biaya langganan yang tidak murah, yang memang sepadan dengan fitur yang ditawarkan. Hanya saja, bagi sebagian orang ini akan menjadi pertimbangan utama. Terlebih, sejauh ini Photoshop tidak membuka opsi untuk pengguna membeli hak pakai permanen, hanya ada pilihan langganan bulanan atau tahunan. 
 

2. Membuat bingung pengguna awam 

Berbagai fitur yang dihadirkan di satu sisi bisa sangat membantu untuk eksplorasi yang lebih luas, tetapi di sisi lain ini bisa menjadi boomerang bagi mereka yang belum terbiasa. Pengguna awam bisa jadi akan kebingungan untuk memulai proses pengeditan karena banyaknya pilihan fitur yang tersedia. 
 

3. Kinerja yang membutuhkan daya besar 

Pengoperasian aplikasi Photoshop membutuhkan perangkat dengan spesifikasi yang cukup tinggi, lantaran butuh ruang besar pada bagian memorinya. Jika tidak, akan ada perlambatan kinerja yang cukup mengganggu. Selain itu, gambar yang ada di aplikasi juga umumnya membutuhkan ruang penyimpanan yang besar. 
 

4.  Dukungan grafik vektor yang masih minim 

Kompatibilitas Photoshop dengan grafik vektor masih bisa dibilang sangat terbatas. Jadi banyak para pengembang web yang merasa kesulitan untuk mengedit dan membuat format gambar seperti SVG, yang dibutuhkan mereka. Jadi ada batasan yang kentara bagi para pemakai yang banyak bekerja dengan grafik vektor. 

Baca juga5 Aplikasi Edit Foto Terbaik untuk Android & iOS

Editor : Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Puasa dengan Diabetes, Pantau Gula Darah di Waktu Ini

BERIKUTNYA

Indonesia Kaya Hadirkan Web Series Kuliner dengan Format Baru

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: