Ilustrasi Disney Insider (dok. Disney)

Disney Serius Bangun Metaverse

16 February 2022   |   09:56 WIB

Ruang atau dunia virtual, yang saat ini lebih populer dengan sebutan metaverse telah menjadi topik arus utama, tidak hanya di tingkatan individu tapi juga perusahaan. Banyak perusahaan raksasa global yang mulai melirik potensi dari metaverse, salah satunya adalah Disney. 

Laporan CNBC dan Reuters baru-baru ini menyebutkan bahwa Disney telah menunjuk seorang eksekutif untuk mengepalai rencana pengembangan metaverse. Ini merujuk pada sebuah memo dari CEO Disney Bob Chapek yang dikirim kepada para karyawan. 

Nama Mike White, yang sebelumnya menempati posisi sebagai Senior Vice President (SVP) of Consumer Experience and Platform, sekarang diubah menjadi SVP of Next Generation Storytelling and Consumer Experiences, sebagai bentuk keseriusan perusahaan perusahaan terhadap dunia virtual masa depan itu. 

Disebutkan bahwa White nantinya akan menyusun struktur baru yang bakal memprioritaskan dan mengalokasikan sumber daya untuk pengembangan metaverse. Dia juga akan memimpin gugus tugas yang akan mencakup para pemimpin senior dari disiplin utama di seluruh perusahaan. 

“Selama hampir 100 tahun, perusahaan kami telah mendefinisikan ulang hiburan dengan memanfaatkan teknologi untuk menghidupkan cerita yang lebih dalam dan berdampak,” kata Chapek dalam memo tersebut. 

Dia melanjutkan bahwa kini perusahaan memiliki kesempatan untuk menghubungkan alam semesta yang lebih luas dan menciptakan paradigma yang sama sekali baru, tentang bagaimana konsumen merasakan dan terlibat dalam cerita yang dibangun perusahaan. 

“Inilah yang disebut metaverse, yang saya yakini sebagai batas penceritaan hebat berikutnya dan tempat yang sempurna untuk mengejar pilar strategis kami [Disney], Storytelling Excellence, Innovation, dan Audience Focus,” imbuhnya. 

Pimpinan raksasa hiburan global itu sudah mengisyaratkan keinginan Disney untuk terjun ke metaverse sejak presentasi pendapatan pada November tahun lalu. Kendati ketika itu masih hanya sebatas ungkapan dan belum ada rencana jelas. 

Kini, perusahaan tampaknya sudah mulai bergerak ke arah sana. Bagi perusahaan sekelas Disney yang memiliki waralaba dari berbagai industri, tentunya membangun metaverse bukan perkara sulit baik dari ketersediaan sumber daya hingga konten. 

Sebelumnya, perusahaan juga diketahui telah mendapatkan paten untuk alat atau teknologi simulator dunia maya, yang memungkinkan penciptaan atraksi interaktif virtual dengan sifat yang lebih personal bagi para pengunjung taman hiburannya. 

[Baca juga: Paten teknologi atraksi metaverse dari Disney

Editor : Fajar Sidik
SEBELUMNYA

3 Infrastruktur Ini Mendukung Kerja Jarak Jauh Lebih Produktif

BERIKUTNYA

Dorce Gamalama Berpulang, Simak Perjalanannya sebagai Seniman & Ikon Filantropi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: