Ilustrasi (Sumber gambar: Vlada Karpovich/Pexels)

5 Hal yang Bisa Dilakukan saat Teman sedang Isoman

19 February 2022   |   12:51 WIB

Setiap dari kita tentu memiliki satu atau dua teman yang sedang menjalani isolasi mandiri (isoman) akibat terinfeksi Covid-19. Di hadapan kita mungkin mereka mengatakan baik-baik saja, namun belum tentu memang begitu adanya. Boleh jadi mereka justru sedang merasa tidak baik-baik saja.

Pasalnya, menurut riset pada tahun 2020 yang diterbitkan di jurnal Frontiers in Psychiatry menemukan bahwa orang-orang hidup dalam pandemi rentan mengalami keluhan kesehatan mental seperti kecemasan, depresi dan post-traumatic stress disorder (PTSD). Dalam beberapa kasus, efek ini bertahan lama setelah pandemi mulai mereda.

Lantas, apa saja yang bisa kita lakukan untuk membantu teman yang sedang melaksanakan isoman? Berikut beberapa hal di antaranya seperti dilansir dari verywellmind, Sabtu (19/2/2022).
 

1. Menelpon

Hal termudah yang bisa dilakukan adalah dengan menelepon teman secara langsung untuk mengetahui kondisi mereka. Dengan menelpon, kalian juga bisa lebih sering berkomunikasi dengan teman agar mereka tidak merasa terisolasi sendiri. Jika teleponmu tidak diangkat-angkat, pertimbangkan untuk menelpon orang-orang terdekat seperti keluarganya untuk memastikan kondisinya.
 

2. Dengarkan dan tawarkan bantuan

Ketika kalian sedang berbicara dengan teman lewat telpon, hal terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan mendengarkannya. Selain itu, kalian juga bisa menawarkan bantuan dengan menanyakan apa yang sedang mereka butuhkan sesuai dengan yang bisa dilakukan. 
 

Menelpon adalah salah satu hal yang bisa dilakukan untuk menanyakan kabar teman yang sedang isoman (Dok. Ivan Samkov/Pexels)

Menelpon adalah salah satu hal yang bisa dilakukan untuk menanyakan kabar teman yang sedang isoman (Dok. Ivan Samkov/Pexels)

3. Kirim makanan

Temanmu yang sedang isoman mungkin tidak memiliki waktu untuk menyimpan persediaan makanan yang cukup selama masa karantina. Di saat seperti itu, kalian bisa mengirimkan beberapa makanan untuknya seperti sayuran, buah-buahan, dan lauk siap saji. Jika memungkinkan, kalian juga bisa memberinya alat-alat kebutuhan septik seperti deterjen, sabun, pasta gigi, hand sanitizer serta masker.

(Baca juga: 5 Makanan yang Bisa Kamu Kirim untuk Pasien Isoman)
 

4. Terhubung di sosial media

Media sosial adalah tempat yang paling mungkin untuk tetap bisa terhubung dengan teman atau saudara yang sedang menjalani isoman. Dengan begitu, biasanya kita akan mengetahui kondisi mereka yang tak jarang dibagikan di media sosial. Lewat media sosial seperti Instagram atau Twitter, penting untuk memberikan dukungan yang positif pada mereka.
 

5. Lakukan aktivitas bersama

Salah satu cara untuk tetap terhubung secara sosial dengan mereka juga adalah dengan melakukan aktivitas bersama. Beberapa aktivitas yang bisa dilakukan seperti di antaranya membaca satu bab buku setiap hari dan membicarakannya secara daring, menulis bersama di jurnal online atau menonton film tertentu pada waktu yang sama.

Selain itu, kalian juga bisa bermain game online bersama atau mendengarkan buku audio yang sama. Melakukan aktivitas bersama semacam itu bisa menjadi alasan untuk tetap berhubungan secara teratur dengan mereka.


Editor: Gita
SEBELUMNYA

Waduh, Sederet Artis K-pop Tunda Kegiatan Akibat Omicron

BERIKUTNYA

Karyawan Resign Silih Berganti? Perusahaan Wajib Simak Tips Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: