Tampilan Twitter Spaces (Sumber gambar: Twitter resmi Spaces)

3 Fitur Komunikasi Berbasis Suara Ini Sedang Tren. Mau Coba?

06 May 2021   |   02:30 WIB

Like
Tahukah kamu, bahwa beberapa waktu belakangan aplikasi obrolan berbasis suara menjadi tren? Ya, belakangan ini memang aplikasi seperti Clubhouse atau fitur di media sosial seperti Spaces di Twitter dan terbaru ada Stage Channels di aplikasi Discord, lagi naik daun.

Fitur obrolan grup berbasis suara memang merupakan barang baru di industri media sosial dan komunikasi. Awal munculnya pun juga baru, yakni pada 2020 dengan rilisnya beta test (uji coba aplikasi sebelum resmi rilis) untuk Clubhouse dengan jumlah pengguna kurang lebih 1.500 pengguna.

Tren ini kian lama kian meroket dengan kepopulerannya di kalangan publik figur, mulai dari pengusaha di kawasan Silicon Valley hingga aktor Hollywood. Sebut saja ada entrepreneur Mark Cuban, Justin Bieber, Jared Leto, bahkan Oprah Winfrey menjadi tokoh dalam jajaran pengguna Clubhouse.

Kini, beberapa developer mulai ikut dalam pembuatan aplikasi berkonsep serupa dengan Clubhouse seiring dengan peningkatan jumlah pengguna Clubhouse dan kebutuhan lebih dari pengguna media sosial akan inovasi baru. Yuk kulik berbagai fitur dan aplikasi berbasis suara di bawah ini!

 

Aplikasi clubhouse

Aplikasi clubhouse




1. Clubhouse
Pionir dari aplikasi maupun fitur obrolan berbasis suara ini mulai muncul di hadapan publik pada April 2020. Clubhouse menghadirkan konsep unik dalam berkomunikasi di media sosial dengan menciptakan sejumlah ruang obrolan berbasis suara.

Sebagian orang menjulukinya sebagai ‘Zoom dalam versi suara’ karena konsep beberapa pembicara dan pendengar yang ikut terlibat di dalam sebuah ruangan, di mana akan ada penyelenggara yang menjadikan beberapa orang sebagai pembicara ketika ruangan sudah dibuat.

Pendengar bisa masuk ke dalam ruangan mana saja berdasarkan rekomendasi yang muncul ketika pendaftaran dan undangan berhasil didapat. Pengguna bisa memilih mau masuk ke dalam ruangan mana dan bisa meninggalkan secara diam-diam dari ruangan tersebut untuk berpindah ke ruangan lain.

Saat ini, Clubhouse hanya bisa digunakan secara terbatas untuk pengguna ponsel bersistem operasi iOS atau iPhone. Rencananya, Clubhouse akan menggarap versi ponsel Android. Tetapi, kabar baiknya kini, Clubhouse sudah bisa dimonetisasi sehingga ada peluang dari para kreator untuk bisa membuat konten berbayar dalam aplikasi tersebut.

 

Spaces Twitter

Spaces Twitter




2. Spaces
Spaces adalah fitur pertama di media sosial yang memperkenalkan obrolan berbasis suara sebagai fitur di dalam media sosial. Penyelenggaran Spaces serupa dengan Clubhouse, tapi jangkauan penggunanya lebih luas karena dibuka untuk pengguna ponsel Android dan iOS dan bisa diakses pengguna Twitter mana saja.

Fitur menarik dalam Spaces yang menjadikannya berbeda adalah akses pembicara yang lebih banyak dalam satu sesi Spaces, yakni memuat 11 orang termasuk penyelenggara atau host. Selain itu, fitur ini juga menyediakan pengiriman respon emotikon dan melihat transkripsi percakapan langsung.

Saat ini Spaces telah tersedia untuk pengguna ponsel dan berencana akan mengembangkan fitur ini dalam versi situs atau web, di mana hal ini tidak dibantah oleh pihak Twitter bahkan salah seorang pengembangnya merilis beberapa desain penampilan Spaces versi situs.

 

Stage Channels

Stage Channels



3. Stage Channels
Stage Channels adalah fitur yang dirancang oleh aplikasi percakapan yang terkenal di kalangan gamer, yaitu Discord. Dengan konsep siaran suara langsung dalam sebuah ruangan obrolan, fitur ini berbeda dengan apa yang biasa terjadi di dalam lingkup pengguna Discord yang membiarkan semua pengguna dalam satu ruangan bebas berbicara.

Fitur baru dari Discord ini memiliki sistem yang membiarkan beberapa orang berbicara dalam sekelompok pendengar, membuat aplikasi ini cocok untuk kalian yang senang ikut aktivitas yang lebih terstrukur seperti lomba debat.

Dengan kekuatan Discord yang memang telah menawarkan channel suara ditambah dengan ketersediannya di berbagai platform dari laptop hingga situs, Stage Channels bisa menyediakan cara mudah dalam menyelenggarakan atau pun mendengarkan di dalam berbagai platform.

Editor: Purboyo

SEBELUMNYA

Pengin Diet Cara Sehat? Gampang Kok, Ikuti Aja Langkah-Langkah Simpel Ini

BERIKUTNYA

Takut Data Pribadi Hilang? Begini Cara Melindungi Data Secara Mudah

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: