Sederet artis dan kreator yang mewakili brand 3Second & Greenlight di ajang PFW 2022 (Dok. 3Second Official Instagram)

3Second & Greenlight Siapkan Koleksi Spesial Tampil di Paris Fashion Week 2022

05 March 2022   |   12:19 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional (GEKRAFS) memboyong 10 brand lokal untuk hadir di perhelatan Paris Fashion Week (PFW) 2022, yang di antaranya adalah 3Second dan Greenlight. Dua brand fesyen asal Bandung itu akan tampil pada gelaran fesyen show di The Westin Paris Vendome pada 6 Maret 2022.

Pada gelaran PFW pertamanya ini, kedua brand lokal tersebut berkolaborasi dengan dua fashion designer Indonesia yakni Dana Maulana dari Danjyo Hiyoji yang berkolaborasi dengan 3Second dan Ican Harem yang berkolaborasi dengan Greenlight.

Hendri Sase selaku Marketing Manager 3Second & Greenlight, menuturkan bahwa pihaknya ditunjuk secara langsung oleh GEKRAFS untuk mewakili Indonesia memperkenalkan brand lokal ke ajang PFW 2022.

Namun, karena kedua brand tersebut berfokus pada koleksi ready to wear, Hendri mengatakan perlu berkolaborasi dengan desainer lain untuk membuat fesyen yang lebih menarik.

“Jadi kita buat kapsul khusus untuk PFW dari 3Second dan Greenlight. Karena di sana pusat fesyen dunia, kami harus memberikan yang terbaik dan bekerja sama dengan desainer yang sudah kompeten,” ujarnya dalam konferensi pers virtual, beberapa waktu lalu.

Sederet artis dan kreator pun turut serta dalam kegiatan tersebut seperti Ariel Noah, Anya Geraldine, Adipati Dolken, Keanu Agl, Tyna Wijayanti, dan Canti Tachril.
 
 

3Second x Danjyo Hiyoji angkat tema Seren Taun

Dana Maulana, selaku Co Founder & Director Danjyo Jiyoji, mengatakan bahwa pada gelaran PFW 2022, pihaknya akan menampilkan koleksi Fall/Winter 2023 yang diberi nama Heeji atau dibaca ‘hiji’. Dalam bahasa Sunda, kata hiji berarti satu.

Hal itu diambil karena pada koleksi ini, Dana mengangkat budaya Jawa Barat. Dia menjelaskan kenapa memilih untuk mengangkat budaya Jawa Barat karena brand 3Second sendiri berasal dari Bandung, Jawa Barat, termasuk banyak insan kreatif di balik Danjyo Jiyoji yang berasal dari provinsi tersebut.

Dana juga menerangkan bahwa pada salah satu koleksinya, dia mengangkat salah satu upacara adat dari Jawa Barat yakni Seren Taun. Upacara adat satu ini biasanya dilakukan masyarakat Sunda saat musim panen tiba setiap tahunnya.

“Jadi nanti ada elemen-elemen padi, ada alat-alat musik khas Jawa Barat seperti angklung, kendang dan karinding. Itu semua kami angkat dalam bentuk print kain, bordir, dan payet,” ujar Dana..

Selain itu, Jawa Barat yang terkenal dengan daerah agrarisnya juga turut menjadi inspirasi Dana dalam membuat koleksinya. Hal itu diwujudkan dalam warna-warna yang dia gunakan dalam desainnya seperti hijau sawah, krem tanah, dan maroon bata. Meski demikian, terangnya, koleksi ini dikemas dengan sentuhan yang modern.

“Makanya nanti ada penggabungan antara elemen-elemen gedung sate dengan gedung modern jadi satu pattern. Kita mau nanti dunia luar itu enggak hanya lihat sisi tradisionalnya Indonesia, tapi mereka juga bisa melihat sisi modern-nya khususnya dari Jawa Barat. Jadi singkatnya ini seperti membawa semangat untuk mengemas tradisi dalam balutan kemajuan zaman,” katanya.

(Baca juga: Brand Lokal Purana X Amero Bakal Tampil di Paris Fashion Week 2022)

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by ICAN HAREM (@icanharem)

 

Greenlight x Ican Harem angkat tema Traffic Tribe

Berbeda dengan tema sebelumnya, pada koleksi Greenlight, desainer Ican Harem mengatakan bahwa dia mengangkat tema pada koleksinya bertajuk Traffic Tribe. Tema tersebut, katanya, merupakan penggambaran suku-suku yang lahir dari lampu lalu lintas yang ada di wilayah-wilayah urban di Indonesia.

“Di sini saya mau angkat soal budaya sub-urban dan jalanan. Jadi inspirasi saya dari pedagang asongan dan pengamen,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Ican Harem juga menjelaskan bahwa dalam membuat koleksinya, dia terinspirasi dengan para pengamen jalanan yang banyak menyanyikan lagu Mimpi yang Sempurna milik Peterpan. Seperti diketahui, Ariel, mantan vokalis Peterpan, merupakan brand ambassador dari Greenlight.

Terdiri dari 10 koleksi dan looks, koleksi Traffic Tribe akan terdiri dari beberapa item fesyen seperti jaket, jas, celana, top and toe, serta aksesoris. “Yang pasti koleksi saya tidak akan pernah terlihat di mana dan kapanpun hanya di Paris Fashion Week,” kata Ican.

Editor: Nirmala

SEBELUMNYA

Park Hyung-sik dan Han So-hee Terjebak Friendzone di Drakor Soundtrack #1

BERIKUTNYA

Coach Dapuk Aktor Yoon Chan-young Jadi Duta Brand Pertama dari Korea Selatan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: