bioskop tempat menonton film (sumber gambar ilustrasi: Pexels/ Adrien Olichon)

10 Film Indonesia yang Sukses Unjuk Gigi di Luar Negeri

30 March 2022   |   19:21 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Industri film di dalam negeri terus mengalami perkembangan. Film-film karya Anak Bangsa bahkan mampu unjuk gigi di luar negeri, dan memenangkan sejumlah penghargaan dalam ajang-ajang festival film Internasional. Dilansir dari laman Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, terdapat 10 film Indonesia yang berjaya di festival film Internasional dalam 5 tahun terakhir.

Dalam rangka Hari Film Nasional 2022, berikut film-film Indonesia yang berhasil memenangkan sejumlah penghargaan internasional.
 

1. Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak (2017)

Berlatar di Pulau Samba, film arahan sutradara Mouly Surya ini disebutkan berhasil meraih banyak penghargaan di ajang-ajang festival film internasional seperti Festival Film Sitges, Tokyo FILMeX, Asia-Pacific Film Festival, Five Flavours Asian Film Festival, hingga QCinema International Film Festival.
 

2. Pengabdi Setan (2017)

Film lainnya yang juga sukses di luar negeri adalah film Pengabdi Setan karya Joko Anwar. Film dengan genre horor ini mampu mendapatkan predikat Film Horor Terbaik di Toronto After Dark Film Festival dan Overlook Film Festival.
 

3. Kucumbu Tubuh Indahku (2018)

Film karya Garin Nugroho ini juga berhasil meraih banyak penghargaan dalam ajang festival film internasional. Beberapa penghargaan yang berhasil diraih oleh film Kucumbu Tubuh Indahku antara lain Venice Independent Film Critic 2018, Asia Pacific Screen Awards 2018 kategori Cultural Diversity Award, dan Best Picture dari International Cinephile Awards 2019.
 

4. Sekala Niskala (2018)

Salah satu film karya Kamila Andini ini berhasil menyabet penghargaan Best Feature dalam Asia Pacific Screen Awards dan Tokyo FILMeX 2017. Sekala Niskala juga berhasil meraih penghargaan kategori International Feature Fiction Competition di ajang Adelaide International FIlm Festival 2018, Australia.
 

5. Gundala (2019)

Gundala adalah film dengan tema superhero dari dalam negeri. Film garapan Joko Anwar ini tayang di program Midnight Madness di Toronto Internasional Film Festival 2019. Selain itu, Gundala juga diputar di Paris International Fantastic Film Festival (PIFFF) 2019.
 

6. Yuni (2021)

Film karya sutradara Kamila Andini tentang remaja perempuan yang berjuang meraih mimpi ini berhasil mendapatkan penghargaan Platform Prize dalam Festival Film International Toronto 2021. Selain itu, film ini juga ditayangkan perdana di Festival Film Internasional Busan 2021.
 

7. Penyalin Cahaya (2021)

Tidak hanya memperoleh pengakuan di dalam negeri dengan sejumlah deretan penghargaan dalam Festival Film Indonesia, film ini juga mendapat respons dari pecinta film di luar negeri lho Genhype, dan membuat film ini ditayangkan di Festival Film Internasional Busan 2021 di Korea Selatan.


8. Laut Memanggilku (2021)

Laut Memanggilku adalah film yang bercerita tentang anak nelayan yang menemukan sebuah boneka di pantai dan menjadikannya sebagai teman sekaligus pengganti orang tua. Film ini meraih penghargaan seperti Sonje Award dalam ajang Festival Film International Busan 2021 sebagai Film Pendek Terbaik.
 

9. Dear To Me (2021)

Film pendek karya Monica Vanesa Tedja ini diputar dalam festival Film Internasional Locarno dalam seksi Open Door Screenings. Dear To Me berhasil meraih penghargaan dalam First Step Awards 2021 sebagai Best Shot and Animated Film.
 

10. Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas (2021)

Film Indonesia lainnya yang berjaya di luar negeri adalah Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas. Film arahan sutradara Edwin ini berhasil mengemas isu-isu sensitif dengan sangat apik.

Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas berhasil memperoleh penghargaan dari Golden Leopard kategori kompetisi internasional (Concorso Internazionale) dalam Festival Film Internasional Locarno 2021.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Kenapa Layanan Pesan Chat Jadi Andalan dalam Komunikasi dengan Konsumen?

BERIKUTNYA

Rayhan Noor Eksplorasi Diri lewat Reprise Single Ragu?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: