Android (dok. Unsplash)

Tiramisu Jadi Nama Sistem Operasi Android 13 

11 February 2022   |   21:54 WIB

Raksasa teknologi Google tahun lalu telah mengumumkan kehadiran sistem operasi perangkat seluler terbarunya yakni Android 12. Android 12 diperkenalkan melalui rilis beta pada Mei 2021 dan diluncurkan secara luas pada Oktober 2021. 

2022 masih sangat awal, tapi Google telah memulai debut sistem operasi generasi berikutnya melalui pratinjau pengembang, tak lain adalah Android 13. Sebelum bicara lebih lanjut soal beberapa fitur yang dikembangkan, ada satu hal menarik yang perlu disampaikan. 

Hal itu adalah penamaan sistem operasi yang bakal dirilis pada tahun ini. Sebetulnya, Google belum kembali menamai secara publik sistem operasi Android-nya dengan nama-nama makanan penutup setelah Android 10 pada 2019. 

Akan tetapi, tradisi tersebut tampaknya masih hidup secara internal di Google. The Verge mencatat bahwa Android 10 dinamai Quince Tart, Android 11 dinamai Red Velvet, dan Android 12 terbaru dinamai dengan kode Snow Cone. 

Kini laporan 9to5Google menyebutkan bahwa Android 13 menggunakan nama makanan Tiramisu. Tim melihat nama kode tersebut di pratinjau pengembang di bawah Versi Android pada menu Tentang Ponsel. 

(Baca juga: Cek Nih, 5 Tips Meningkatkan Kinerja Smartphone Android)

Ini tentunya merupakan hal yang menarik bagi banyak pihak. Terutama untuk menebak nama makanan penutup apalagi yang nanti ke depannya akan dipakai oleh Google untuk menandakan sistem operasi ponselnya itu. 

Adapun terkait dengan fokus dan fitur, dalam pengumuman resminya di situs Android Developers, disebutkan hal yang menjadi fokus pembaruan sistem operasi anyar tahun ini adalah memperluas ikon aplikasi dinamis ke semua aplikasi, bukan yang hanya milik Google. 

Fitur-fitur baru yang disiapkan untuk itu termasuk opsi ikon, tema dan fitur privasi yang lebih ditingkatkan, kontrol bahasa baru, peningkatan fitur konektivitas dan produktivitas, serta sejumlah pembaruan back-end

Sebagai catatan, pratinjau awal dimaksudkan untuk para pengembang melakukan pengujian dan memberikan feedback. Sementara pengguna umum biasanya akan mendapatkan versi final dari sistem operasi saat peluncuran publik di masa mendatang. 


Editor: Avicenna
SEBELUMNYA

Dorong Kesadaran Keamanan Siber, Protergo Kenalkan Cyber Security Hub

BERIKUTNYA

Bumil dan Busui, Jangan Ragu untuk Divaksin ya!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: