Rayhan Noor (Sumber gambar: Sun Eater Coven)

Rayhan Noor Eksplorasi Diri lewat Reprise Single Ragu?

30 March 2022   |   18:06 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Musisi Rayhan Noor merilis single bertajuk Ragu? (Reprise) (2022). Seperti judulnya, Ragu? (Reprise) (2022) merupakan bentuk reprise atau pengulangan materi yang ada di lagu Ragu? yang telah dirilis pada Juli 2021 lalu. Ini adalah bentuk penyegaran dari karyanya dengan warna yang berbeda.

“Dari awal lagu ini dibikin sampai sekarang, ada banyak waktu kosong, gue jadi punya chance untuk discover diri dan musik gue lagi, digging ke influence di awal karier bermusik jadinya,” ujar Rayhan dalam rilis resminya yang diterima Hypeabis.id, Rabu (30/3/2022).

Proses penggarapan materi lagu yang telah dimulai sejak akhir 2020, membuat Rayhan membuka kembali lembaran lamanya. Muncul nama Nils Frahm–sosok yang juga diakuinya berhasil mempengaruhi Glaskaca, band yang diperkuatnya bersama dengan Wisnu Ikhsantama, rekannya di Lomba Sihir, dan Dias/Tradeto, di awal perjalanan band mereka.

Niatnya yang hanya ingin mencoba mengambil serpihan dari masa lalunya, diakui sebagai hal yang menyenangkan sebab ternyata timbul nostalgia dan kegembiraan saat melakukannya. 

Single Ragu? (Reprise) (2022) sebagai tembang kilas balik pada kegamangannya di sekian tahun lalu, justru membuatnya benar-benar melukiskan warna musik yang sama seperti halnya yang dia senandungkan beberapa tahun lalu tersebut. 

“A trip down memory lane, betul banget! Hal itu muncul  kebetulan dan terlampau menarik untuk tidak diperhatikan,” imbuh solois sekaligus gitaris dari band Hindia itu.

Proses composing, producing dan mixing sendiri dilakukan oleh Rayhan Noor  lalu proses mastering diserahkan pada Wisnu Ikhsantama Wicaksana.

(Baca juga: Ungkapan Cinta Sal Priadi untuk Keluarga dalam Maxi-single "Markers and Such")
 

Artwork lagu

Single artwork Ragu? (Reprise) (2022)-Sumber gambar: Sun Eater Coven

Alasan membuat lagu
Alasan Rayhan membuat versi reprise di awal tahun 2022 ini berangkat dari keinginan pribadinya. Ada dimensi lain yang menurutnya bisa dieksplorasi dalam lagu ini, termasuk lirik lagunya yang bisa diolah kembali.

Tak terkecuali Rayhan, setiap orang diyakininya memiliki perubahan selera dan referensi. Hal itulah yang menjadi pemicu terciptanya versi lagu ini. Sebelum merilis   Ragu? (Reprise) (2022), Rayhan juga telah meluncurkan beberapa lagu yakni House of Cards, I’ll Be Around, Sweet Cherry Sunrise, Easy, serta EP dengan Agatha Pricilla berjudul Colors.

Pria yang mengenal musik dari sang bapak ini mengaku dirinya adalah sosok yang pemikir. Apabila dalam kesendirian dan jauh dari keramaian, dirinya adalah sosok yang cukup sendu dan melankolis.

Sampai hari ini, kesibukannya sebagai produser juga membuatnya mengaku masih belajar banyak untuk terbuka dan mengatakan hal yang apa adanya. Lewat single ini, dia mengaku berusaha untuk mengalahkan stereotip yang telah dibangun untuk personanya sendiri. Genre menjadi satu hal yang tidak bisa diprediksi dari karya-karya dan proyek seorang Rayhan Noor.

Lewat rilisannya kali ini pula, Rayhan secara tersirat menyampaikan bahwa dirinya akan merilis karya yang memang diinginkannya secara personal terlebih dahulu. Telah dicoba olehnya untuk membuat patokan dalam membuat lagu dengan gaya tertentu, namun ternyata hal tersebut malah menghalanginya.

Baginya, single Ragu? (Reprise) (2022) membuatnya belajar dan merelakan untuk membuat karya sesuai kata hatinya.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

10 Film Indonesia yang Sukses Unjuk Gigi di Luar Negeri

BERIKUTNYA

Wow, KLa Project Bikin NFT untuk Galang Dana Sosial

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: