Ilustrasi bundel video game (Sumber gambar: Humble Bundle)

Kampanye Para Pengembang Game Ini Hasilkan Jutaan Dolar Donasi untuk Ukraina

20 March 2022   |   18:58 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Upaya membantu masyarakat Ukraina yang terdampak akibat invasi Rusia terus berdatangan. Tak hanya dari lembaga kemanusiaan, para pengembang gim juga turut serta membuat kampanye untuk meringankan beban korban. 

Etalase digital gim indie, Itch.io telah mengumpulkan lebih dari US$6 juta melalui paket amal bundel untuk Ukraina yang belum lama ini telah rampung. Bundel ini dibuat oleh Director Necrosoft Games, Brandon Sheffield. 

Paket bundel yang tersedia di Itch.io itu mengumpulkan hampir 1.000 judul gim ke dalam satu paket besar yang diperkirakan nilainya mencapai US$6.500, akan tetapi dijual dalam kampanye itu hanya dengan US$10. 

Paket bundel yang awalnya hanya menargetkan total dana sebesar US$100.000 itu dengan cepat berhasil melebihi target. Dalam kurun waktu 24 jam, dana yang terkumpul lebih dari US$1,5 juta. Sementara itu, hingga periode berakhir totalnya mencapai lebih dari US$6,3 juta. 

Sheffield mengatakan bahwa seluruh dana yang telah dikumpulkan sepenuhnya akan disumbangkan ke Ukraina. Total uang tersebut akan diserahkan kepada dua organisasi Ukraina yakni The International Medical Corps dan Voices of Children. 
 

Selain bundel yang ada di Itch.io, ada juga kampanye lain ari Humble Bundle yang bertujuan untuk memberikan dukungan yang sangat dibutuhkan bagi Ukraina selama invasi Rusia yang masih berlangsung. 

Humble Bundle juga menyediakan lebih dari 100 judul gim dan komik, di mana para pembeli bisa mendapatkan seluruhnya dengan harga minimal US$40 dan bisa membayar lebih sesuai dengan keinginan untuk membantu kampanye tersebut. 

Tak main-main, kampanye ini melibatkan sejumlah judul gim baru seperti Back 4 Blood, Fable, Metro Exodus, Quantum Break, PGA Tour 2K21, Kerbal Space Program, Amnesia, dan lain sebagainya. 100 persen keuntungan dari bundel ini juga akan disumbangkan. 

Hingga artikel ini ditulis, kampanye Humble Bundle tersebut telah mengumpulkan lebih dari US$7,6 juta dari sekitar 170.000 total bundel yang terjual. Dana akan diberikan kepada Razom for Ukraine, International Rescue Committee, International Medical Corps, dan bantuan langsung. 

Selain bantuan, sejumlah perusahaan gim juga memberikan sanksi kepada Rusia atas tindakannya terhadap Ukraina. Ini termasuk raksasa industri seperti Ubisoft dan Take Two Interactive yang menghentikan penjualannya di wilayah tersebut. 

[Baca juga: Perusahaan video game hentikan penjualan di Rusia

Editor : Dika Irawan

SEBELUMNYA

Ini Profil Pawang Hujan MotoGP Mandalika, Pernah Terlibat di Beberapa Acara Berskala Nasional & Internasional

BERIKUTNYA

Penyedia Layanan OTT Mulai Tawarkan Opsi Menonton dengan Iklan, Ini Alasannya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: