Ilustrasi pasangan (Sumber gambar: Budgeron Bach/Pexels)

Intip 9 Tradisi Unik Perayaan Valentine di Dunia

14 February 2022   |   14:45 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Namun, akhir-akhir ini terdapat tren unik yakni dengan mengirimkan kartu ‘Anti-Valentine’ yang berisikan pesan menghina dan ucapan selamat tinggal. Pesan yang berisi hinaan tersebut biasanya ditujukan kepada musuh, sementara ucapan selamat tinggal ditujukan kepada pasangan untuk mengakhiri hubungan.
 

6. China

Para muda-mudi China biasanya akan merayakan Hari Valentine dua kali, yakni pada tanggal 14 Februari dan 7 Juli (berdasarkan kalender lunar Cina). Perayaan tersebut berasal dari dongeng Tiongkok dari zaman dahulu.

Menurut dongeng tersebut, dalam perayaan Valentine dikisahkan mengenai malam pertemuan dari dua bintang di langit. Dua bintang tersebut masing-masing mewakili seorang anak gembala dan kekasihnya yang merupakan seorang penenun.

(Baca juga: Resep Flourless Love Cake, Dessert Simpel untuk Hari Valentine)


7. Italia

Di negara asal St. Valentine ini terdapat kebiasaan yang kerap dilakukan oleh pasangan muda yang telah bertunangan pada Hari Valentine. Kebiasaan tersebut yakni membeli keranjang dan cangkir porselen yang diisi dengan permen, kemudian diikat dengan pita. Ikatan pita tersebut adalah tanda cinta mereka.
 

8. Korea

Jika negara Jepang mempunyai tradisi akan ‘White Day’, maka Korea juga mempunyai ‘Black Day’. Biasanya, pada tanggal 14 Februari, para remaja putri akan memberikan cokelat kepada kekasih atau seseorang yang mereka sukai. Pada bulan berikutnya, yakni 14 Maret, kekasih mereka akan berbalik membalas pemberian cokelat tersebut.

Namun, untuk para remaja yang masih jomblo atau belum mempunyai kekasih, dapat merayakan hari mereka sendiri yakni pada tanggal 14 April dengan sebutan ‘Black Day’. Pada ‘Black Day’ ini, para jomblo akan duduk bersama dan makan mi jajangmyeon. Hal tersebut menunjukkan bahwa setiap orang memiliki hari untuk dirayakan.
 

9. Britania Raya (UK)

Negara Britania Raya juga punya tradisi Hari Valentine yakni para wanita biasanya akan menyematkan daun salam di sudut bantal mereka lalu akan makan telur rebus dengan garam. Mereka percaya bahwa hal tersebut akan membuatnya memimpikan calon suami.

Kebiasaan lainnya adalah dengan menuliskan nama-nama pria di sebuah kertas dan menempelkannya pada bola tanah liat. Nantinya, bola tanah liat tersebut akan dijatuhkan ke dalam air. Nama pertama yang akan muncul terlebih dahulu dapat diyakini akan menjadi calon suami mereka.


Editor: Gita
 
1
2


SEBELUMNYA

Google Rayakan Hari Valentine dengan Doodle 3D Interaktif

BERIKUTNYA

Drama The King of Pigs Tunjukkan Kesan Seram Pembunuh Berantai di Poster Terbaru

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: