Ilustrasi anak (Sumber gambar: Yuri Shirota/Unsplash)

Lain Dulu Lain Sekarang, Begini Tantangan & Kiat Mengasuh Anak

27 March 2022   |   09:00 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Dalam mengasuh anak, orang tua harus memiliki ilmu dan pengetahuan tentang pola asuh yang terus berkembang. Sebab, seiring waktu, pola asuh pun kian berubah dan memiliki tantangan yang berbeda. Jika tidak, orang tua akan terjebak dengan pola asuh yang diterapkan zaman dulu, yang mungkin saja tidak tepat diberikan pada anak saat ini.
 
Hal itu pula yang dialami oleh Faisal dan Dewi Zuhriati, kakek dan nenek yang berperan menjadi orang tua bagi cucu satu-satunya, Gala Sky Andriansyah atau yang akrab dipanggil Gala. Mereka mengaku adanya perbedaan yang dirasakan ketika merawat keempat anaknya pada zaman dahulu dengan sekarang saat merawat Gala.

Faisal mengatakan bahwa dia sempat merasa kesulitan dan membutuhkan waktu yang lama dalam menyaring informasi dan mitos yang beredar pada zaman dahulu terkait pola pengasuhan anak.

“Karena sulitnya mengakses dan memvalidasi kebenaran dari sebuah informasi dengan teknologi yang belum maju seperti sekarang,” katanya dalam siaran pers dari Tentang Anak yang diterima Hypeabis.id, Minggu (27/3/2022).
 

n

Ilustrasi anak (Sumber gambar: Iana Dmytrenko/Unsplash)

Dalam mengasuh Gala yang masih batita, Faisal mengaku lebih fokus untuk memenuhi kebutuhan gizi harian Gala, dengan harapan Gala dapat bertumbuh secara optimal sesuai dengan pertumbuhan usianya.

Selain itu, dia pun selalu memantau tumbuh kembang anak-anaknya dari kecil hingga besar, sehingga anak-anaknya tidak lupa dengan berbagai kewajiban mereka sebagai seorang anak.

Tak kalah penting, dia juga menanamkan kegigihan pada setiap individu anak-anaknya, sehingga anaknya bisa tumbuh menjadi pribadi yang bertanggung jawab, terutama bagi keluarga.

Untuk terus bisa menemukan pola pengasuhan yang sesuai, Faisal mengatakan selalu berusaha terbuka dan kritis dengan informasi terbaru terkait pola asuh pada zaman sekarang, seperti diantaranya resep makanan bernutrisi dan artikel parenting dari berbagai ahli yang tentunya berasal dari sumber yang kredibel.

(Baca juga: Bunda, Begini Pola Asuh yang Tepat buat Anak Generasi Alpha)

Psikolog Anak dan Remaja, Grace E. Sameve M.A., M. Psi, menjelaskan pola asuh zaman dulu dan zaman sekarang mengalami perubahan karena adanya berbagai faktor, diantaranya seperti perubahan teknologi, stereotip, dan mitos yang beredar di kalangan masyarakat.

Agar orang tua tidak bingung mengenai pola pengasuhan yang ideal di zaman sekarang, Grace juga memberikan beberapa hal yang harus dipahami  para orang tua seperti: 
  • Orang tua harus ingat bahwa mengasuh anak merupakan proses belajar terus menerus.
  • Orang tua juga harus beradaptasi, terbuka dan kritis.
  • Tujuan dari pola asuh anak bukan selalu untuk mengadaptasi pola asuh yang ‘kekinian’, namun lebih fokus untuk menemukan formula yang sesuai.
  • Belajar untuk seimbang serta berempati dengan anak.
Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

KLa Project & Element Rilis Dua Lagu Andalan dalam Bentuk NFT

BERIKUTNYA

Pameran Indonesian Women Artists Hadir Lagi di Galeri Nasional Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: